Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound adalah suatu aktivitas di luar ruangan yang benar-benar membutuhkan teamwork dalam sebuah team. Seluruh group outbound amazing race dikasih petunjuk untuk mencapai area tertentu. Di setiap area amazing race yang peserta singgahi terdapat tantangan yang mesti mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat selanjutnya. Sampai peserta pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini amat digandrungi oleh banyak lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race ini benar-benar seru karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton seperti jenis outbound lainnya. Didalam outbound amazing race ada permainan yang seru yang bersifat kompetitif.
Sasaran Outbound Amazing Race
- Menambah kapasitas pribadi di dalam mengembangkan team.
- Meningkatkan serta berbagi pengalaman didalam hal memotivasi pribadi dan motivasi kelompok, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai pertumbuhan pribadi dan kelompok yang dipusatkan pada goal perusahaan, salah satu didalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan kualitas & mutu kepemimpinan dengan kemampuan personal didalam keterbukaan menangani konflik dan membangun karakter kerja yang tepat.
- Mengembangkan jiwa leadership individu dan leadership di dalam team
Beberapa Jenis Amazing Race
- Amazing Race di satu tempat
Permainan amazing race outbound pada satu lokasi pasti bisa menghemat modal. Lokasi yang dipakai sebisa mungkin luas dan terdapat berbagai lokasi yang unik, salah satu contoh: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama kontestan dipisah menjadi beberapa team. Kemudian mereka diberi pedoman jalan lokasi berikut yang bakal mereka tuju. Jika berada di taman margasatwa, maka peserta bakal menuju ke beberapa tempat tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara gamblang dinyatakan peserta wajib mencari tahu nama latin hewan itu.
Di area yang peserta kunjungi, kontestan bakal mendapat permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di sarang hewan maupun area tertentu
- Berjoget maupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana pemain wajib menuntaskan kegiatan) bakal ditetapkan di dalam clue yang diberikan.
- Break Spot ialah tempat dimana peserta wajib istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi terakhir yang mesti peserta tuju dan memutuskan juara game.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Bila Anda lebih senang perlombaan seperti petualangan di alam lepas, maka outbound amazing race pada gunung ialah referensi yang sesuai. Biar para peserta mampu melaksanakan permainan dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (mencari arah yang pas) dan jungle survivor (bila game dua hari 1 malam di gunung ataupun hutan
Salah satu arahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, memakai kompas dan strategi supaya enggak kesasar
- Membikin tenda
- Mempergunakan peralatan masak dari jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah yang boleh dan enggak boleh dimakan
- Tips memperoleh air minum (bila persediaan habis, dan lain sebagainya
Di dalam teknis pertandingan, mereka harus mempunyai tim pemantau yang sudah expert di dalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yang tersesat. Tim pemantau akan memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar 1: Contoh Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. dalam Kaen tersebut di lukis target target perusahaaan di dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol harapan bareng. di beri ruang blank untuk di tembak. peralatan tembak berasal dari paint ball, Dimana segala peserta akan bergantian menembak didalam Kaen itu.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan anggaran
Instruksi nya … pilihlah 3 peserta tiap tim. bikin mumi dr tisu yg di bagikan. Cuma terdapat enam gulung tisue WC setiap tim. maka tiap peserta Hanya dua gulung tisu dan harus bisa membuat mummy seefektif mungkin
Value yg di capai
- Menggunakan bahan seadanya dengan dua gulung tissu bisa membungkus semua badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yang dijadikan mumy (jadi Tujuannya, setiap perusahaan membutuhkan orang orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategi, di mana tiap tim yg sanggup melihat kesempatan dan tanangan, kesempatan berhasil dengan memakai peserta yg kecil kurus. Maka Bila team bisa menganalisis tentu saja akan memakai peserta yang kecil. akan tetapi Jikalau team gak bisa melihat kesempatan tentu akan menggunakan orang asal asalan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dr bentuk, cover ataupun hasil. akan tetapi tiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap tim diberikan kain atau terpal berukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya diberikan utasan tali-tali & di tali dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua orang. Kemudian diberikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain nya dengan aturan berpindah & kain ataupun terpal nggak boleh jatuh ke tanah. tiap peserta yang berpindah harus mengambil satu kertas kecil tsb tanpa membukanya. seusai waktu habis anggota berkumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yg didapatkan tiap peserta.
Anggota yang Melaksanakan pertukaran secara tepat akan memperoleh minimal 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar enggak berbenturan pada saat pindah.
- Komunikasi, peserta supaya gak menempati titik yang sama.
- Strategi, agar tiap peserta dapat mempunyai peluang berpindah dan menyelesaikan tugas.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan kawan & tempat jadi pertukaran dapat berjalan secara baik.
- Menghilangkan ego karena Jikalau setiap orang akan berpindah lebih duluan, peserta yg terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yang di dapatkan ditempat tiga bisa di kumpulkan jadi 1 didalam kelompok. diberikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) dan papan sterofom. setiap group dapat menyusun gambar yang didapatkan ditempat tiga di dalam papan yg memberikan makna dan esensi. sehabis selesai akan dipresentasikan atau direview pamaknaan dari papan tersebut.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Kalau dilaksanakan dengan benar dan tepat dapat menghasilkan suatu grup yang kompak dan kuat, dan buat sebuah instansi faktor ini penting sekali untuk melatih setiap karyawan supaya memiliki loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Bagi kamu yang ingin melaksanakan kegiatan outbound silahkan menghubungi kami.