Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race merupakan sebuah permainan di alam bebas yang sangat membutuhkan kekompakan di dalam sebuah kelompok. Seluruh tim amazing race dikasih petunjuk untuk menuju area tertentu. Di tiap tempat amazing race yang peserta singgahi terdapat game yang harus mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi berikutnya. Sampai peserta akhirnya sampai di area terakhir. Amazing Race sekarang ini amat digemari oleh beberapa lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race outbound ini benar-benar mengasyikan karena lokasi berganti-ganti dan enggak monoton layaknya outbound biasa. Di dalam amazing race banyak gim-gim yang asyik yang sifatnya kompetitif.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kapasitas individu dalam mengembangkan kelompok.
- Meningkatkan serta sharing pengalaman di dalam hal motivasi individu dan motivasi team, menaikan rasa PD, dan kreativitas.
- Menggapai pertumbuhan personal dan tim yang diarahkan pada sasaran perusahaan, salah satu di dalamnya adalah rasa saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Mengembangkan mutu dan kwalitas kepemimpinan dengan kemampuan personal di dalam keterbukaan mengatasi problem dan membangun budaya kerja yang tepat.
- Membentuk kepemimpinan personal dan kepemimpinan di dalam team
Berbagai Type Amazing Race
- Amazing Race di satu lokasi
Kegiatan amazing race outbound di 1 tempat tentu dapat menghemat modal. Area yang dipilih sedapat mungkin lapang dan terdiri dari beberapa area yang natural, salah satunya: Kebun binatang, objek wisata.
Pertama pemain dibagi menjadi beberapa tim. Kemudian mereka dikasih panduan arah lokasi berikut yang bakal mereka datangi. Jika berlokasi di kebun binatang, maka peserta bakal mengarah ke beragam tempat kandang binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara detail dinyatakan kontestan mesti mencari tahu nama latin hewan itu.
Di lokasi yang kontestan datangi, mereka akan memperoleh game diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di tempat tinggal hewan atau tempat tertentu
- Joget ataupun bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Perlombaan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana peserta wajib merampungkan aktivitas) akan di tentukan dalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot merupakan tempat dimana pemain wajib beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi finish yang wajib kontestan tuju dan menentukan juara perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Apabila Kamu lebih senang tantangan seperti petualangan di alam bebas, maka outbound amazing race pada gunung adalah opsi yang cocok. Supaya para kontestan bisa melaksanakan perlombaan dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberikan petunjuk masalah navigasi (mendapatkan arah yang sesuai) dan jungle survivor (kalau game 2 hari 1 malam di perbukitan ataupun hutan
Salah satu arahan dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik supaya enggak tersesat
- Mendirikan tenda
- Menggunakan alat masak versi jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah-buahan yang dapat dan tidak bisa dimakan
- Cara memperoleh air minum (kalau stok air minum habis, dan lain sebagainya
Dalam teknik pertandingan, mereka wajib mempunyai tim pemantau yg telah berpengalaman didalam jungle survivor. Maka tidak akan ada yg tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misal Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. dalam Kain itu dilukis target perusahaaan di dalam beberapa space, maupun logo perusahaan sebagai tanda keinginan bareng. di beri space kosong untuk di tembak. peralatan tembak nya berasal dari paint ball, Dimana setiap tim akan bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen tersebut.
Pilar 2: Efektif Memakai anggaran
Instruksi nya … pilihlah 3 org tiap tim. bikin mumy dr tisue yang di berikan. Cuma terdapat enam gulung tisue WC tiap tim. Jadi setiap peserta Hanya 2 gulung tisue dan mesti dapat membikin mumi sebisa mungkin
Poin yg di capai
- Memakai sumber daya seada nya dengan dua gulung tissu bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas anggota yang di jadikan mumy (jadi Nilainya, tiap lembaga memerlukan orang – orang seperti ini yang mau mengorbankan diri demi harapan bersama)
- Strategi, dimana setiap tim yang dapat melihat peluang dan tanangan, peluang berhasil dengan memilih peserta yang kecil kurus. Sehingga Jika kelompok sanggup melihat tentunya akan memakai orang yang kecil kurus. tapi Jikalau kelompok nggak mampu melihat peluang pasti akan menggunakan orang sembarangan.
- Jangan menganalisis segala sesuatu dr bentuk, cover maupun hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap tim di bagikan terpal maupun kain ukuran 3 meter X 3 meter. disisinya di bagikan utasan tali-tali & di talinya di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua anggota. Kemudian diberikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lainnya dengan peraturan bertukar dan terpal atau kain tidak boleh terjatuh kebawah. setiap anggota yang bertukar mesti ambil 1 kertas kecil tsb tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai peserta berkumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di dapatkan setiap anggota.
Anggota yang Melaksanakan pertukaran dengan baik akan memperoleh minim 10 kertas dengan gambar yang lain lain.
Kunci Permainan:
- Komando, biar enggak tabrakan ketika pindah.
- Komunikasi, peserta biar tidak berada di titik yang sama.
- Strategi, biar tiap anggota dapat mempunyai peluang rotasi & menyelesaikan tugas.
- Pengetahuan lingkungan dengan memperhatikan tempat & kawan jadi rotasi bisa berjalan tepat.
- Mengesampingkan ego karena Kalau setiap anggota mau berpindah lebih dulu, anggota yang terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yang diperoleh dititik 3 bisa dikumpulkan jadi satu didalam group. dibagikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. setiap group dapat menyusun gambar yang di dapatkan di pos tiga dalam papan yg memberi makna dan esensi. seusai selesai kemudian dipresentasikan maupun direview maksud dari papan itu.
Inilah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yang Jika dilakukan dengan tepat dan benar dapat menghasilkan sebuah kelompok yg kompak dan kuat, & buat sebuah instansi kondisi ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya biar memiliki loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Tempat Amazing Race Outbound Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Untuk kamu yang mau melaksanakan kegiatan outbound dapat mengontak kita.