Amazing Race
Amazing Race Outbound merupakan sebuah kegiatan di alam lepas yang benar-benar memerlukan kekompakan di dalam satu tim. Tiap team amazing race diberi panduan untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap tempat amazing race outbound yang kontestan singgahi terdapat game yang harus kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi selanjutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini begitu digandrungi oleh berbagai lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race ini amat seru karena area berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya outbound umumnya. Didalam outbound amazing race banyak permainan yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Menambah kemampuan personal didalam membangun team.
- Menambah serta sharing pengetahuan di dalam hal motivasi pribadi dan motivasi tim, menaikan rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Meraih perkembangan individu dan team yang diarahkan pada goal perusahaan, salah satu di dalamnya adalah rasa saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Mengembangkan kwalitas dan mutu jiwa leadership dengan kapasitas individu didalam keterbukaan mengatasi masalah serta membentuk kebiasaan kerja yang tepat.
- Mengembangkan leadership individu dan jiwa leadership dalam team
Beragam Tipe Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race pada 1 lokasi
Permainan amazing race outbound di satu lokasi pastinya akan mengirit uang. Lokasi yang dipakai semaksimalkan mungkin lapang dan terdiri dari beberapa tempat yang natural, seperti misalnya: Taman margasatwa, objek wisata.
Pertama-tama pemain dibagi jadi beberapa team. Mereka lalu diberi pedoman arah tempat selanjutnya yang bakal mereka datangi. Apabila berlokasi di taman margasatwa, maka mereka bakal pergi ke berbagai tempat sarang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara gamblang dinyatakan peserta wajib mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di area yang peserta datangi, kontestan bakal memperoleh tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di sarang binatang maupun area tertentu
- Joget ataupun menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Aktivitas amazing race outbound diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana kontestan harus menyelesaikan perlombaan) akan ditetapkan di dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot adalah area dimana pemain harus beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi terakhir yang mesti peserta tuju dan menetapkan juara perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Jika Anda lebih senang perlombaan seperti petualangan di alam bebas, maka outbound amazing race pada gunung adalah referensi yang pas. Supaya seluruh peserta mampu menjalankan permainan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberikan pengarahan tentang navigasi (menemukan arah yang sesuai) dan jungle survivor (apabila permainan 2 hari 1 malam di perbukitan ataupun hutan
Contoh arahan didalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik biar enggak kesasar
- Membuat tenda
- Menggunakan alat-alat dapur buatan jungle survivor
- Mencari sayur dan buah-buahan yang bisa dan tidak bisa dikonsumsi
- Trik mendapatkan air minum (jika stok air minum habis, dan lain-lain
Di dalam teknik permainan, mereka wajib memiliki tim pemantau yang sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Sehingga tak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misalnya Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen berukuran 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meter. di dalam Kaen ini digambar target target perusahaaan dalam beberapa space, maupun lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bareng. Dikasih tempat kosong untuk di tembak. Alat tembak nya dari paint ball, Dimana segala peserta akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kain tersebut.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi nya … Pilih 3 org setiap team. membuat mummy dari tissu yg di bagikan. Cuma terdapat enam gulung tissu toilet tiap kelompok. Jadi per org Cuma 2 gulung tisue dan wajib dapat membuat mumy sebisa mungkin
Tujuan yang di gapai
- Menggunakan bahan seadanya dengan dua gulung tisue dapat membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas peserta yang di buat mummy (jadi Pointnya, tiap perusahaan membutuhkan orang orang seperti ini yg rela berkorban demi harapan bareng)
- Strategi, dimana setiap team yg mampu melihat kesempatan dan hambatan, kesempatan berhasil dengan memilih orang yg kurus kecil. Maka Jika tim mampu melihat tentu saja akan memilih orang yang kecil kurus. namun Kalau team tidak bisa melihat kesempatan tentu saja akan memilih orang sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. tapi tiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup diberikan terpal ataupun kain berukuran 3 meter x 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali-tali & di talinya dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua peserta. lalu diberikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan menukar & kain atau terpal nggak boleh terjatuh kebawah. tiap anggota yg bertukar wajib mengambil satu kertas itu tanpa membukanya. sesudah waktu selesai anggota berkumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di peroleh tiap anggota.
Anggota yang Melaksanakan rotasi dengan baik akan mendapatkan minim 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar nggak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, anggota agar tidak menempati tempat yg sama.
- Strategy, agar setiap orang bisa punya peluang berpindah dan menyelesaikan tugas.
- Pemahaman situasi dengan melihat kawan dan tempat jadi rotasi akan berjalan baik.
- Merendahkan keegoisan sebab Jika tiap orang akan berpindah terlebih dulu, peserta yg terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yang di dapatkan dititik 3 dapat dikumpulkan jadi 1 didalam group. di berikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) dan papan sterofom. tiap tim akan menyusun gambar yg di peroleh dititik 3 dalam sebuah papan yg memberikan esensi dan makna. setelah selesai maka dipresentasikan ataupun direview maksud dari display papan tsb.
Ini ialah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Jika dilaksanakan dengan benar & tepat bisa menghasilkan sebuah group yang kompak & kuat, dan untuk suatu lembaga faktor ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan biar punya loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Area Amazing Race Di Bandung
Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole.
Untuk Anda yang hendak melaksanakan wisata outbound silahkan mengontak kami.