Amazing Race Outbound
Amazing Race adalah sebuah permainan di alam lepas yang amat membutuhkan teamwork dalam satu team. Seluruh tim outbound amazing race diberi pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap-tiap tempat outbound amazing race yang kontestan datangi ada tantangan yang wajib peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke area berikutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race sekarang ini begitu diminati oleh berbagai instansi pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini sangat seru karena area berganti-ganti dan tidak monoton layaknya outbound biasa. Di dalam amazing race outbound banyak permainan yang mengasyikan yang sifatnya kompetisi.
Goal Outbound Amazing Race
- Menambah kepiawaian personal didalam membangun tim.
- Menambah dan berbagi ilmu didalam hal memotivasi individu dan memotivasi kelompok, meningkatkan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai pertumbuhan pribadi dan tim yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membangun kwalitas dan mutu leadership dengan kapasitas individu di dalam keterbukaan mengatasi masalah serta membentuk kebiasaan kerja yang sesuai.
- Membangun leadership pribadi dan kepemimpinan didalam team
Berbagai Jenis Outbound Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada satu tempat
Aktivitas amazing race pada satu tempat tentu dapat mengirit biaya. Lokasi yang digunakan sedapat mungkin lapang dan terdiri dari beragam area yang natural, salah satunya: Kebun binatang, tempat wisata.
Pertama-tama pemain dipisah menjadi beberapa tim. Kemudian mereka diberi pedoman arah lokasi berikutnya yang bakal kontestan tuju. Jika berlokasi di taman margasatwa, maka mereka bakal mengarah ke beragam area kandang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara jelas disampaikan peserta harus mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di lokasi yang peserta singgahi, mereka bakal memperoleh game diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di kandang binatang maupun area tertentu
- Joget ataupun menari sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti menuntaskan perlombaan) akan di tentukan dalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot adalah tempat dimana peserta mesti beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang mesti peserta tuju dan memutuskan juara permainan.
- Amazing Race di Pegunungan
Jika Kalian lebih menyukai perlombaan seperti petualangan di alam bebas, maka outbound amazing race di gunung adalah pilihan yang sesuai. Biar semua peserta mampu melakukan permainan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberi arahan masalah navigasi (menemukan jalan yang sesuai) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari satu malam di gunung ataupun hutan
Contoh pengarahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik biar enggak tersesat
- Membikin tenda
- Memakai peralatan dapur dari jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang dapat dan enggak bisa dikonsumsi
- Trik mendapatkan air minum (jika stok habis, dan sebagainya
Dalam teknik pertandingan, mereka wajib memiliki tim pemantau yg telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Maka tak akan ada yang kesasar. Tim pemantau bisa memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Misal Kegiatan dengan Output Focus
Permainannya: Kain berukuran 2,5 meter X 3 meter dibentangkan dalam jarak sepuluh meteran. di dalam Kaen itu dilukis target perusahaaan dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai tanda harapan bersama. diberi ruang kosong untuk di tembak. peralatan tembak nya dari paint ball, Dimana setiap tim akan secara bergantian melakukan tembakan didalam Kain tsb.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksinya … Pilih 3 peserta setiap tim. bikin mumi dari tisue yang dibagikan. Cuma ada 6 gulung tisue toilet tiap kelompok. maka setiap orang Cuma dua gulung tisue & mesti bisa membikin mumy sebisa mungkin
Nilai yang di gapai
- Memakai bahan seadanya dengan 2 gulung tisu bisa membungkus semua badan orang.
- totalitas & Loyalitas anggota yg di buat mummy (jadi Valuenya, tiap lembaga memerlukan orang orang seperti ini yang rela berkorban demi keinginan bersama)
- Strategi, dimana tiap kelompok yang sanggup melihat peluang dan hambatan, kesempatan berhasil dengan menggunakan anggota yg kecil kurus. Jadi Bila team sanggup melihat pastinya akan memilih peserta yang kecil kurus. tapi Bila tim nggak dapat melihat peluang pastinya akan memakai anggota asal asalan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dari cover, bentuk maupun hasil. tetapi tiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap kelompok dibagikan kain ataupun terpal ukurannya 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali – tali dan pada tali di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi semua anggota. lalu di berikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan peraturan menukar & terpal maupun kain enggak boleh terjatuh ke tanah. tiap anggota yg bertukar mesti mengambil 1 kertas tsb tanpa membuka nya. setelah waktu habis peserta kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas yg di peroleh setiap orang.
Peserta yang Mengerjakan pertukaran dengan tepat akan memperoleh min 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Inti Permainan:
- Komando, biar enggak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, peserta agar nggak berada di posisi yg sama.
- Strategi, biar setiap orang dapat punya peluang berpindah & merampungkan tugas.
- Pemahaman situasi dengan memperhatikan tempat & kawan jadi pertukaran dapat berjalan secara baik.
- Mengesampingkan keegoisan karena Bila setiap orang mau berpindah lebih dahulu, orang yg akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yang di peroleh dipos 3 bisa di kumpulkan jadi satu didalam grup. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem). tiap tim bisa menyusun gambar yang didapatkan dipos 3 didalam papan yang memberikan makna dan esensi. seusai selesai maka dipresentasikan maupun direview arti dari papan itu.
Ini merupakan salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Bila dilakukan dengan benar & tepat dapat menciptakan sebuah kelompok yg kuat & kompak, & bagi suatu lembaga faktor ini penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya biar punya loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Area Amazing Race Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Bagi kalian yang hendak melaksanakan wisata outbound dapat menelpon kita.