Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah suatu permainan di luar ruangan yang amat butuh kekompakan di dalam satu tim. Semua team amazing race outbound dikasih pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap-tiap lokasi amazing race outbound yang kontestan datangi ada permainan yang mesti mereka ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat selanjutnya. Sampai mereka akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digemari oleh banyak perusahaan atau instansi pemerintah amazing race ini amat asyik karena lokasi berganti-ganti dan tidak monoton seperti jenis outbound lainnya. Dalam outbound amazing race banyak gim-gim yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Goal Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kemampuan individu di dalam membentuk kelompok.
- Menaikan dan sharing pengalaman didalam hal motivasi individu dan motivasi kelompok, menambah rasa PD, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan personal dan team yang diarahkan pada tujuan perusahaan, salah satu didalamnya yaitu rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membangun mutu & kwalitas leadership dengan kapasitas individu di dalam keterbukaan menangani konflik dan membangun kebiasaan kerja yang tepat.
- Mengembangkan kepemimpinan pribadi dan jiwa leadership didalam team
Berbagai Jenis Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada satu area
Game amazing race outbound di satu area tentu dapat menghemat biaya. Tempat yang digunakan semaksimalkan mungkin lapang dan ada beberapa tempat yang alami, salah satu contoh: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama-tama anggota dibagi jadi beberapa kelompok. Lalu mereka diberi petunjuk jalan lokasi berikut yang bakal mereka tuju. Apabila bertempat di taman margasatwa, maka kontestan bakal mengarah ke berbagai lokasi sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara detail dinyatakan peserta wajib mengetahui nama latin hewan itu.
Di area yang kontestan kunjungi, kontestan bakal mendapat tantangan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di sarang hewan atau tempat tertentu
- Joget atau menari sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Aktivitas amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib menyelesaikan aktivitas) akan di tentukan dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot adalah tempat dimana peserta harus beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area terakhir yang mesti pemain tuju dan menetapkan pemenang game.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Bila Kalian lebih suka kegiatan dengan jenis petualangan di alam lepas, maka outbound amazing race di gunung ialah referensi yang tepat. Supaya semua peserta mampu melakukan game dengan sesuai, maka harus ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (menemukan jalan yang sesuai) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari 1 malam di perbukitan ataupun alas
Salah satu pengarahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan taktik biar tidak kesasar
- Mendirikan tenda
- Memakai alat-alat masak versi jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang boleh dan tidak boleh dimakan
- Cara mendapat air minum (apabila persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Didalam teknik pertandingan, mereka wajib punya team pemantau yg telah berpengalaman dalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yang kesasar. Team pemantau dapat memantau pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misalnya Permainan dengan Target
Gamenya: Kain berukuran 3 meter x 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meter. dalam Kain itu dilukis target target perusahaaan didalam beberapa tempat, maupun logo perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. di beri tempat kosong untuk ditembak. peralatan tembaknya dari paint ball, Di mana semua tim akan secara bergantian melakukan tembakan dalam Kaen tersebut.
Pilar 2: Efektif Memakai dana
Instruksi … Pilih tiga org tiap kelompok. Buat mumi dr tisue yg dibagikan. Cuma ada enam gulung tisu WC tiap kelompok. maka tiap orang Cuma dua gulung tissu & mesti bisa bikin mummy sebisa mungkin
Point yang di capai
- Memaksimalkan sumber daya seada nya dengan dua gulung tissu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas & Loyalitas anggota yg di buat mummy (jadi Nilainya, setiap instansi memerlukan orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi harapan bersama)
- Strategi, dimana tiap tim yang dapat menganalisis peluang dan hambatan, peluang berhasil dengan menggunakan orang yg kecil kurus. Jadi Apabila team mampu melihat tentunya akan menggunakan peserta yang kurus kecil. akan tetapi Jika kelompok gak bisa melihat kesempatan tentu saja akan memilih peserta asal asalan.
- Dilarang melihat sesuatu dr bentuk, cover ataupun hasil. namun tiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap kelompok diberikan terpal maupun kain berukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya di bagikan utasan tali tali & pada tali dipasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh anggota. lalu dibagikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan bertukar dan terpal atau kain tidak boleh terjatuh ketanah. setiap orang yg bertukar wajib mengambil satu kertas itu tanpa membuka nya. setelah waktu habis orang kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas yang didapatkan setiap anggota.
Orang yg Mengerjakan rotasi secara baik akan mendapat min 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda.
Inti Game:
- Komando, agar gak tabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, orang supaya enggak menempati titik yang sama.
- Strategi, agar tiap anggota dapat mempunyai kesempatan berpindah dan merampungkan tugasnya.
- Wawasan lingkungan dengan memperhatikan kawan dan tempat jadi pertukaran bisa berjalan baik.
- Mengesampingkan ego sebab Jika tiap peserta ingin berpindah terlebih dahulu, peserta yg terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yang di peroleh dipos 3 dapat di kumpulkan jadi satu didalam group. diberikan papan sterofom dan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). tiap grup akan menyusun gambar yang di peroleh dipos 3 didalam papan yg memberikan esensi dan makna. sesudah selesai kemudian dipresentasikan ataupun direview maksud dari papan display tsb.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yang Apabila diterapkan secara benar dan tepat dapat menjadikan sebuah kelompok yang kuat & kompak, & bagi suatu instansi kondisi ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan biar punya loyalitas pada perusahaan & menambah semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Tempat Amazing Race Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Untuk Anda yang ingin mengikuti aktivitas outbound dapat mengontak kita.