Amazing Race Outbound
Amazing Race Outbound adalah sebuah kegiatan di alam lepas yang amat butuh kekompakan di dalam suatu team. Tiap kelompok amazing race outbound diberi petunjuk untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap-tiap lokasi outbound amazing race yang mereka singgahi ada permainan yang mesti kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area selanjutnya. Sampai kontestan pada akhirnya finish di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini amat digemari oleh berbagai perusahaan ataupun instansi pemerintah amazing race outbound ini benar-benar asyik karena tempat berganti-ganti dan tidak monoton seperti outbound umumnya. Didalam amazing race terdapat gim-gim yang mengasyikan yang sifatnya kompetisi.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Menaikan kemampuan individu di dalam membentuk tim.
- Meningkatkan dan berbagi pengalaman didalam hal motivasi personal dan motivasi team, menaikan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan pribadi dan kelompok yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Membentuk kualitas dan mutu jiwa leadership dengan kepiawaian pribadi dalam keterbukaan menangani masalah serta mengembangkan karakter kerja yang sesuai.
- Mengembangkan kepemimpinan pribadi dan jiwa leadership dalam team
Berbagai Type Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound di satu tempat
Aktivitas amazing race outbound pada 1 area tentu bisa menghemat biaya. Tempat yang dipakai sebisa mungkin lapang dan ada beberapa tempat yang natural, seperti misalnya: Kebun binatang, area wisata.
Pertama kontestan dipisah jadi beberapa kelompok. Kemudian mereka diberi panduan jalan tempat berikutnya yang akan peserta singgahi. Apabila berada di kebun binatang, maka mereka akan pergi ke berbagai area kandang binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara jelas disampaikan peserta harus mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di area yang mereka kunjungi, peserta bakal mendapatkan permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di sarang binatang atau lokasi tertentu
- Joget maupun menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana pemain mesti menuntaskan aktivitas) akan ditetapkan dalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot adalah area dimana pemain mesti istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi finish yang mesti peserta tuju dan menentukan pemenang permainan.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Kalau Anda lebih menyukai tantangan seperti petualangan di alam bebas, maka outbound amazing race di perbukitan ialah referensi yang tepat. Agar para kontestan dapat melakukan perlombaan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (menemukan arah yang sesuai) dan jungle survivor (jika game dua hari satu malam di perbukitan atau alas
Contoh petunjuk dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik biar enggak salah arah
- Membuat tenda
- Memakai alat masak dari jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah-buahan yang boleh dan enggak bisa dimakan
- Tips mendapatkan air minum (apabila persediaan habis, dan sebagainya
Didalam teknik pertandingan, mereka wajib mempunyai tim pemantau yang sudah ahli didalam jungle survivor. Jadi nggak akan ada yg kesasar. Tim pemantau bisa memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misal Game dengan Output Focus
Permainannya: Kain ukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan dalam jarak sepuluh meteran. di dalam Kain tersebut dilukis target perusahaaan didalam beberapa tempat, maupun lambang perusahaan sebagai tanda harapan bareng. diberi ruang blank untuk ditembak. Alat tembak nya dari paint ball, Di mana seluruh peserta akan bergantian melakukan tembakan dalam Kain itu.
Pilar 2: Efektif Memakai dana
Instruksi nya … pilih saja 3 peserta tiap tim. bikin mummy dari tisu yg di berikan. Hanya ada 6 gulung tisue WC tiap tim. Jadi tiap peserta Hanya dua gulung tisue dan wajib dapat Buat mummy seefektif mungkin
Value yg di capai
- Memaksimalkan bahan seada nya dengan dua gulung tisue bisa membungkus seluruh badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yang di buat mummy (jadi Valuenya, setiap lembaga membutuhkan orang-orang semacam ini yg rela berkorban demi tujuan bareng)
- Strategy, di mana tiap kelompok yg bisa melihat peluang & tanangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan peserta yg kecil kurus. Sehingga Bila team dapat melihat tentunya akan memakai orang yg kecil. namun Apabila tim tidak dapat menganalisis peluang pasti akan memilih peserta asal asalan.
- Dilarang melihat sesuatu dari cover, bentuk maupun hasil. tapi setiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap grup di berikan kain atau terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. disisinya diberikan utasan tali-tali dan pada tali dipasang paperklip & kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua anggota. Kemudian diberikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan menukar & terpal maupun kain tak boleh jatuh ketanah. tiap orang yg bertukar wajib ambil 1 kertas kecil ini tanpa membuka nya. setelah waktu selesai peserta kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas yang di dapatkan setiap anggota.
Anggota yg Melakukan rotasi dengan tepat akan mendapatkan min 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, agar tak bertabrakan ketika pindah.
- Komunikasi, peserta agar tidak berada di tempat yg sama.
- Strategy, agar setiap anggota dapat memiliki kesempatan berpindah & menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan lingkungan dengan mengamati tempat & kawan sehingga pertukaran dapat berjalan baik.
- Menghilangkan keegoisan karena Jikalau tiap peserta akan pindah lebih dahulu, orang yang akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di dapatkan di pos tiga bisa di kumpulkan menjadi satu di dalam kelompok. di bagikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) & papan sterofom. setiap group akan menyusun gambar yang didapatkan ditempat 3 didalam papan yg memberi esensi & makna. setelah selesai maka dipresentasikan atau direview pamaknaan dari papan display ini.
Inilah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Kalau dilakukan dengan benar & tepat akan menghasilkan sebuah grup yang kompak dan kuat, dan bagi sebuah instansi hal ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan biar punya loyalitas pada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Bagi kamu yang ingin melaksanakan aktivitas outbound dapat mengontak kita.