Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race adalah sebuah permainan di luar ruangan yang benar-benar memerlukan kerjasama di dalam satu team. Semua team amazing race outbound dikasih pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap tempat outbound amazing race yang kontestan datangi terdapat tantangan yang wajib kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area selanjutnya. Sampai mereka pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digandrungi oleh berbagai instansi pemerintah ataupun perusahaan amazing race ini amat seru karena area berganti-ganti dan enggak monoton layaknya jenis outbound biasa. Didalam amazing race outbound terdapat permainan yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kepiawaian personal didalam membentuk kelompok.
- Meningkatkan dan berbagi pengetahuan didalam hal memotivasi individu dan memotivasi tim, menambah kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Meraih pertumbuhan pribadi dan tim yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Membangun mutu dan kualitas kepemimpinan dengan kapasitas personal dalam keterbukaan menangani masalah dan membentuk kebiasaan kerja yang sesuai.
- Membangun kepemimpinan personal dan leadership didalam team
Berbagai Jenis Amazing Race
- Outbound Amazing Race di satu lokasi
Kegiatan outbound amazing race pada 1 tempat pastinya bisa mengirit modal. Lokasi yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan terdiri dari beragam lokasi yang alami, seperti misalnya: Kebun binatang, lokasi wisata.
Pertama-tama peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka lalu diberi pedoman jalan tempat berikut yang bakal peserta singgahi. Apabila berada di kebun binatang, maka peserta bakal menuju ke beberapa tempat tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara jelas dinyatakan kontestan wajib mengetahui nama latin hewan itu.
Di lokasi yang kontestan datangi, mereka akan mendapat tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di tempat tinggal hewan atau lokasi tertentu
- Joget maupun menari sesuai dengan intruksi, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Kegiatan amazing race outbound diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (tempat dimana peserta mesti menuntaskan permainan) akan di tentukan didalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot ialah area dimana kontestan mesti berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan lokasi akhir yang wajib pemain tuju dan menentukan pemenang permainan.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Apabila Anda lebih senang tantangan seperti petualangan di alam lepas, maka outbound amazing race pada perbukitan merupakan referensi yang tepat. Biar para peserta dapat melakukan perlombaan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberi petunjuk tentang navigasi (menemukan arah yang pas) dan jungle survivor (apabila permainan dua hari 1 malam di perbukitan atau alas
Salah satu pengarahan di dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik biar tidak kesasar
- Membuat tenda
- Memakai alat-alat masak versi jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah-buahan yang bisa dan enggak bisa dikonsumsi
- Cara memperoleh air minum (jika stok air minum habis, dan lain sebagainya
Di dalam teknis pertandingan, mereka wajib memiliki tim pemantau yang sudah expert di dalam jungle survivor. Jadi tidak akan ada yg tersesat. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misalnya Game dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukurannya 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meter. di dalam Kaen itu dilukis target target perusahaaan didalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai tanda keinginan bareng. diberi space blank untuk di tembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Dimana seluruh tim akan bergantian menembak di dalam Kaen ini.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi … pilihlah tiga peserta tiap tim. membuat mummy dr tisue yang diberikan. Hanya ada 6 gulung tisu toilet tiap tim. Jadi per peserta Hanya dua gulung tisue dan harus dapat membikin mumi seefektif mungkin
Poin yang digapai
- Menggunakan sumber daya seada nya dengan dua gulung tisue bisa membungkus seluruh badan orang.
- totalitas dan Loyalitas peserta yg dijadikan mummy (jadi Pointnya, tiap lembaga memerlukan orang-orang seperti ini yg mau berkorban demi harapan bersama)
- Strategi, dimana tiap team yang dapat melihat kesempatan & rintangan, peluang berhasil dengan menggunakan peserta yg kecil kurus. Jadi Jikalau tim dapat melihat pasti akan memakai orang yang kurus kecil. tapi Apabila tim gak mampu menganalisis kesempatan tentu akan memakai anggota sembarangan.
- Jangan menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. tetapi tiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap tim di bagikan terpal ataupun kain ukurannya 3 meter X 3 meter. disisinya di berikan utasan tali tali & pada talinya dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan di dalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. Kemudian di berikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan bertukar & kain atau terpal nggak boleh jatuh ke tanah. setiap anggota yang bertukar wajib mengambil 1 kertas itu tanpa membukanya. setelah waktu habis anggota kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yg diperoleh tiap orang.
Orang yang Mengerjakan perpindahan dengan tepat akan mendapat minimal 10 kertas kecil dengan gambar yang lain lain.
Kunci Permainan:
- Komando, supaya nggak berbenturan pada saat pindah.
- Komunikasi, anggota biar tidak berada di titik yang sama.
- Strategi, supaya tiap peserta bisa punya peluang rotasi & menyelesaikan tugas.
- Pemahaman situasi dengan memperhatikan kawan dan tempat jadi pertukaran dapat berjalan secara baik.
- Mengesampingkan ego sebab Bila tiap anggota mau berpindah terlebih dulu, anggota yang terakhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yg didapatkan dipos tiga dapat dikumpulkan jadi satu dalam grup. di berikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) & papan sterofom. tiap group dapat menyusun gambar yang di dapatkan dititik tiga dalam sebuah papan yang memberi makna & esensi. setelah selesai akan dipresentasikan atau direview maksud dari display papan tersebut.
Ini adalah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Bila di terapkan secara tepat dan benar dapat menghasilkan suatu grup yg kuat & kompak, & untuk suatu lembaga hal ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan supaya mempunyai loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Untuk kalian yang ingin mengikuti kegiatan outbound silahkan mengontak kami.