Amazing Race
Amazing Race Outbound adalah suatu bentuk permainan di alam terbuka yang amat membutuhkan teamwork dalam suatu group. Setiap team amazing race diberi petunjuk untuk mencapai area tertentu. Di tiap-tiap lokasi amazing race yang peserta datangi ada permainan yang wajib peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke area selanjutnya. Hingga peserta akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race saat ini begitu digandrungi oleh banyak lembaga pemerintah ataupun perusahaan amazing race outbound ini sangat mengasyikan karena lokasi berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya outbound umumnya. Dalam outbound amazing race terdapat game-game yang asyik yang sifatnya kompetitif.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kepiawaian personal dalam membangun kelompok.
- Menambah serta berbagi pengetahuan dalam hal memotivasi personal dan motivasi kelompok, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Menggapai perkembangan personal dan team yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk didalamnya ialah rasa saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Mengembangkan kwalitas dan mutu leadership dengan kapasitas personal dalam keterbukaan mengatasi problem dan membentuk budaya kerja yang tepat.
- Membangun kepemimpinan personal dan leadership dalam team
Beberapa Jenis Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race di satu lokasi
Aktivitas amazing race di 1 tempat tentunya akan hemat uang. Tempat yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan terdiri dari berbagai area yang unik, seperti misalnya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama peserta dipisah menjadi beberapa team. Mereka lalu diberi panduan arah area selanjutnya yang bakal kontestan singgahi. Jika berlokasi di taman margasatwa, maka mereka bakal pergi ke beberapa lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang hewan tidak secara detail disampaikan mereka mesti mencari tahu nama latin hewan tersebut.
Di lokasi yang mereka tuju, mereka akan mendapat tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di kandang hewan atau lokasi tertentu
- Berjoget ataupun bergaya sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Perlombaan amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti merampungkan kegiatan) bakal ditetapkan didalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot merupakan tempat dimana kontestan harus istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang mesti peserta tuju dan menetapkan pemenang game.
- Amazing Race di Gunung
Jika Kamu lebih suka perlombaan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race outbound pada gunung adalah referensi yang cocok. Supaya para peserta bisa melakukan permainan dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberikan arahan mengenai navigasi (mendapatkan jalan yang sesuai) dan jungle survivor (kalau game dua hari 1 malam di perbukitan ataupun alas
Salah satu petunjuk didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik supaya tidak tersesat
- Membikin tenda
- Menggunakan peralatan masak versi jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah-buahan yang boleh dan tidak bisa dimakan
- Trik mendapat air minum (bila persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Dalam teknis pelaksanaan, mereka wajib punya tim pemantau yg sudah expert di dalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yg tersesat. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Permainan dengan Target
Permainannya: Kain ukurannya 3 meter x 2,5 meter di bentangkan didalam jarak 10 meteran. didalam Kaen tersebut dilukis target target perusahaaan dalam beberapa space, maupun logo perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. Dikasih ruang blank untuk di tembak. Alat tembaknya berasal dari paint ball, Dimana seluruh tim akan bergantian melakukan tembakan didalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksinya … pilih saja tiga peserta tiap kelompok. bikin mummy dr tisu yg diberikan. Hanya ada enam gulung tissu toilet setiap team. Jadi tiap peserta Hanya dua gulung tissu & harus bisa membikin mumy seefektif mungkin
Nilai yang digapai
- Memakai bahan seada nya dengan 2 gulung tisu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas & totalitas anggota yang dijadikan mumi (jadi Valuenya, setiap instansi membutuhkan orang-orang semacam ini yg mau berkorban demi keinginan bersama)
- Strategi, di mana tiap tim yg bisa melihat peluang dan tanangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan orang yg kurus kecil. Maka Kalau team dapat melihat tentu akan menggunakan anggota yang kecil. tapi Bila kelompok gak bisa menganalisis peluang pasti akan menggunakan anggota asal asalan.
- Dilarang menganalisis sesuatu dr bentuk, cover ataupun hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap group di berikan terpal atau kain ukurannya 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya dibagikan utasan tali tali dan di tali di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh peserta. lalu di bagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan bertukar & kain atau terpal gak boleh terjatuh ketanah. setiap orang yg berpindah harus mengambil satu kertas tsb tanpa membukanya. seusai waktu habis peserta berkumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yg diperoleh tiap anggota.
Orang yang Mengerjakan rotasi secara baik akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, biar tak tabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, orang biar tidak menempati posisi yg sama.
- Strategi, supaya tiap orang dapat memiliki peluang berpindah & merampungkan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan memperhatikan tempat & kawan sehingga perpindahan akan berjalan tepat.
- Menghilangkan ego sebab Jika setiap anggota akan berpindah terlebih dahulu, peserta yang terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yg di peroleh ditempat 3 akan dikumpulkan menjadi 1 di dalam group. dibagikan papan sterofom dan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). tiap tim bisa menyusun gambar yang diperoleh dipos 3 didalam sebuah papan yang memberikan makna dan esensi. seusai selesai maka dipresentasikan atau direview maksud dari papan display ini.
Inilah salah satu contoh pelaksanaan dari Outbound Amazing Race yang Jikalau di terapkan dengan tepat dan benar bisa menciptakan suatu group yg kompak dan kuat, & bagi suatu perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawannya supaya memiliki loyalitas pada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Untuk kalian yang hendak mengikuti kegiatan outbound dapat menghubungi kita.