Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah suatu permainan di luar ruangan yang benar-benar membutuhkan kerjasama di dalam sebuah kelompok. Semua group outbound amazing race diberi panduan untuk menuju tempat tertentu. Di tiap tempat outbound amazing race yang mereka datangi terdapat game yang mesti mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke area selanjutnya. Sampai mereka pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race saat ini amat digandrungi oleh berbagai perusahaan atau instansi pemerintah outbound amazing race ini sangat mengasyikan karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton seperti jenis outbound lainnya. Didalam amazing race outbound banyak game-game yang asyik yang sifatnya kompetisi.
Tujuan Amazing Race
- Menambah kepiawaian pribadi dalam membangun kelompok.
- Meningkatkan dan sharing ilmu di dalam hal memotivasi individu dan memotivasi team, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Menggapai perkembangan individu dan kelompok yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Membangun kualitas & mutu jiwa leadership dengan kepiawaian personal di dalam keterbukaan menangani problem dan membangun budaya kerja yang sesuai.
- Membangun kepemimpinan personal dan leadership dalam team
Beragam Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race di satu area
Aktivitas amazing race outbound pada 1 area pasti dapat hemat modal. Tempat yang digunakan sedapat mungkin lapang dan terdapat berbagai tempat yang unik, salah satunya: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama-tama pemain dibagi jadi beberapa team. Mereka lalu dikasih pedoman arah tempat selanjutnya yang bakal mereka singgahi. Jika berlokasi di taman margasatwa, maka peserta bakal mengarah ke berbagai lokasi kandang binatang tertentu. Petunjuk sarang hewan enggak secara detail disampaikan peserta mesti mencari tahu nama latin binatang itu.
Di area yang peserta kunjungi, kontestan akan mendapat tantangan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di sarang binatang maupun tempat tertentu
- Berjoget atau menari sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Adventure
- Perlombaan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti menuntaskan aktivitas) bakal ditetapkan didalam clue yang diberikan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana kontestan wajib berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi akhir yang mesti peserta tuju dan memutuskan juara game.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Kalau Kamu lebih senang kegiatan dengan jenis adventure di alam lepas, maka outbound amazing race di pegunungan adalah referensi yang sesuai. Agar seluruh kontestan bisa menjalankan perlombaan dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberi pengarahan masalah navigasi (mencari arah yang pas) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari satu malam di pegunungan atau hutan
Salah satu arahan di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan kompas dan teknik supaya enggak kesasar
- Membuat tenda
- Menggunakan alat-alat masak versi jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah yang bisa dan tidak dapat dimakan
- Trik memperoleh air minum (apabila stok air minum habis, dan sebagainya
Didalam teknik pelaksanaan, mereka harus punya team pemantau yang sudah berpengalaman didalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yg tersesat. Tim pemantau dapat memantau pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Kegiatan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 2,5 meter x 3 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. dalam Kain tersebut di gambar target target perusahaaan dalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. di beri tempat kosong untuk ditembak. peralatan tembak dari paint ball, Di mana seluruh tim akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen ini.
Pilar 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksi … pilihlah 3 orang setiap kelompok. Buat mummy dr tisue yg di bagikan. Cuma ada 6 gulung tissu toilet setiap kelompok. Jadi tiap peserta Cuma 2 gulung tisu dan mesti bisa Buat mumy sebisa mungkin
Nilai yang dicapai
- Mengotimalkan sumber daya seada nya dengan dua gulung tisue dapat membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas anggota yg dibuat mummy (jadi Valuenya, setiap instansi membutuhkan orang-orang semacam ini yang mau berkorban demi tujuan bersama)
- Strategi, dimana setiap tim yg sanggup menganalisis kesempatan & rintangan, peluang berhasil dengan menggunakan peserta yg kecil. Jadi Apabila kelompok bisa menganalisis pasti akan memakai anggota yang kecil. tetapi Jika kelompok enggak bisa melihat peluang tentu akan menggunakan peserta sembarangan.
- Dilarang menganalisis sesuatu dari cover, bentuk maupun hasil. namun tiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap tim di bagikan kain ataupun terpal ukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali-tali & di talinya ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. kain maupun terpal di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua peserta. lalu di bagikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan bertukar dan terpal atau kain tak boleh terjatuh ketanah. tiap orang yang berpindah harus mengambil satu kertas tsb tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta kumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas yg di peroleh tiap anggota.
Peserta yg Melakukan rotasi secara tepat akan mendapat min 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, supaya enggak tabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, peserta supaya tidak berada di tempat yg sama.
- Strategi, agar tiap orang bisa mempunyai peluang rotasi dan merampungkan tugas.
- Pengetahuan situasi dengan memperhatikan kawan dan tempat sehingga rotasi bisa berjalan secara baik.
- Merendahkan keegoisan karena Jikalau setiap orang ingin pindah terlebih dahulu, orang yg terakhir bisa kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yg didapatkan dipos tiga dapat dikumpulkan jadi 1 didalam grup. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas). tiap group dapat menyusun gambar yang didapatkan dipos tiga di dalam sebuah papan yg memberi esensi & makna. seusai selesai kemudian dipresentasikan ataupun direview pamaknaan dari papan display itu.
Inilah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race yg Jika dilakukan secara tepat & benar bisa menjadikan sebuah kelompok yg kuat & kompak, & bagi sebuah instansi hal ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan nya supaya memiliki loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Tempat Amazing Race Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Bagi Anda yang hendak melaksanakan aktivitas outbound silahkan mengontak kita.