Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound adalah suatu bentuk aktivitas di alam lepas yang sangat membutuhkan kekompakan di dalam satu kelompok. Setiap kelompok outbound amazing race dikasih petunjuk untuk mencapai lokasi tertentu. Di setiap tempat amazing race yang mereka tuju ada permainan yang wajib kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat berikutnya. Hingga mereka akhirnya sampai di area terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini begitu digemari oleh berbagai lembaga pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini amat asyik karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya outbound biasa. Di dalam outbound amazing race terdapat permainan yang asyik yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Menambah kapasitas personal di dalam membangun kelompok.
- Meningkatkan dan berbagi ilmu dalam hal motivasi individu dan motivasi team, menambah rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Meraih pertumbuhan individu dan team yang diarahkan pada tujuan perusahaan, salah satu didalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membentuk mutu & kualitas kepemimpinan dengan kepiawaian personal didalam keterbukaan menangani problem dan membangun kebiasaan kerja yang sesuai.
- Membentuk kepemimpinan pribadi dan kepemimpinan dalam team
Beberapa Jenis Amazing Race
- Amazing Race pada satu lokasi
Game amazing race pada 1 tempat pasti dapat menghemat uang. Area yang dipakai sebisa mungkin lapang dan terdiri dari beberapa tempat yang natural, seperti misalnya: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama anggota dikelompokan jadi beberapa team. Mereka lalu dikasih pedoman arah lokasi berikut yang akan kontestan tuju. Apabila berada di taman margasatwa, maka mereka akan mengarah ke beragam lokasi tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara gamblang disampaikan mereka wajib mengetahui nama latin binatang itu.
Di area yang peserta datangi, kontestan akan memperoleh permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di tempat tinggal hewan atau tempat tertentu
- Berjoget atau menari sesuai dengan petunjuk, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Permainan outbound amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana pemain mesti menuntaskan permainan) bakal di tentukan dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot ialah lokasi dimana peserta harus beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi finish yang wajib kontestan tuju dan menetapkan juara permainan.
- Amazing Race di Perbukitan
Kalau Kamu lebih suka perlombaan dengan jenis petualangan di alam terbuka, maka amazing race outbound pada gunung adalah referensi yang cocok. Biar seluruh peserta dapat melaksanakan perlombaan dengan sesuai, maka harus ada fasilitator yang memberikan pengarahan mengenai navigasi (menemukan arah yang sesuai) dan jungle survivor (apabila kegiatan dua hari 1 malam di perbukitan atau alas
Contoh arahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan taktik agar enggak kesasar
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat-alat dapur versi jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah-buahan yang dapat dan tidak dapat dimakan
- Trik memperoleh air minum (jika persediaan habis, dan lain sebagainya
Didalam teknis permainan, mereka mesti memiliki tim pemantau yg sudah ahli di dalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yg tersesat. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar ke 1: Contoh Game dengan Output Focus
Gamenya: Kaen berukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan didalam jarak 10 meteran. didalam Kaen itu di lukis target target perusahaaan dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bersama. di beri tempat blank untuk di tembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball, Dimana segala akan akan bergantian melakukan tembakan dalam Kain itu.
Pilar 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi nya … pilihlah 3 org setiap tim. membikin mumi dari tisu yang di berikan. Hanya terdapat enam gulung tissu WC tiap team. maka tiap orang Cuma dua gulung tisue & wajib dapat bikin mumy sebisa mungkin
Value yg dicapai
- Memakai sumber daya seadanya dengan dua gulung tisu bisa membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg di buat mumy (jadi Pointnya, tiap lembaga membutuhkan orang – orang semacam ini yg mau mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategy, dimana tiap team yang mampu melihat peluang & hambatan, peluang berhasil dengan menggunakan orang yang kurus kecil. Maka Apabila tim dapat melihat tentunya akan memilih orang yang kurus kecil. namun Jikalau team enggak bisa melihat peluang tentu akan memakai anggota sembarangan.
- Tidak boleh melihat segala sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. tapi setiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap kelompok di bagikan terpal atau kain ukurannya 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di berikan utasan tali-tali & pada tali dipasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan di dalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh orang. lalu di berikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan peraturan bertukar dan terpal maupun kain nggak boleh jatuh kebawah. tiap peserta yg bertukar harus mengambil satu kertas tersebut tanpa membuka nya. setelah waktu selesai anggota kumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yang didapatkan setiap orang.
Anggota yg Mengerjakan perpindahan dengan tepat akan mendapatkan min 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Inti Game:
- Komando, agar tak bertabrakan saat rotasi.
- Komunikasi, orang biar gak menempati posisi yg sama.
- Strategi, supaya tiap peserta dapat memiliki kesempatan rotasi & menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan melihat kawan dan tempat jadi pertukaran bisa berjalan baik.
- Merendahkan ego karena Jikalau setiap peserta ingin berpindah lebih dulu, orang yg terakhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yg di dapatkan di pos 3 dapat di kumpulkan menjadi 1 di dalam tim. dibagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) & papan sterofom. setiap group dapat menyusun gambar yg diperoleh ditempat 3 didalam papan yg memberi makna & esensi. seusai selesai akan dipresentasikan atau direview maksud dari papan itu.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Jika di terapkan secara benar dan tepat akan menciptakan sebuah kelompok yg kuat dan kompak, dan untuk suatu instansi kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawan biar punya loyalitas kepada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Untuk kalian yang hendak mengikuti wisata outbound silahkan menelpon kita.