Amazing Race
Amazing Race adalah sebuah kegiatan di alam terbuka yang sangat butuh teamwork dalam satu team. Tiap tim amazing race diberi panduan untuk menuju area tertentu. Di tiap lokasi amazing race outbound yang mereka tuju terdapat permainan yang harus peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound saat ini sangat digemari oleh berbagai instansi pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini benar-benar asyik karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton layaknya jenis outbound biasa. Di dalam amazing race terdapat gim-gim yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kapasitas individu dalam membentuk team.
- Menaikan dan berbagi pengalaman dalam hal motivasi personal dan memotivasi kelompok, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan personal dan tim yang dipusatkan pada goal perusahaan, termasuk di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membangun kualitas & mutu jiwa leadership dengan kapasitas individu didalam keterbukaan mengatasi masalah serta membangun budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan leadership individu dan leadership dalam team
Berbagai Tipe Amazing Race
- Outbound Amazing Race di 1 area
Kegiatan amazing race di 1 lokasi pastinya bisa hemat biaya. Tempat yang digunakan semaksimalkan mungkin luas dan ada beragam area yang natural, seperti misalnya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama kontestan dikelompokan jadi beberapa team. Lalu mereka diberi panduan jalan lokasi selanjutnya yang akan peserta datangi. Bila berada di kebun binatang, maka peserta akan pergi ke beragam area tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara detail disampaikan peserta wajib mencari tahu nama latin binatang itu.
Di tempat yang mereka kunjungi, kontestan akan memperoleh tantangan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di tempat tinggal hewan maupun lokasi tertentu
- Berjoget maupun menari sesuai dengan intruksi, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Adventure
- Perlombaan outbound amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta wajib menuntaskan kegiatan) bakal di tentukan didalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana pemain wajib berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat akhir yang harus peserta tuju dan memutuskan juara game.
- Amazing Race di Pegunungan
Kalau Kalian lebih suka kegiatan seperti adventure di alam lepas, maka amazing race outbound di pegunungan merupakan pilihan yang sesuai. Biar seluruh kontestan dapat melaksanakan game dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberi petunjuk masalah navigasi (mendapatkan arah yang pas) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari 1 malam di pegunungan ataupun hutan
Contoh arahan didalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan teknik biar tidak kesasar
- Mendirikan tenda
- Mempergunakan alat-alat dapur buatan jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang dapat dan enggak boleh dimakan
- Tips memperoleh air minum (bila persediaan air minum habis, dan lain-lain
Didalam teknik pertandingan, mereka harus punya team pemantau yg telah expert dalam jungle survivor. Jadi nggak akan ada yg kesasar. Tim pemantau akan memantau arah pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Contoh Game dengan Target
Permainannya: Kaen ukurannya 2,5 meter X 3 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meter. dalam Kain tersebut di lukis target perusahaaan didalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai tanda harapan bareng. diberi space kosong untuk ditembak. Alat tembak nya dari paint ball, Dimana seluruh peserta akan secara bergantian menembak di dalam Kaen itu.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi … pilihlah tiga org tiap kelompok. membikin mumy dr tisue yg di berikan. Cuma terdapat enam gulung tisue toilet setiap kelompok. maka per orang Cuma 2 gulung tisu dan wajib bisa membikin mummy sebisa mungkin
Tujuan yang digapai
- Memaksimalkan sumber daya seadanya dengan 2 gulung tisue dapat membungkus semua badan orang.
- totalitas dan Loyalitas peserta yg di jadikan mummy (jadi Nilainya, setiap lembaga memerlukan orang orang semacam ini yg rela berkorban demi tujuan bersama)
- Strategy, dimana setiap tim yg mampu menganalisis peluang dan rintangan, peluang berhasil dengan memilih peserta yg kecil kurus. Maka Kalau kelompok sanggup menganalisis tentu akan memakai peserta yg kurus kecil. akan tetapi Bila kelompok tidak dapat melihat peluang tentu saja akan memilih anggota asal asalan.
- Dilarang menganalisis sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. akan tetapi setiap peningkatan perusahaan harus di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap group di bagikan terpal atau kain berukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali tali & di talinya di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua peserta. Kemudian dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yg lain dengan peraturan bertukar dan kain ataupun terpal gak boleh jatuh ke tanah. tiap orang yg bertukar harus ambil satu kertas ini tanpa membuka nya. sesudah waktu habis orang kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yang di dapatkan setiap peserta.
Orang yg Melaksanakan pertukaran secara baik akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Inti Game:
- Komando, supaya tak bertabrakan saat rotasi.
- Komunikasi, peserta agar tak berada di posisi yang sama.
- Strategi, supaya setiap orang bisa punya peluang berpindah dan merampungkan tugasnya.
- Wawasan lingkungan dengan melihat kawan & tempat sehingga perpindahan akan berjalan secara baik.
- Merendahkan keegoisan karena Jika tiap anggota ingin berpindah terlebih dulu, peserta yang akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yg di peroleh ditempat 3 akan dikumpulkan menjadi 1 di dalam grup. dibagikan papan sterofom dan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). setiap grup bisa menyusun gambar yg di peroleh di pos tiga didalam sebuah papan yg memberi makna & esensi. sehabis selesai kemudian direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari papan display ini.
Inilah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yg Bila di terapkan secara benar dan tepat bisa menciptakan sebuah group yg kuat dan kompak, & bagi suatu lembaga faktor ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan biar mempunyai loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Lokasi Amazing Race Di Bandung
Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole.
Untuk kalian yang hendak mengikuti aktivitas outbound dapat menelpon kami.