Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound adalah sebuah aktivitas di luar ruangan yang amat butuh kerjasama didalam suatu team. Semua team outbound amazing race dikasih pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap-tiap tempat amazing race yang kontestan singgahi ada permainan yang mesti peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi selanjutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound saat ini sangat diminati oleh banyak lembaga pemerintah maupun perusahaan outbound amazing race ini sangat seru karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton layaknya jenis outbound biasa. Didalam amazing race outbound banyak game-game yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Goal Amazing Race
- Meningkatkan kepiawaian pribadi dalam mengembangkan tim.
- Meningkatkan serta berbagi ilmu di dalam hal motivasi personal dan memotivasi tim, menambah rasa percaya diri, dan kinerja.
- Menggapai perkembangan personal dan tim yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu rasa saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Membangun mutu dan kualitas leadership dengan kepiawaian individu dalam keterbukaan menangani problem dan membentuk karakter kerja yang sesuai.
- Membangun leadership personal dan kepemimpinan dalam team
Berbagai Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race di satu lokasi
Kegiatan amazing race pada satu area tentunya dapat menghemat modal. Area yang digunakan sebisa mungkin luas dan ada berbagai area yang asri, salah satunya: Kebun binatang, area wisata.
Pertama-tama anggota dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian mereka diberi pedoman arah area berikut yang akan kontestan singgahi. Kalau berlokasi di kebun binatang, maka mereka akan mengarah ke beberapa lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara gamblang disampaikan mereka wajib mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang kontestan singgahi, kontestan akan mendapat game diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di sarang binatang ataupun area tertentu
- Bernyanyi ataupun menari sesuai dengan intruksi, dan sebagainya.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Kegiatan amazing race outbound diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta mesti menuntaskan permainan) bakal ditetapkan dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan area dimana peserta mesti istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat terakhir yang wajib pemain tuju dan menentukan pemenang perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Kalau Anda lebih suka perlombaan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race pada gunung ialah opsi yang tepat. Agar para kontestan mampu melaksanakan perlombaan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberi arahan masalah navigasi (mencari arah yang pas) dan jungle survivor (jika kegiatan dua hari satu malam di gunung maupun alas
Contoh pengarahan didalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik biar tidak tersesat
- Membikin tenda
- Menggunakan alat dapur buatan jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah-buahan yang boleh dan enggak dapat dikonsumsi
- Cara mendapat air minum (kalau stok habis, dan lain-lain
Didalam teknik pertandingan, mereka harus mempunyai tim pemantau yg sudah berpengalaman didalam jungle survivor. Sehingga enggak akan ada yg tersesat. Tim pemantau akan memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misalnya Game dengan Target
Permainannya: Kaen ukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan didalam jarak 10 meteran. di dalam Kain itu di lukis target target perusahaaan didalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. Di kasih space blank untuk di tembak. Alat tembaknya berasal dari paint ball, Di mana setiap akan akan bergantian melakukan tembakan dalam Kain itu.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi nya … Pilih tiga orang tiap team. bikin mumy dari tisue yg di bagikan. Hanya ada 6 gulung tissu WC setiap team. maka tiap peserta Hanya 2 gulung tissu dan wajib dapat Buat mumi sebisa mungkin
Poin yang di capai
- Menggunakan bahan seada nya dengan dua gulung tisu dapat membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg dibuat mumy (jadi Nilainya, tiap perusahaan membutuhkan orang orang seperti ini yg rela mengorbankan diri demi tujuan bareng)
- Strategy, di mana tiap tim yang dapat melihat kesempatan & tanangan, peluang berhasil dengan memilih peserta yg kecil. Jadi Apabila tim bisa melihat tentu saja akan memilih orang yang kecil. akan tetapi Apabila team tidak sanggup menganalisis peluang pastinya akan menggunakan orang sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. namun tiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap group diberikan kain atau terpal ukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya dibagikan utasan tali-tali dan pada tali di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan didalamnya. kain maupun terpal di bentangkan dengan memegang tali tali tadi semua orang. Kemudian diberikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan berpindah dan kain atau terpal tidak boleh jatuh ke tanah. setiap orang yang bertukar mesti ambil 1 kertas kecil tsb tanpa membuka nya. sehabis waktu habis orang berkumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas yg di peroleh setiap orang.
Orang yang Mengerjakan rotasi dengan tepat akan mendapatkan min 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Kunci Game:
- Komando, supaya tak tabrakan saat rotasi.
- Komunikasi, anggota supaya gak berada di titik yg sama.
- Strategy, agar tiap orang bisa memiliki peluang berpindah & menyelesaikan tugasnya.
- Pemahaman situasi dengan memperhatikan tempat dan kawan jadi rotasi akan berjalan secara baik.
- Mengesampingkan ego sebab Jikalau setiap peserta ingin pindah lebih dahulu, orang yang akhir akan kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yg di dapatkan ditempat tiga bisa di kumpulkan menjadi 1 di dalam grup. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). tiap group bisa menyusun gambar yg di peroleh ditempat tiga didalam papan yang memberikan makna dan esensi. sehabis selesai akan dipresentasikan atau direview maksud dari papan itu.
Ini adalah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Kalau dilakukan secara benar & tepat dapat menciptakan suatu kelompok yg kompak dan kuat, dan bagi suatu perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan biar mempunyai loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Untuk kalian yang hendak mengikuti wisata outbound bisa mengontak kami.