Metode Amazing Race di Cikole

Amazing Race

Amazing Race Outbound ialah suatu permainan di luar ruangan yang benar-benar memerlukan teamwork di dalam satu group. Seluruh tim outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di setiap area amazing race outbound yang mereka datangi ada permainan yang wajib peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai kontestan akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini sangat diminati oleh berbagai perusahaan atau instansi pemerintah amazing race ini sangat asyik karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton layaknya outbound umumnya. Didalam amazing race banyak permainan yang asyik yang sifatnya kompetisi.

 

Sasaran Amazing Race Outbound

  • Menaikan kapasitas pribadi di dalam membentuk kelompok.
  • Menaikan dan berbagi pengalaman dalam hal memotivasi personal dan motivasi kelompok, meningkatkan kepercayaan diri, dan kinerja.
  • Mencapai pertumbuhan individu dan team yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
  • Mengembangkan kualitas dan mutu leadership dengan kemampuan individu di dalam keterbukaan mengatasi problem dan membangun budaya kerja yang sesuai.
  • Mengembangkan kepemimpinan personal dan leadership di dalam team

Beberapa Type Outbound Amazing Race

  1. Outbound Amazing Race di 1 tempat

Aktivitas amazing race outbound pada 1 lokasi tentunya bisa menghemat modal. Lokasi yang dipakai semaksimalkan mungkin lapang dan ada beragam tempat yang unik, salah satunya: Kebun binatang, tempat wisata.

Pertama-tama pemain dipisah menjadi beberapa tim. Mereka lalu diberi panduan arah area berikut yang akan peserta datangi. Apabila bertempat di taman margasatwa, maka peserta bakal mengarah ke beberapa lokasi kandang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara jelas disampaikan kontestan wajib mengetahui nama latin binatang itu.

Di lokasi yang mereka datangi, mereka akan mendapatkan game diantaranya:

  • Games team building Dan Word Puzzle
  • Foto di kandang hewan ataupun lokasi tertentu
  • Bernyanyi atau bergaya sesuai dengan perintah, dan lain-lain.

 

  1. Outbound Amazing Race Petualangan
  • Kegiatan outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
  • Game Spot (lokasi dimana pemain mesti menyelesaikan aktivitas) akan ditetapkan didalam pedoman yang diberikan.
  • Break Spot ialah area dimana kontestan wajib istirahat dengan durasi waktu tertentu.
  • Finish Point adalah lokasi akhir yang mesti peserta tuju dan menetapkan pemenang perlombaan.
  1. Amazing Race Outbound di Perbukitan

Jika Anda lebih senang perlombaan seperti petualangan di alam terbuka, maka outbound amazing race pada gunung merupakan pilihan yang sesuai. Supaya semua peserta bisa melakukan permainan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan pengarahan tentang navigasi (mencari jalan yang tepat) dan jungle survivor (apabila permainan 2 hari 1 malam di gunung atau hutan

Salah satu arahan dalam jungle survivor ialah:

  • Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik biar tidak tersesat
  • Membuat tenda
  • Menggunakan peralatan dapur buatan jungle survivor
  • Menemukan sayuran dan buah-buahan yang bisa dan enggak boleh dikonsumsi
  • Trik memperoleh air minum (apabila persediaan air minum habis, dan lain-lain

 

Di dalam teknis pelaksanaan, mereka wajib punya team pemantau yg sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yang tersesat. Team pemantau bisa memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.

Contoh Kegiatan Amazing Race

Pilar ke 1: Misal Permainan dengan Target

Gamenya: Kain ukuran 2,5 meter X 3 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. di dalam Kain tersebut  di gambar target target perusahaaan di dalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai simbol tujuan bersama. diberi ruang blank untuk ditembak. peralatan tembak nya berasal dari paint ball,  Di mana segala peserta akan bergantian melakukan tembakan didalam Kaen tsb.

Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran

Instruksi … pilih saja 3 org tiap tim. bikin mumy dr tisue yang di berikan. Hanya terdapat 6 gulung tissu toilet tiap tim. maka per peserta Cuma 2 gulung tissu & harus bisa membikin mumi seefektif mungkin

Point yang di gapai

  1. Menggunakan bahan seada nya dengan 2 gulung tisue dapat membungkus semua badan peserta.
  2. totalitas dan Loyalitas anggota yang dijadikan mumi (jadi Valuenya, tiap perusahaan membutuhkan orang orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi keinginan bareng)
  3. Strategi, di mana setiap tim yang sanggup melihat kesempatan & hambatan, peluang berhasil dengan memilih orang yang kecil. Jadi Kalau tim mampu menganalisis pasti akan menggunakan anggota yg kecil. akan tetapi Jikalau kelompok nggak bisa menganalisis kesempatan tentu saja akan memakai peserta sembarangan.
  4. Tidak boleh melihat segala sesuatu dari bentuk, cover atau hasil. tapi tiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.

Pilar 3: Source oF Growth

Setiap group di bagikan terpal atau kain berukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya dibagikan utasan tali – tali & pada talinya dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua peserta. Kemudian dibagikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yg lain dengan aturan menukar dan terpal atau kain nggak boleh jatuh kebawah. tiap peserta yg bertukar harus mengambil satu kertas ini tanpa membukanya. setelah waktu habis anggota kumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yang diperoleh tiap peserta.

Anggota yang Melakukan rotasi secara baik akan mendapat min 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.

Inti Game:

  1. Komando, biar tidak tabrakan pada saat pindah.
  2. Komunikasi, anggota biar nggak berada di titik yang sama.
  3. Strategy, supaya setiap peserta dapat punya kesempatan rotasi dan merampungkan tugas.
  4. Wawasan situasi dengan melihat tempat & kawan sehingga rotasi akan berjalan baik.
  5. Mengesampingkan ego karena Jika tiap orang ingin berpindah terlebih dahulu, peserta yg terakhir akan kehabisan ruang.

Pilar Ke 4: Evaluasi

Gambar yang didapatkan dipos tiga bisa di kumpulkan menjadi 1 dalam kelompok. di berikan papan sterofom dan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). setiap kelompok bisa menyusun gambar yg didapatkan dititik tiga dalam sebuah papan yang memberi makna & esensi. setelah selesai kemudian dipresentasikan ataupun direview pamaknaan dari papan tersebut.

Ini adalah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Jika diterapkan secara benar & tepat akan menghasilkan suatu group yang kuat dan kompak, dan buat suatu lembaga kondisi ini penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya agar memiliki loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.

Berbagai Area Outbound Amazing Race Di Bandung

Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.

Untuk kamu yang mau mengikuti wisata outbound bisa mengontak kami.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

#EXCELLENT_SERVICE

#EXCELLENT_COMUNICATION
#EXCELLENT_PROVIDER

#EXCELLENT_PLANNER