Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah suatu bentuk permainan di alam bebas yang amat membutuhkan teamwork didalam satu tim. Tiap tim outbound amazing race dikasih petunjuk untuk mencapai area tertentu. Di tiap-tiap area amazing race yang kontestan singgahi ada permainan yang harus mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai peserta akhirnya finish di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini begitu digemari oleh banyak lembaga pemerintah ataupun perusahaan amazing race outbound ini benar-benar seru karena lokasi berganti-ganti dan enggak monoton layaknya jenis outbound lainnya. Dalam outbound amazing race ada game-game yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Goal Amazing Race Outbound
- Menaikan kemampuan individu di dalam membentuk team.
- Meningkatkan dan sharing ilmu dalam hal memotivasi pribadi dan motivasi kelompok, menambah rasa PD, dan produktivitas.
- Menggapai perkembangan individu dan team yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu rasa saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membentuk mutu dan kwalitas kepemimpinan dengan kepiawaian individu didalam keterbukaan menangani masalah serta membentuk karakter kerja yang tepat.
- Mengembangkan leadership personal dan leadership dalam team
Berbagai Type Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race di 1 area
Game outbound amazing race di satu area tentunya akan hemat uang. Tempat yang digunakan sedapat mungkin luas dan ada beragam tempat yang asri, salah satunya: Kebun binatang, lokasi wisata.
Pertama-tama pemain dikelompokan menjadi beberapa team. Kemudian mereka diberi petunjuk arah tempat berikutnya yang akan mereka datangi. Jika bertempat di kebun binatang, maka kontestan bakal menuju ke berbagai lokasi kandang hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang tidak secara detail disampaikan peserta wajib mencari tahu nama latin hewan tersebut.
Di tempat yang mereka kunjungi, peserta bakal mendapat permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di tempat tinggal binatang ataupun area tertentu
- Joget ataupun menari sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain.
- Amazing Race Adventure
- Kegiatan amazing race diawali dari area tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana peserta harus menyelesaikan aktivitas) bakal di tentukan didalam clue yang diberikan.
- Break Spot merupakan area dimana peserta wajib istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi finish yang mesti pemain tuju dan menentukan juara game.
- Amazing Race di Pegunungan
Jika Kalian lebih menyukai kegiatan seperti petualangan di alam terbuka, maka amazing race outbound pada gunung ialah pilihan yang tepat. Biar semua peserta mampu melakukan perlombaan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (mencari arah yang sesuai) dan jungle survivor (jika permainan 2 hari 1 malam di pegunungan ataupun alas
Contoh arahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan teknik supaya enggak tersesat
- Membuat tenda
- Menggunakan peralatan dapur versi jungle survivor
- Mencari sayur dan buah yang boleh dan enggak boleh dimakan
- Cara mendapatkan air minum (bila persediaan habis, dan sebagainya
Didalam teknik pertandingan, mereka mesti memiliki tim pemantau yg telah ahli didalam jungle survivor. Maka tak akan ada yg tersesat. Team pemantau dapat memantau pergerakan grup tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar 1: Contoh Permainan dengan Target
Permainannya: Kain ukurannya 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. di dalam Kaen tersebut di lukis target perusahaaan di dalam beberapa space, ataupun lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bareng. Di kasih tempat blank untuk ditembak. Alat tembaknya dari paint ball, Dimana setiap tim akan bergantian melakukan tembakan didalam Kain itu.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksinya … pilih saja 3 org setiap kelompok. bikin mummy dari tissu yg di berikan. Cuma ada 6 gulung tisu WC setiap kelompok. maka tiap orang Hanya 2 gulung tisu dan mesti dapat Buat mumi sebisa mungkin
Poin yg di capai
- Memakai sumber daya seada nya dengan 2 gulung tisu dapat membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas & totalitas anggota yg di jadikan mummy (jadi Tujuannya, setiap instansi membutuhkan orang-orang seperti ini yg rela berkorban demi tujuan bareng)
- Strategy, dimana tiap tim yang mampu melihat kesempatan dan hambatan, kesempatan berhasil dengan menggunakan anggota yang kurus kecil. Sehingga Bila team bisa menganalisis tentu akan memakai orang yang kecil. tetapi Kalau kelompok gak bisa menganalisis kesempatan pasti akan menggunakan orang sembarangan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap kelompok di bagikan kain atau terpal berukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya diberikan utasan tali – tali & pada talinya di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan di dalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua orang. Kemudian dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yg lainnya dengan peraturan menukar dan kain atau terpal tidak boleh jatuh ke tanah. tiap orang yang berpindah harus mengambil 1 kertas tsb tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai orang kumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas yg diperoleh setiap peserta.
Orang yang Melaksanakan perpindahan dengan tepat akan mendapatkan min 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Inti Game:
- Komando, biar tak berbenturan ketika pindah.
- Komunikasi, anggota agar nggak menempati tempat yg sama.
- Strategi, supaya tiap orang bisa memiliki peluang rotasi & merampungkan tugas.
- Pengetahuan lingkungan dengan mengamati kawan dan tempat sehingga perpindahan akan berjalan secara baik.
- Mengesampingkan keegoisan karena Apabila setiap orang akan berpindah terlebih duluan, orang yang akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yang didapatkan di pos tiga bisa dikumpulkan jadi 1 didalam group. di bagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) dan papan sterofom. tiap grup bisa menyusun gambar yang didapatkan dipos tiga di dalam papan yang memberi makna dan esensi. sehabis selesai akan dipresentasikan atau direview pamaknaan dari papan ini.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yang Jika di terapkan dengan benar & tepat bisa menghasilkan sebuah tim yg kompak & kuat, dan bagi suatu instansi kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya agar mempunyai loyalitas pada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Area Amazing Race Outbound Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Bagi Anda yang hendak mengikuti aktivitas outbound bisa mengontak kita.