Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race adalah satu kegiatan di luar ruangan yang amat memerlukan kekompakan di dalam satu group. Setiap team outbound amazing race dikasih petunjuk untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap-tiap tempat outbound amazing race yang peserta singgahi terdapat game yang wajib kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi berikutnya. Sampai kontestan pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini sangat digemari oleh berbagai instansi pemerintah atau perusahaan amazing race outbound ini sangat asyik karena area berganti-ganti dan enggak monoton seperti jenis outbound biasa. Didalam amazing race outbound banyak game-game yang seru yang sifatnya kompetitif.
Goal Amazing Race
- Meningkatkan kapasitas personal di dalam membangun tim.
- Menambah dan berbagi pengetahuan didalam hal motivasi pribadi dan memotivasi tim, menambah rasa percaya diri, dan kinerja.
- Menggapai pertumbuhan personal dan team yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya ialah perasaan saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Membentuk kwalitas & mutu kepemimpinan dengan kapasitas personal didalam keterbukaan mengatasi konflik dan membangun kebiasaan kerja yang tepat.
- Membentuk leadership pribadi dan leadership di dalam team
Beberapa Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race di 1 area
Game amazing race di 1 area pasti dapat hemat uang. Lokasi yang dipilih sedapat mungkin lapang dan terdiri dari beragam area yang natural, seperti misalnya: Taman margasatwa, area wisata.
Di awal anggota dibagi jadi beberapa tim. Mereka lalu diberi panduan jalan area berikutnya yang bakal mereka tuju. Jika berlokasi di taman margasatwa, maka mereka akan pergi ke beragam lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk kandang binatang tidak secara jelas dinyatakan mereka harus mengetahui nama latin hewan itu.
Di area yang peserta kunjungi, peserta akan mendapat game diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di tempat tinggal binatang ataupun lokasi tertentu
- Joget ataupun menari sesuai dengan intruksi, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Kegiatan outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana peserta wajib menuntaskan permainan) bakal di tentukan di dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot ialah lokasi dimana kontestan wajib istirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah area finish yang mesti kontestan tuju dan menentukan pemenang game.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Apabila Kamu lebih suka tantangan seperti adventure di alam lepas, maka outbound amazing race di gunung adalah opsi yang sesuai. Supaya para kontestan bisa menjalankan game dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberikan pengarahan mengenai navigasi (mencari jalan yang pas) dan jungle survivor (jika permainan dua hari satu malam di pegunungan atau hutan
Salah satu pengarahan didalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik agar tidak kesasar
- Membikin tenda
- Menggunakan alat dapur buatan jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang boleh dan enggak bisa dimakan
- Tips mendapatkan air minum (jika persediaan habis, dan lain-lain
Di dalam teknis pelaksanaan, mereka mesti punya tim pemantau yg telah berpengalaman didalam jungle survivor. Jadi nggak akan ada yang tersesat. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Permainan Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Kegiatan dengan Output Focus
Gamenya: Kain berukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. di dalam Kaen tersebut di gambar target target perusahaaan dalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. Dikasih ruang blank untuk di tembak. peralatan tembak dari paint ball, Di mana setiap peserta akan bergantian melakukan tembakan dalam Kaen tersebut.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksinya … pilih saja 3 orang setiap team. membuat mumi dr tisu yg diberikan. Hanya terdapat 6 gulung tisu toilet tiap kelompok. Jadi tiap peserta Cuma 2 gulung tisu & harus dapat membuat mumy sebisa mungkin
Tujuan yg dicapai
- Memakai bahan seadanya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yang dibuat mumy (jadi Nilainya, setiap industri memerlukan orang orang semacam ini yang mau mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategy, di mana setiap team yang sanggup melihat peluang & rintangan, peluang berhasil dengan memakai peserta yg kecil kurus. Jadi Apabila kelompok sanggup melihat pasti akan memakai peserta yang kecil kurus. tapi Kalau team tak dapat melihat peluang pasti akan menggunakan peserta sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis sesuatu dari cover, bentuk maupun hasil. tapi setiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap tim diberikan kain atau terpal berukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya diberikan utasan tali-tali dan di talinya ditaruh kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan di dalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. lalu dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lain dengan aturan bertukar & terpal maupun kain nggak boleh terjatuh ke tanah. tiap peserta yang berpindah harus mengambil 1 kertas kecil tsb tanpa membuka nya. seusai waktu selesai anggota berkumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di peroleh setiap anggota.
Peserta yg Mengerjakan perpindahan dengan baik akan memperoleh minim 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Inti Game:
- Komando, agar enggak berbenturan ketika rotasi.
- Komunikasi, anggota agar tak berada di posisi yg sama.
- Strategi, biar setiap peserta bisa memiliki peluang berpindah & menyelesaikan tugasnya.
- Pemahaman lingkungan dengan mengamati tempat dan kawan sehingga pertukaran bisa berjalan baik.
- Menghilangkan ego sebab Apabila tiap orang ingin pindah terlebih dahulu, peserta yg akhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yang di dapatkan dititik 3 dapat dikumpulkan menjadi 1 dalam kelompok. di bagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) & papan sterofom. tiap group akan menyusun gambar yg di dapatkan ditempat 3 dalam sebuah papan yg memberi esensi & makna. sesudah selesai kemudian direview atau dipresentasikan arti dari papan display ini.
Ini merupakan salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Jika dilakukan dengan tepat dan benar akan menciptakan suatu group yg kuat dan kompak, & untuk suatu lembaga kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya supaya punya loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities.
Bagi Anda yang ingin melaksanakan wisata outbound bisa menghubungi kami.