Outbound Amazing Race
Amazing Race adalah satu permainan di luar ruangan yang sangat memerlukan kekompakan di dalam satu tim. Setiap kelompok amazing race dikasih petunjuk untuk menuju area tertentu. Di setiap area amazing race yang kontestan singgahi terdapat permainan yang mesti mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke area selanjutnya. Hingga peserta akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race saat ini begitu diminati oleh beberapa instansi pemerintah atau perusahaan amazing race outbound ini sangat mengasyikan karena tempat berganti-ganti dan tidak monoton layaknya outbound umumnya. Dalam outbound amazing race terdapat gim-gim yang asyik yang bersifat kompetisi.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kepiawaian personal di dalam membangun kelompok.
- Menambah dan berbagi pengalaman di dalam hal memotivasi personal dan memotivasi kelompok, menambah rasa PD, dan produktivitas.
- Mencapai perkembangan individu dan kelompok yang diarahkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Membangun mutu & kwalitas kepemimpinan dengan kemampuan individu dalam keterbukaan menangani masalah dan mengembangkan karakter kerja yang pas.
- Membangun kepemimpinan pribadi dan leadership dalam team
Beberapa Tipe Outbound Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada satu area
Aktivitas amazing race outbound pada satu lokasi tentu bisa menghemat modal. Tempat yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan terdapat berbagai lokasi yang asri, seperti misalnya: Kebun binatang, objek wisata.
Di awal peserta dipisah menjadi beberapa tim. Lalu mereka dikasih petunjuk jalan area berikutnya yang akan peserta datangi. Bila berada di kebun binatang, maka kontestan akan mengarah ke beberapa area sarang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara jelas dinyatakan kontestan mesti mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di area yang mereka tuju, mereka bakal mendapatkan game seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di tempat tinggal hewan maupun tempat tertentu
- Berjoget maupun menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Adventure
- Perlombaan amazing race outbound diawali dari area tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta wajib menuntaskan kegiatan) akan di tentukan di dalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana pemain harus beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah area finish yang mesti peserta tuju dan menentukan pemenang game.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Jika Kalian lebih menyukai perlombaan dengan jenis adventure di alam bebas, maka amazing race outbound di perbukitan adalah pilihan yang pas. Supaya para kontestan mampu melakukan permainan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (menemukan arah yang sesuai) dan jungle survivor (jika kegiatan 2 hari 1 malam di pegunungan maupun hutan
Contoh pengarahan dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan teknik agar enggak tersesat
- Membikin tenda
- Menggunakan peralatan masak dari jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah yang dapat dan tidak boleh dimakan
- Trik mendapatkan air minum (bila persediaan habis, dan lain sebagainya
Didalam teknis pelaksanaan, mereka harus mempunyai tim pemantau yg sudah ahli dalam jungle survivor. Sehingga gak akan ada yg kesasar. Team pemantau akan memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukuran 2,5 meter X 3 meter dibentangkan didalam jarak sepuluh meteran. didalam Kaen itu di lukis target perusahaaan dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. di beri tempat blank untuk ditembak. Alat tembaknya dari paint ball, Dimana setiap akan akan bergantian menembak di dalam Kain ini.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksi nya … Pilih 3 org setiap team. Buat mumy dari tisu yang di berikan. Cuma ada enam gulung tisu toilet tiap tim. maka per orang Cuma 2 gulung tissu & harus bisa membikin mumi seefektif mungkin
Poin yg digapai
- Memaksimalkan bahan seada nya dengan dua gulung tisue dapat membungkus semua badan orang.
- Loyalitas dan totalitas anggota yang dibuat mumi (jadi Pointnya, tiap perusahaan memerlukan orang seperti ini yang rela mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategy, di mana tiap tim yang mampu menganalisis peluang dan rintangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan orang yg kurus kecil. Jadi Bila tim bisa melihat pastinya akan menggunakan anggota yang kecil. tapi Jikalau kelompok tak mampu menganalisis peluang tentunya akan memakai peserta asal asalan.
- Tidak boleh melihat segala sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. tetapi tiap perkembangan perusahaan wajib dilihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap tim diberikan terpal ataupun kain ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali – tali & di talinya ditaruh paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. kain ataupun terpal di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua peserta. lalu di berikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan bertukar dan terpal ataupun kain nggak boleh terjatuh kebawah. tiap peserta yg bertukar mesti mengambil 1 kertas tersebut tanpa membuka nya. setelah waktu selesai peserta berkumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yg diperoleh tiap anggota.
Anggota yg Melaksanakan rotasi dengan tepat akan mendapat min 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, agar enggak berbenturan ketika rotasi.
- Komunikasi, peserta biar gak berada di titik yang sama.
- Strategy, biar setiap orang dapat memiliki kesempatan rotasi dan menyelesaikan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat kawan & tempat sehingga perpindahan bisa berjalan baik.
- Mengesampingkan ego sebab Bila setiap peserta akan pindah terlebih dulu, orang yg akhir akan kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yang di peroleh dititik tiga dapat dikumpulkan menjadi 1 dalam grup. dibagikan papan sterofom dan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas). tiap tim dapat menyusun gambar yg diperoleh ditempat 3 di dalam sebuah papan yg memberi makna & esensi. sehabis selesai kemudian dipresentasikan maupun direview arti dari display papan tersebut.
Ini adalah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race yg Apabila dilakukan secara tepat & benar akan menghasilkan suatu kelompok yg kompak dan kuat, dan bagi sebuah perusahaan faktor ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawannya agar memiliki loyalitas kepada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Bagi kamu yang hendak melaksanakan aktivitas outbound bisa mengontak kita.