Amazing Race Outbound
Amazing Race merupakan suatu aktivitas di alam terbuka yang benar-benar memerlukan kekompakan didalam suatu tim. Seluruh kelompok amazing race dikasih pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap-tiap area amazing race yang kontestan singgahi ada tantangan yang wajib peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke area berikutnya. Sampai peserta akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race saat ini sangat digandrungi oleh banyak lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race outbound ini amat asyik karena lokasi berganti-ganti dan enggak monoton seperti outbound lainnya. Di dalam outbound amazing race terdapat permainan yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Goal Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kepiawaian personal didalam membentuk team.
- Menaikan dan sharing ilmu di dalam hal memotivasi personal dan memotivasi kelompok, meningkatkan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai pertumbuhan personal dan team yang diarahkan pada sasaran perusahaan, salah satu di dalamnya yaitu rasa saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membentuk mutu & kualitas leadership dengan kepiawaian personal didalam keterbukaan mengatasi konflik dan membentuk budaya kerja yang sesuai.
- Mengembangkan kepemimpinan pribadi dan kepemimpinan di dalam team
Beragam Jenis Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race pada satu lokasi
Kegiatan outbound amazing race di satu lokasi pasti dapat mengirit modal. Area yang dipakai sebisa mungkin luas dan terdiri dari beragam tempat yang unik, seperti misalnya: Taman margasatwa, area wisata.
Di awal peserta dibagi jadi beberapa tim. Kemudian mereka dikasih panduan arah tempat selanjutnya yang bakal peserta singgahi. Jika berada di kebun binatang, maka peserta bakal menuju ke beberapa tempat tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara detail dinyatakan mereka harus mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di area yang mereka datangi, peserta akan memperoleh permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di sarang binatang maupun lokasi tertentu
- Bernyanyi maupun menari sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Kegiatan amazing race outbound dimulai dari area tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti menyelesaikan aktivitas) akan ditetapkan didalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana peserta mesti beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area finish yang mesti kontestan tuju dan menetapkan juara permainan.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Apabila Kalian lebih senang kegiatan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race pada pegunungan merupakan pilihan yang sesuai. Agar seluruh pemain dapat melaksanakan permainan dengan pas, maka mesti ada fasilitator yang memberi arahan tentang navigasi (mencari arah yang tepat) dan jungle survivor (bila game 2 hari satu malam di perbukitan atau alas
Contoh petunjuk dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik supaya enggak kesasar
- Mendirikan tenda
- Memakai alat dapur buatan jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah-buahan yang bisa dan enggak bisa dimakan
- Trik mendapatkan air minum (jika stok air minum habis, dan lain-lain
Dalam teknik pelaksanaan, mereka wajib mempunyai tim pemantau yg sudah expert di dalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yg kesasar. Team pemantau bisa memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar ke 1: Contoh Permainan dengan Target
Gamenya: Kain ukurannya 3 meter X 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak sepuluh meteran. di dalam Kaen ini dilukis target perusahaaan di dalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai tanda harapan bareng. Di kasih space blank untuk di tembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Dimana segala tim akan bergantian menembak didalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi nya … pilih saja 3 orang setiap kelompok. bikin mummy dr tissu yg di bagikan. Hanya terdapat enam gulung tissu WC setiap kelompok. Jadi setiap peserta Cuma 2 gulung tissu & wajib bisa bikin mumy seefektif mungkin
Point yg di capai
- Memaksimalkan bahan seadanya dengan 2 gulung tissu dapat membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg di jadikan mummy (jadi Nilainya, setiap instansi memerlukan orang semacam ini yang mau mengorbankan diri demi harapan bersama)
- Strategi, di mana setiap tim yg sanggup melihat kesempatan dan tanangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan anggota yang kurus kecil. Maka Jikalau tim sanggup melihat tentunya akan memilih orang yg kecil. tetapi Jika tim tidak dapat melihat peluang pastinya akan menggunakan orang sembarangan.
- Jangan menganalisis segala sesuatu dr bentuk, cover atau hasil. namun setiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap grup diberikan terpal atau kain ukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya di bagikan utasan tali tali & pada talinya dipasang paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua orang. lalu di bagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan berpindah dan terpal atau kain tak boleh jatuh kebawah. setiap orang yang berpindah harus mengambil satu kertas kecil ini tanpa membuka nya. seusai waktu selesai anggota berkumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di dapatkan setiap peserta.
Anggota yang Melakukan perpindahan dengan tepat akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yang berbeda beda.
Inti Game:
- Komando, agar nggak bertabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, peserta supaya tak berada di tempat yg sama.
- Strategi, agar setiap anggota dapat memiliki peluang berpindah & menyelesaikan tugasnya.
- Pemahaman lingkungan dengan memperhatikan tempat & kawan sehingga pertukaran akan berjalan secara baik.
- Merendahkan keegoisan sebab Jikalau tiap peserta akan pindah terlebih dahulu, anggota yang akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di dapatkan di pos tiga akan dikumpulkan menjadi satu didalam grup. dibagikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). setiap grup bisa menyusun gambar yang diperoleh dipos tiga di dalam sebuah papan yg memberikan esensi dan makna. sesudah selesai maka dipresentasikan ataupun direview maksud dari papan display tersebut.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Bila di terapkan secara benar & tepat dapat menciptakan suatu tim yang kompak dan kuat, & buat suatu lembaga hal ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan agar punya loyalitas kepada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Tempat Amazing Race Outbound Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Untuk Anda yang hendak melaksanakan kegiatan outbound silahkan menghubungi kami.