Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah satu aktivitas di luar ruangan yang amat membutuhkan kerjasama di dalam satu tim. Setiap group outbound amazing race diberi petunjuk untuk mencapai area tertentu. Di tiap lokasi amazing race outbound yang peserta singgahi ada tantangan yang harus kontestan ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga kontestan pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini sangat diminati oleh banyak perusahaan ataupun instansi pemerintah outbound amazing race ini sangat mengasyikan karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton seperti outbound umumnya. Di dalam outbound amazing race ada permainan yang asyik yang bersifat kompetisi.
Sasaran Amazing Race
- Meningkatkan kapasitas individu di dalam membentuk team.
- Menambah dan berbagi ilmu dalam hal memotivasi pribadi dan memotivasi tim, menaikan rasa percaya diri, dan kinerja.
- Menggapai perkembangan pribadi dan team yang diarahkan pada sasaran perusahaan, salah satu di dalamnya adalah rasa saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Mengembangkan mutu & kwalitas kepemimpinan dengan kemampuan individu dalam keterbukaan menangani konflik serta mengembangkan karakter kerja yang sesuai.
- Membangun kepemimpinan individu dan jiwa leadership di dalam team
Beragam Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race di 1 tempat
Aktivitas outbound amazing race pada satu lokasi tentunya akan menghemat biaya. Area yang dipakai sebisa mungkin lapang dan terdiri dari berbagai tempat yang asri, salah satu contoh: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama anggota dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka lalu diberi petunjuk arah tempat berikut yang akan kontestan singgahi. Apabila bertempat di taman margasatwa, maka mereka bakal menuju ke beragam tempat tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal hewan tidak secara jelas dinyatakan mereka mesti mencari tahu nama latin binatang itu.
Di lokasi yang kontestan tuju, mereka akan memperoleh permainan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di tempat tinggal binatang atau lokasi tertentu
- Joget ataupun menari sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Permainan outbound amazing race diawali dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (area dimana peserta mesti menyelesaikan permainan) bakal di tentukan di dalam clue yang diberikan.
- Break Spot merupakan area dimana pemain harus beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat finish yang harus kontestan tuju dan menentukan juara permainan.
- Amazing Race di Perbukitan
Bila Kalian lebih menyukai tantangan dengan jenis adventure di alam lepas, maka outbound amazing race di gunung adalah pilihan yang cocok. Agar seluruh pemain dapat melaksanakan permainan dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberi pengarahan masalah navigasi (menemukan arah yang sesuai) dan jungle survivor (kalau permainan 2 hari satu malam di gunung maupun alas
Contoh petunjuk didalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan strategi biar enggak salah arah
- Mendirikan tenda
- Memakai alat dapur versi jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang bisa dan enggak dapat dikonsumsi
- Trik mendapatkan air minum (kalau stok air minum habis, dan lain sebagainya
Didalam teknik pertandingan, mereka mesti punya team pemantau yg telah ahli di dalam jungle survivor. Sehingga enggak akan ada yang tersesat. Tim pemantau dapat memantau arah pergerakan group tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misal Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 2,5 meter x 3 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meteran. dalam Kaen itu dilukis target target perusahaaan didalam beberapa tempat, ataupun lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. Dikasih tempat blank untuk di tembak. peralatan tembak dari paint ball, Di mana segala akan akan bergantian menembak dalam Kain itu.
Pilar 2: Efektif Memakai anggaran
Instruksi nya … Pilih 3 orang tiap kelompok. Buat mumy dr tisue yg di bagikan. Hanya terdapat enam gulung tisu WC tiap kelompok. maka setiap orang Hanya dua gulung tissu dan wajib dapat Buat mumi seefektif mungkin
Point yg di gapai
- Memakai sumber daya seada nya dengan dua gulung tissu dapat membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas & totalitas peserta yg di jadikan mumi (jadi Nilainya, setiap perusahaan memerlukan orang-orang seperti ini yg rela mengorbankan diri demi harapan bersama)
- Strategy, di mana tiap kelompok yang mampu menganalisis kesempatan dan hambatan, peluang berhasil dengan memakai anggota yg kecil kurus. Maka Bila tim bisa menganalisis tentu saja akan memilih peserta yang kurus kecil. tetapi Apabila tim tidak sanggup menganalisis kesempatan tentu akan memakai orang sembarangan.
- Dilarang melihat segala sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. tapi setiap peningkatan perusahaan harus di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap group di berikan kain atau terpal berukuran 3 meter X 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali tali dan di tali ditaruh kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan didalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh anggota. Kemudian dibagikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan aturan berpindah dan kain ataupun terpal gak boleh jatuh kebawah. setiap anggota yg bertukar mesti mengambil 1 kertas kecil ini tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai peserta kumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yg didapatkan setiap peserta.
Anggota yg Melaksanakan pertukaran dengan tepat akan memperoleh min 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar tak bertabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, anggota agar enggak berada di tempat yg sama.
- Strategy, biar tiap anggota dapat punya kesempatan berpindah & merampungkan tugasnya.
- Pemahaman situasi dengan memperhatikan tempat dan kawan jadi rotasi dapat berjalan baik.
- Menghilangkan keegoisan sebab Kalau tiap anggota mau berpindah lebih dahulu, anggota yg terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yg didapatkan di pos 3 bisa di kumpulkan menjadi 1 di dalam group. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). tiap tim dapat menyusun gambar yg di dapatkan ditempat tiga didalam sebuah papan yang memberikan makna & esensi. seusai selesai akan direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari display papan tsb.
Ini merupakan salah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yg Apabila di terapkan secara benar dan tepat dapat menciptakan sebuah kelompok yang kuat & kompak, & bagi suatu lembaga faktor ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawannya supaya memiliki loyalitas pada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Untuk Anda yang hendak melaksanakan wisata outbound silahkan menghubungi kami.