Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah sebuah kegiatan di alam bebas yang sangat butuh teamwork dalam suatu tim. Seluruh tim outbound amazing race diberi petunjuk untuk menuju tempat tertentu. Di setiap tempat amazing race outbound yang peserta singgahi ada game yang wajib mereka ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat berikutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini begitu diminati oleh berbagai instansi pemerintah atau perusahaan amazing race ini sangat asyik karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound umumnya. Dalam amazing race outbound banyak game-game yang seru yang bersifat kompetisi.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Menaikan kepiawaian pribadi dalam mengembangkan tim.
- Menambah dan berbagi pengalaman didalam hal motivasi pribadi dan motivasi tim, menambah kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan personal dan kelompok yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk di dalamnya ialah perasaan saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Membangun kwalitas & mutu jiwa leadership dengan kemampuan personal di dalam keterbukaan menangani problem dan mengembangkan budaya kerja yang tepat.
- Membangun leadership individu dan jiwa leadership didalam team
Berbagai Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race pada satu area
Game outbound amazing race pada satu area pasti dapat hemat uang. Area yang dipilih semaksimalkan mungkin lapang dan terdapat beberapa area yang alami, salah satu contoh: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Di awal pemain dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka lalu diberi petunjuk arah tempat selanjutnya yang bakal peserta datangi. Jika berada di taman margasatwa, maka kontestan bakal pergi ke beragam area sarang binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara jelas disampaikan kontestan harus mencari tahu nama latin binatang itu.
Di area yang peserta tuju, mereka bakal mendapat permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di kandang hewan ataupun tempat tertentu
- Joget atau bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race diawali dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (tempat dimana pemain wajib menuntaskan permainan) akan di tentukan di dalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan tempat dimana kontestan mesti berhenti dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point ialah area akhir yang wajib pemain tuju dan menentukan juara permainan.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Jika Kamu lebih menyukai perlombaan seperti petualangan di alam terbuka, maka amazing race outbound pada perbukitan ialah referensi yang pas. Supaya para kontestan dapat melakukan perlombaan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberikan arahan masalah navigasi (mendapatkan arah yang pas) dan jungle survivor (bila permainan dua hari 1 malam di pegunungan maupun alas
Contoh pengarahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik biar tidak salah jalan
- Mendirikan tenda
- Mempergunakan alat masak buatan jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah yang dapat dan enggak bisa dimakan
- Trik mendapat air minum (kalau stok air minum habis, dan sebagainya
Didalam teknik pelaksanaan, mereka harus mempunyai tim pemantau yang telah expert dalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yang tersesat. Tim pemantau bisa memantau pergerakan grup tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Contoh Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meteran. di dalam Kain tersebut di lukis target perusahaaan dalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. di beri space blank untuk ditembak. peralatan tembak nya berasal dari paint ball, Dimana segala tim akan secara bergantian menembak didalam Kain tsb.
Pilar 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksi … Pilih tiga peserta tiap tim. bikin mummy dari tisu yg di berikan. Cuma ada 6 gulung tissu WC tiap team. maka setiap orang Cuma 2 gulung tisue dan wajib dapat Buat mumi seefektif mungkin
Value yg di gapai
- Mengotimalkan bahan seada nya dengan 2 gulung tissu bisa membungkus seluruh badan orang.
- totalitas dan Loyalitas peserta yang dibuat mumi (jadi Tujuannya, setiap industri memerlukan orang – orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi keinginan bareng)
- Strategy, di mana setiap kelompok yg dapat melihat kesempatan dan rintangan, peluang berhasil dengan menggunakan peserta yg kecil kurus. Jadi Jikalau kelompok bisa melihat tentunya akan memilih peserta yang kecil. akan tetapi Jika tim tidak bisa melihat kesempatan pasti akan memakai peserta sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dari bentuk, cover atau hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap kelompok di bagikan kain ataupun terpal ukuran 3 meter x 3 meter. disisinya di berikan utasan tali tali & pada tali di pasang paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua anggota. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan menukar dan terpal atau kain enggak boleh jatuh ke tanah. tiap anggota yg berpindah mesti mengambil 1 kertas kecil itu tanpa membukanya. setelah waktu habis orang kumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di dapatkan setiap peserta.
Orang yg Melaksanakan perpindahan dengan baik akan mendapat min 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.
Inti Permainan:
- Komando, agar tidak berbenturan saat pindah.
- Komunikasi, orang supaya gak menempati titik yang sama.
- Strategy, biar setiap orang bisa memiliki peluang rotasi & menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan melihat kawan & tempat sehingga perpindahan akan berjalan baik.
- Mengesampingkan ego sebab Bila tiap anggota akan berpindah lebih duluan, anggota yg terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yg di dapatkan dititik 3 dapat dikumpulkan jadi satu di dalam grup. di bagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) & papan sterofom. setiap group akan menyusun gambar yg di dapatkan dititik tiga didalam sebuah papan yang memberi esensi dan makna. seusai selesai akan direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari display papan tsb.
Ini ialah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Bila diterapkan dengan benar dan tepat dapat menghasilkan sebuah kelompok yg kuat & kompak, dan buat sebuah perusahaan faktor ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan nya biar punya loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Tempat Amazing Race Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Bagi kamu yang hendak mengikuti kegiatan outbound silahkan menelpon kita.