Amazing Race
Amazing Race Outbound ialah suatu aktivitas di luar ruangan yang benar-benar butuh teamwork di dalam satu tim. Seluruh tim amazing race outbound diberi panduan untuk mencapai area tertentu. Di tiap tempat outbound amazing race yang kontestan singgahi ada tantangan yang mesti kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat selanjutnya. Hingga mereka pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race saat ini sangat digandrungi oleh berbagai perusahaan maupun lembaga pemerintah amazing race ini sangat asyik karena lokasi berganti-ganti dan tidak monoton seperti jenis outbound biasa. Di dalam amazing race terdapat permainan yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Goal Amazing Race
- Meningkatkan kepiawaian individu didalam membentuk kelompok.
- Meningkatkan dan sharing pengalaman dalam hal motivasi individu dan motivasi kelompok, menambah rasa percaya diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan individu dan tim yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, salah satu didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membentuk mutu dan kualitas jiwa leadership dengan kapasitas pribadi dalam keterbukaan menangani problem dan membangun karakter kerja yang sesuai.
- Membentuk jiwa leadership personal dan leadership di dalam team
Beragam Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race di 1 tempat
Permainan outbound amazing race pada 1 area tentunya dapat menghemat biaya. Lokasi yang dipilih sebisa mungkin luas dan terdapat beragam area yang alami, salah satunya: Taman margasatwa, objek wisata.
Di awal kontestan dipisah jadi beberapa tim. Mereka lalu dikasih panduan arah lokasi berikutnya yang akan kontestan tuju. Apabila bertempat di kebun binatang, maka peserta bakal mengarah ke beragam tempat sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara detail dinyatakan peserta wajib mencari tahu nama latin binatang itu.
Di tempat yang peserta singgahi, peserta bakal mendapatkan tantangan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di kandang binatang ataupun area tertentu
- Bernyanyi atau bergaya sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Kegiatan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta mesti menuntaskan perlombaan) akan ditetapkan dalam clue yang diberikan.
- Break Spot merupakan area dimana kontestan harus beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat finish yang harus kontestan tuju dan memutuskan pemenang perlombaan.
- Amazing Race di Gunung
Jika Kalian lebih menyukai kegiatan seperti petualangan di alam lepas, maka outbound amazing race pada gunung merupakan pilihan yang pas. Biar semua peserta dapat menjalankan game dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberi arahan masalah navigasi (mendapatkan jalan yang tepat) dan jungle survivor (jika kegiatan dua hari satu malam di pegunungan ataupun hutan
Contoh pengarahan didalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan strategi agar tidak tersesat
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat-alat dapur versi jungle survivor
- Mencari sayuran dan buah yang bisa dan tidak bisa dikonsumsi
- Tips mendapatkan air minum (jika persediaan air minum habis, dan sebagainya
Didalam teknis permainan, mereka mesti mempunyai tim pemantau yang telah ahli didalam jungle survivor. Sehingga tak akan ada yg tersesat. Tim pemantau akan memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Contoh Game dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan didalam jarak 10 meteran. dalam Kain ini dilukis target target perusahaaan didalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai simbol tujuan bersama. Dikasih tempat kosong untuk di tembak. peralatan tembak nya berasal dari paint ball, Di mana setiap tim akan bergantian menembak didalam Kaen ini.
Pilar 2: Efektif Memakai anggaran
Instruksi … pilihlah 3 org setiap kelompok. membuat mumy dari tisue yg diberikan. Cuma terdapat 6 gulung tisue WC setiap tim. maka setiap orang Cuma dua gulung tissu dan harus bisa Buat mumi seefektif mungkin
Point yg di capai
- Menggunakan sumber daya seada nya dengan dua gulung tissu bisa membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas & totalitas peserta yg di jadikan mumy (jadi Valuenya, tiap lembaga membutuhkan orang seperti ini yang mau mengorbankan diri demi keinginan bareng)
- Strategy, di mana setiap team yang dapat menganalisis kesempatan dan rintangan, peluang berhasil dengan memilih peserta yang kurus kecil. Jadi Kalau tim mampu menganalisis tentu akan memilih orang yang kecil. tetapi Jika tim enggak dapat melihat peluang tentu saja akan memilih peserta asal asalan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk atau hasil. akan tetapi tiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap tim di berikan kain ataupun terpal ukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di berikan utasan tali-tali dan di talinya ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh peserta. Kemudian dibagikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yg lain nya dengan aturan menukar & terpal maupun kain tidak boleh terjatuh kebawah. tiap anggota yg berpindah mesti ambil 1 kertas ini tanpa membukanya. sehabis waktu habis peserta berkumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas yg diperoleh setiap peserta.
Orang yg Melaksanakan rotasi dengan tepat akan memperoleh minim 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar gak berbenturan pada saat rotasi.
- Komunikasi, peserta biar nggak menempati titik yg sama.
- Strategi, agar setiap orang bisa punya kesempatan rotasi dan merampungkan tugas.
- Pemahaman situasi dengan melihat kawan dan tempat jadi pertukaran bisa berjalan baik.
- Menghilangkan keegoisan sebab Apabila setiap orang akan pindah terlebih dulu, orang yg akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yg di peroleh dipos tiga dapat di kumpulkan menjadi satu didalam tim. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). tiap group akan menyusun gambar yang di peroleh dipos 3 dalam sebuah papan yang memberi esensi & makna. setelah selesai kemudian direview ataupun dipresentasikan arti dari papan display tersebut.
Inilah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race yang Jika diterapkan dengan tepat & benar bisa menciptakan sebuah tim yg kompak dan kuat, & bagi suatu instansi faktor ini penting sekali untuk melatih setiap karyawannya supaya punya loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Untuk kamu yang ingin mengikuti wisata outbound bisa mengontak kami.