Amazing Race
Outbound Amazing Race merupakan suatu permainan di alam lepas yang sangat memerlukan kekompakan di dalam sebuah kelompok. Tiap group amazing race outbound diberi panduan untuk mencapai area tertentu. Di setiap lokasi outbound amazing race yang peserta tuju ada permainan yang wajib kontestan ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai kontestan pada akhirnya finish di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digandrungi oleh berbagai lembaga pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini amat mengasyikan karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton seperti jenis outbound lainnya. Di dalam amazing race ada game-game yang asyik yang sifatnya kompetisi.
Sasaran Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kemampuan pribadi dalam membentuk team.
- Menambah dan berbagi ilmu didalam hal motivasi personal dan memotivasi kelompok, menambah rasa percaya diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan pribadi dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membangun kualitas dan mutu jiwa leadership dengan kemampuan individu dalam keterbukaan mengatasi problem serta membentuk karakter kerja yang tepat.
- Membentuk kepemimpinan pribadi dan kepemimpinan didalam team
Berbagai Tipe Amazing Race Outbound
- Amazing Race pada satu area
Aktivitas amazing race di 1 tempat pasti bisa mengirit biaya. Area yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan terdiri dari beberapa tempat yang unik, seperti misalnya: Kebun binatang, lokasi wisata.
Pertama-tama pemain dipisah jadi beberapa kelompok. Lalu mereka dikasih pedoman arah area selanjutnya yang akan mereka datangi. Jika bertempat di taman margasatwa, maka peserta bakal menuju ke beragam lokasi sarang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal hewan tidak secara jelas disampaikan kontestan wajib mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di lokasi yang peserta singgahi, mereka bakal memperoleh game diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di sarang binatang ataupun tempat tertentu
- Berjoget atau bergaya sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Permainan outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta mesti menuntaskan kegiatan) akan ditetapkan di dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot ialah tempat dimana pemain mesti beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan lokasi finish yang harus pemain tuju dan menentukan juara permainan.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Jika Anda lebih menyukai perlombaan dengan jenis adventure di alam lepas, maka amazing race outbound di pegunungan adalah referensi yang pas. Supaya para pemain dapat melaksanakan game dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberikan pengarahan masalah navigasi (menemukan jalan yang sesuai) dan jungle survivor (apabila kegiatan 2 hari 1 malam di perbukitan ataupun hutan
Salah satu pengarahan di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan kompas dan strategi supaya enggak salah jalan
- Mendirikan tenda
- Mempergunakan alat-alat masak versi jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah yang dapat dan tidak dapat dimakan
- Cara memperoleh air minum (jika persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Di dalam teknik permainan, mereka wajib memiliki tim pemantau yg telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Jadi gak akan ada yg kesasar. Team pemantau akan memantau arah pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misal Game dengan Output Focus
Permainannya: Kain berukuran 3 meter x 2,5 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. dalam Kain tersebut di lukis target perusahaaan di dalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. Dikasih tempat blank untuk ditembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Dimana seluruh tim akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kain tersebut.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksinya … pilih saja 3 orang setiap tim. bikin mumi dari tisu yang di berikan. Hanya terdapat enam gulung tisue toilet setiap team. maka per orang Hanya 2 gulung tisue dan harus bisa Buat mummy seefektif mungkin
Value yg di gapai
- Mengotimalkan bahan seada nya dengan 2 gulung tisu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas & totalitas peserta yg dijadikan mumy (jadi Poinnya, tiap perusahaan membutuhkan orang – orang seperti ini yang rela mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategi, di mana tiap kelompok yg dapat melihat peluang dan rintangan, kesempatan berhasil dengan memakai peserta yg kecil. Maka Kalau team dapat melihat tentu akan memilih anggota yang kecil kurus. tapi Jika tim tak dapat melihat peluang tentunya akan menggunakan peserta sembarangan.
- Jangan melihat segala sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. tapi setiap perkembangan perusahaan wajib dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap grup dibagikan terpal ataupun kain berukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali tali dan di tali ditaruh paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. kain atau terpal di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh anggota. lalu di berikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yang lain dengan peraturan bertukar dan terpal atau kain nggak boleh terjatuh ketanah. setiap orang yg bertukar mesti ambil 1 kertas kecil ini tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta berkumpul & fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yang di dapatkan tiap peserta.
Anggota yang Mengerjakan rotasi dengan tepat akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar tidak berbenturan ketika rotasi.
- Komunikasi, anggota supaya gak berada di posisi yg sama.
- Strategy, agar tiap anggota bisa punya kesempatan berpindah & merampungkan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat kawan dan tempat jadi perpindahan akan berjalan baik.
- Menghilangkan keegoisan sebab Jika tiap orang akan pindah lebih dulu, peserta yang terakhir akan kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yang didapatkan dititik 3 bisa dikumpulkan menjadi satu dalam tim. dibagikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) dan papan sterofom. setiap kelompok akan menyusun gambar yg didapatkan dititik tiga didalam sebuah papan yg memberi esensi dan makna. sesudah selesai kemudian dipresentasikan atau direview maksud dari papan tsb.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Jikalau dilakukan secara benar & tepat dapat menjadikan sebuah kelompok yg kuat dan kompak, & untuk suatu instansi kondisi ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan nya biar memiliki loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Area Outbound Amazing Race Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Untuk kamu yang mau melaksanakan kegiatan outbound silahkan mengontak kita.