Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah satu aktivitas di luar ruangan yang benar-benar memerlukan kekompakan didalam sebuah group. Setiap kelompok amazing race dikasih panduan untuk menuju lokasi tertentu. Di setiap tempat outbound amazing race yang kontestan tuju terdapat permainan yang mesti peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi selanjutnya. Hingga peserta akhirnya finish di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini begitu digandrungi oleh berbagai perusahaan maupun lembaga pemerintah amazing race ini benar-benar asyik karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya outbound biasa. Di dalam outbound amazing race terdapat gim-gim yang seru yang sifatnya kompetisi.
Goal Amazing Race Outbound
- Menambah kepiawaian pribadi dalam membangun tim.
- Menaikan serta berbagi pengetahuan di dalam hal motivasi individu dan motivasi team, meningkatkan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Menggapai pertumbuhan pribadi dan tim yang dipusatkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membangun kwalitas dan mutu jiwa leadership dengan kemampuan pribadi dalam keterbukaan mengatasi masalah serta membangun budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan leadership personal dan leadership dalam team
Beragam Type Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race pada satu lokasi
Game amazing race pada 1 area tentunya bisa menghemat biaya. Area yang dipakai sedapat mungkin lapang dan ada berbagai tempat yang natural, salah satunya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama anggota dikelompokan menjadi beberapa tim. Mereka lalu dikasih pedoman arah tempat berikut yang bakal kontestan singgahi. Kalau berada di kebun binatang, maka kontestan bakal pergi ke berbagai lokasi kandang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal hewan tidak secara detail dinyatakan mereka mesti mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang mereka datangi, kontestan akan memperoleh permainan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di kandang hewan ataupun tempat tertentu
- Joget atau bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain sebagainya.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Permainan amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana kontestan wajib merampungkan perlombaan) akan di tentukan di dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan area dimana pemain harus beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang wajib kontestan tuju dan menentukan juara permainan.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Bila Kalian lebih menyukai tantangan seperti petualangan di alam lepas, maka amazing race outbound di perbukitan merupakan referensi yang pas. Agar para kontestan dapat melakukan permainan dengan pas, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk masalah navigasi (menemukan jalan yang tepat) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari satu malam di perbukitan ataupun hutan
Contoh pengarahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik agar enggak tersesat
- Membikin tenda
- Menggunakan alat masak versi jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah yang boleh dan enggak bisa dikonsumsi
- Tips memperoleh air minum (kalau stok habis, dan lain-lain
Didalam teknis permainan, mereka wajib punya team pemantau yang telah expert didalam jungle survivor. Jadi tak akan ada yg tersesat. Tim pemantau dapat memantau pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. dalam Kain ini dilukis target perusahaaan dalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai tanda tujuan bareng. diberi ruang kosong untuk di tembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Di mana segala akan akan secara bergantian menembak didalam Kaen itu.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi nya … pilihlah 3 orang setiap kelompok. Buat mumi dari tissu yg di bagikan. Hanya terdapat enam gulung tissu WC tiap tim. maka setiap orang Hanya dua gulung tisu & mesti dapat membuat mumy seefektif mungkin
Value yg di gapai
- Memakai bahan seada nya dengan dua gulung tisue dapat membungkus seluruh badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yg dibuat mumi (jadi Nilainya, tiap industri memerlukan orang – orang semacam ini yg rela berkorban demi keinginan bersama)
- Strategi, di mana tiap tim yg dapat melihat peluang dan rintangan, kesempatan berhasil dengan memilih peserta yg kecil kurus. Maka Apabila tim mampu menganalisis pasti akan memakai anggota yg kecil kurus. tetapi Jikalau kelompok enggak dapat melihat peluang tentu akan memakai peserta asal asalan.
- Dilarang menganalisis sesuatu dr cover, bentuk atau hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan mesti di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap group dibagikan kain ataupun terpal ukurannya 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di berikan utasan tali tali dan pada talinya ditaruh kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan didalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh orang. Kemudian diberikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yang lainnya dengan aturan berpindah & kain maupun terpal tak boleh terjatuh kebawah. setiap peserta yang bertukar harus mengambil 1 kertas tsb tanpa membuka nya. seusai waktu habis peserta berkumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas yg di peroleh setiap orang.
Peserta yg Melaksanakan pertukaran secara tepat akan mendapatkan minimal 10 kertas dengan gambar yang berbeda beda.
Kunci Permainan:
- Komando, biar nggak tabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, peserta supaya tak menempati posisi yg sama.
- Strategi, biar tiap orang dapat punya kesempatan berpindah & menyelesaikan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan memperhatikan tempat dan kawan jadi rotasi bisa berjalan tepat.
- Merendahkan keegoisan sebab Jika tiap peserta ingin berpindah lebih dulu, orang yg terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yg didapatkan dipos 3 bisa di kumpulkan menjadi satu dalam tim. di berikan papan sterofom & peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem). tiap grup dapat menyusun gambar yg diperoleh ditempat 3 dalam sebuah papan yang memberi esensi dan makna. seusai selesai kemudian dipresentasikan maupun direview arti dari papan display tersebut.
Ini adalah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Kalau dilakukan dengan benar & tepat bisa menciptakan suatu grup yg kuat dan kompak, & untuk sebuah perusahaan faktor ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawannya supaya punya loyalitas kepada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Tempat Amazing Race Di Bandung
Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya.
Bagi kalian yang hendak mengikuti kegiatan outbound bisa menelpon kami.