Outbound Amazing Race
Amazing Race merupakan suatu permainan di alam bebas yang benar-benar membutuhkan kerjasama didalam satu tim. Setiap team amazing race outbound diberi pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di tiap-tiap area amazing race outbound yang kontestan singgahi terdapat tantangan yang mesti kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat selanjutnya. Sampai kontestan pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race sekarang ini amat diminati oleh beberapa lembaga pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini benar-benar seru karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton seperti jenis outbound biasa. Di dalam outbound amazing race banyak gim-gim yang asyik yang bersifat kompetitif.
Goal Amazing Race Outbound
- Menambah kepiawaian pribadi di dalam membentuk kelompok.
- Menambah dan berbagi pengalaman didalam hal memotivasi personal dan memotivasi tim, menambah rasa PD, dan kinerja.
- Menggapai perkembangan pribadi dan kelompok yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya adalah perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Membentuk mutu & kualitas jiwa leadership dengan kepiawaian individu di dalam keterbukaan menangani masalah dan membangun karakter kerja yang tepat.
- Mengembangkan leadership personal dan jiwa leadership didalam team
Berbagai Jenis Amazing Race Outbound
- Amazing Race di 1 area
Game amazing race outbound di satu lokasi pastinya dapat menghemat modal. Lokasi yang dipilih sedapat mungkin luas dan terdiri dari beragam lokasi yang natural, salah satunya: Kebun binatang, tempat wisata.
Di awal pemain dipisah jadi beberapa team. Mereka lalu dikasih panduan jalan tempat selanjutnya yang bakal kontestan tuju. Jika berlokasi di taman margasatwa, maka kontestan bakal mengarah ke beberapa lokasi kandang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara jelas dinyatakan kontestan wajib mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang kontestan kunjungi, peserta bakal memperoleh tantangan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di kandang hewan ataupun lokasi tertentu
- Berjoget atau bergaya sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Permainan amazing race outbound dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain wajib merampungkan aktivitas) akan ditetapkan dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot ialah lokasi dimana pemain wajib beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point ialah area finish yang harus pemain tuju dan menetapkan juara perlombaan.
- Amazing Race di Perbukitan
Jika Kalian lebih senang perlombaan dengan jenis adventure di alam lepas, maka outbound amazing race di pegunungan ialah pilihan yang tepat. Agar para kontestan mampu menjalankan perlombaan dengan pas, maka mesti ada fasilitator yang memberikan arahan mengenai navigasi (menemukan jalan yang tepat) dan jungle survivor (jika kegiatan 2 hari 1 malam di perbukitan atau hutan
Contoh arahan di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik supaya tidak tersesat
- Membuat tenda
- Memakai alat-alat dapur dari jungle survivor
- Mencari sayuran dan buah yang dapat dan enggak dapat dimakan
- Cara mendapat air minum (jika persediaan air minum habis, dan sebagainya
Didalam teknik permainan, mereka wajib memiliki tim pemantau yang telah ahli dalam jungle survivor. Jadi gak akan ada yg kesasar. Team pemantau dapat memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar 1: Misal Kegiatan dengan Target
Gamenya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meteran. didalam Kaen ini di gambar target perusahaaan dalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. diberi tempat blank untuk di tembak. peralatan tembak berasal dari paint ball, Di mana setiap peserta akan secara bergantian menembak di dalam Kain tersebut.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksinya … pilih saja tiga orang setiap team. bikin mumy dr tissu yg di berikan. Cuma ada enam gulung tisu WC tiap team. maka per org Cuma dua gulung tissu & harus bisa membuat mumi seefektif mungkin
Nilai yang digapai
- Memaksimalkan sumber daya seadanya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas anggota yg di jadikan mumi (jadi Tujuannya, tiap instansi membutuhkan orang semacam ini yang rela mengorbankan diri demi tujuan bareng)
- Strategi, dimana tiap tim yg mampu melihat kesempatan & tanangan, peluang berhasil dengan menggunakan orang yang kecil kurus. Maka Bila team sanggup melihat pastinya akan menggunakan orang yang kecil kurus. akan tetapi Bila tim tak mampu menganalisis kesempatan pastinya akan memilih anggota asal asalan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. tetapi setiap peningkatan perusahaan mesti di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup di berikan terpal ataupun kain ukurannya 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali – tali & di talinya dipasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan didalamnya. kain ataupun terpal di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh orang. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lainnya dengan aturan bertukar & terpal atau kain gak boleh jatuh kebawah. tiap peserta yang berpindah wajib ambil satu kertas ini tanpa membuka nya. sehabis waktu habis orang kumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas yang didapatkan tiap orang.
Peserta yang Mengerjakan rotasi secara baik akan mendapatkan minimal 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Kunci Game:
- Komando, agar tak tabrakan pada saat rotasi.
- Komunikasi, orang biar enggak menempati posisi yg sama.
- Strategi, agar setiap peserta bisa mempunyai kesempatan rotasi dan menyelesaikan tugasnya.
- Pemahaman situasi dengan melihat kawan & tempat sehingga pertukaran dapat berjalan baik.
- Menghilangkan ego karena Apabila setiap anggota akan pindah lebih duluan, orang yg akhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yang diperoleh ditempat 3 dapat dikumpulkan jadi 1 didalam kelompok. di bagikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. tiap grup akan menyusun gambar yang diperoleh dipos tiga dalam papan yg memberi makna dan esensi. setelah selesai maka direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari papan ini.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Apabila dilakukan dengan tepat & benar akan menjadikan sebuah tim yg kuat & kompak, dan bagi sebuah instansi kondisi ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawannya agar mempunyai loyalitas kepada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Tempat Amazing Race Di Bandung
Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya.
Bagi kalian yang mau melaksanakan wisata outbound bisa mengontak kami.