Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race merupakan suatu aktivitas di luar ruangan yang sangat butuh kekompakan dalam suatu tim. Tiap kelompok amazing race outbound dikasih pedoman untuk mencapai area tertentu. Di setiap tempat amazing race yang peserta singgahi ada permainan yang wajib peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area selanjutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound saat ini begitu digandrungi oleh berbagai perusahaan atau instansi pemerintah amazing race outbound ini sangat seru karena area berpindah-pindah dan tidak monoton seperti jenis outbound umumnya. Di dalam outbound amazing race terdapat gim-gim yang asyik yang sifatnya kompetisi.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Menaikan kemampuan individu dalam membangun tim.
- Menambah dan sharing pengalaman di dalam hal memotivasi personal dan motivasi team, menaikan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan individu dan kelompok yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Membangun mutu & kwalitas leadership dengan kepiawaian pribadi di dalam keterbukaan menangani konflik serta membangun kebiasaan kerja yang sesuai.
- Mengembangkan leadership personal dan kepemimpinan di dalam team
Beberapa Type Outbound Amazing Race
- Amazing Race pada satu area
Aktivitas outbound amazing race di 1 lokasi pastinya dapat menghemat biaya. Area yang dipilih sedapat mungkin luas dan terdapat beberapa area yang natural, salah satu contoh: Taman margasatwa, area wisata.
Di awal pemain dibagi jadi beberapa team. Kemudian mereka diberi petunjuk jalan area berikutnya yang bakal mereka datangi. Jika berada di kebun binatang, maka peserta akan menuju ke beberapa lokasi kandang hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang tidak secara detail dinyatakan kontestan wajib mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di area yang kontestan singgahi, peserta bakal mendapat permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di sarang binatang atau area tertentu
- Bernyanyi maupun bergaya sesuai dengan petunjuk, dan sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Permainan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (area dimana kontestan harus menyelesaikan permainan) akan ditetapkan di dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot ialah area dimana peserta mesti istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat akhir yang mesti kontestan tuju dan memutuskan pemenang permainan.
- Amazing Race di Gunung
Bila Kamu lebih suka perlombaan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race di gunung ialah opsi yang sesuai. Supaya para pemain mampu menjalankan permainan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (menemukan jalan yang tepat) dan jungle survivor (kalau permainan dua hari satu malam di perbukitan atau alas
Salah satu petunjuk dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik biar tidak kesasar
- Membikin tenda
- Memakai peralatan masak versi jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah yang boleh dan enggak bisa dimakan
- Tips mendapatkan air minum (bila stok air minum habis, dan lain sebagainya
Didalam teknik permainan, mereka wajib memiliki tim pemantau yang sudah berpengalaman didalam jungle survivor. Maka tidak akan ada yg tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 2,5 meter x 3 meter di bentangkan didalam jarak 10 meteran. di dalam Kaen tersebut dilukis target perusahaaan didalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai simbol harapan bareng. Di kasih ruang kosong untuk di tembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Dimana semua tim akan secara bergantian menembak dalam Kaen tersebut.
Pilar 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi … pilih saja 3 org tiap kelompok. membikin mummy dr tisu yang di bagikan. Cuma terdapat enam gulung tisu WC tiap tim. maka per orang Hanya dua gulung tisu & harus bisa bikin mummy sebisa mungkin
Point yang di gapai
- Memaksimalkan bahan seada nya dengan dua gulung tisue dapat membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas & Loyalitas peserta yg di jadikan mumy (jadi Pointnya, setiap industri membutuhkan orang-orang semacam ini yg rela berkorban demi harapan bareng)
- Strategy, dimana setiap tim yg mampu menganalisis kesempatan & rintangan, peluang berhasil dengan memilih anggota yang kecil kurus. Jadi Jikalau team bisa melihat tentu saja akan menggunakan anggota yang kecil kurus. tetapi Jika team tak bisa menganalisis kesempatan pasti akan memilih orang asal asalan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk atau hasil. tapi tiap peningkatan perusahaan harus dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap grup dibagikan terpal maupun kain ukuran 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali – tali & pada talinya di pasang paperklip & kertas kecil kecil dengan gambar didalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh anggota. Kemudian di bagikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan menukar & kain ataupun terpal nggak boleh jatuh ke tanah. tiap anggota yg bertukar mesti ambil 1 kertas itu tanpa membukanya. setelah waktu selesai anggota kumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yg di dapatkan tiap peserta.
Anggota yang Melakukan pertukaran dengan baik akan memperoleh minimal 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Inti Permainan:
- Komando, agar enggak bertabrakan saat rotasi.
- Komunikasi, orang biar gak menempati titik yg sama.
- Strategi, agar setiap orang bisa mempunyai peluang berpindah & menyelesaikan tugas.
- Pemahaman situasi dengan memperhatikan tempat & kawan sehingga rotasi bisa berjalan baik.
- Menghilangkan ego sebab Bila tiap orang akan pindah lebih dahulu, peserta yang terakhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yg didapatkan dititik tiga bisa di kumpulkan menjadi 1 dalam kelompok. dibagikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. tiap group bisa menyusun gambar yang di dapatkan dititik 3 dalam sebuah papan yang memberikan makna dan esensi. seusai selesai akan direview maupun dipresentasikan arti dari papan display ini.
Ini ialah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race yg Bila dilakukan secara benar dan tepat akan menghasilkan sebuah group yg kompak dan kuat, & bagi suatu perusahaan kondisi ini penting sekali untuk melatih setiap karyawannya agar punya loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Tempat Amazing Race Outbound Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Untuk kamu yang hendak melaksanakan kegiatan outbound bisa mengontak kita.