Amazing Race Outbound
Amazing Race Outbound merupakan satu aktivitas di luar ruangan yang sangat membutuhkan teamwork dalam suatu tim. Semua group amazing race outbound diberi petunjuk untuk mencapai area tertentu. Di tiap-tiap area amazing race outbound yang peserta tuju ada game yang mesti kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat selanjutnya. Sampai mereka akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini begitu digandrungi oleh berbagai perusahaan ataupun lembaga pemerintah amazing race ini sangat seru karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton seperti outbound biasa. Di dalam amazing race outbound banyak gim-gim yang asyik yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kapasitas personal didalam membangun kelompok.
- Meningkatkan dan sharing pengetahuan didalam hal motivasi individu dan motivasi tim, menambah rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Menggapai pertumbuhan individu dan kelompok yang dipusatkan pada goal perusahaan, termasuk di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Mengembangkan kwalitas dan mutu leadership dengan kemampuan personal di dalam keterbukaan mengatasi konflik dan membangun kebiasaan kerja yang pas.
- Membentuk jiwa leadership individu dan kepemimpinan didalam team
Beberapa Type Amazing Race
- Outbound Amazing Race di satu tempat
Aktivitas amazing race di satu lokasi tentu akan menghemat modal. Area yang dipakai sedapat mungkin lapang dan terdapat beberapa lokasi yang alami, salah satu contoh: Kebun binatang, tempat wisata.
Di awal pemain dibagi jadi beberapa tim. Kemudian mereka diberi panduan jalan area berikutnya yang akan peserta tuju. Bila berada di kebun binatang, maka mereka bakal pergi ke beberapa tempat tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang hewan tidak secara gamblang dinyatakan kontestan harus mencari tahu nama latin hewan itu.
Di area yang mereka datangi, mereka akan mendapatkan tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di sarang hewan ataupun tempat tertentu
- Joget atau bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain.
- Amazing Race Adventure
- Permainan amazing race outbound diawali dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta harus menuntaskan perlombaan) bakal ditetapkan dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot ialah area dimana kontestan harus beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat finish yang harus kontestan tuju dan menentukan pemenang game.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Jika Kalian lebih suka perlombaan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race outbound pada pegunungan adalah opsi yang sesuai. Supaya seluruh peserta bisa melaksanakan permainan dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (mendapatkan arah yang pas) dan jungle survivor (bila permainan 2 hari 1 malam di gunung atau alas
Salah satu arahan di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan taktik agar tidak kesasar
- Membuat tenda
- Menggunakan alat dapur versi jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah-buahan yang boleh dan enggak boleh dimakan
- Cara mendapat air minum (apabila persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Dalam teknik pertandingan, mereka harus memiliki team pemantau yang sudah berpengalaman dalam jungle survivor. Jadi tidak akan ada yang kesasar. Tim pemantau akan memantau arah pergerakan group tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Misal Permainan dengan Target
Permainannya: Kain berukuran 2,5 meter X 3 meter di bentangkan dalam jarak 10 meteran. di dalam Kaen itu di gambar target target perusahaaan didalam beberapa tempat, maupun lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. diberi ruang kosong untuk di tembak. Alat tembak dari paint ball, Di mana seluruh akan akan bergantian melakukan tembakan didalam Kain itu.
Pilar 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksinya … pilih saja tiga peserta setiap tim. Buat mumi dari tissu yang diberikan. Hanya terdapat 6 gulung tisu toilet tiap team. maka setiap orang Hanya dua gulung tisue dan wajib bisa bikin mumy seefektif mungkin
Point yg dicapai
- Memakai bahan seada nya dengan dua gulung tisue bisa membungkus seluruh badan orang.
- totalitas dan Loyalitas anggota yang dijadikan mumy (jadi Poinnya, setiap industri memerlukan orang-orang seperti ini yg rela berkorban demi harapan bersama)
- Strategy, dimana setiap tim yang sanggup menganalisis kesempatan & tanangan, kesempatan berhasil dengan memilih orang yang kecil kurus. Jadi Apabila team bisa melihat tentu saja akan memakai peserta yg kecil kurus. namun Jikalau tim tidak sanggup menganalisis peluang tentu akan menggunakan orang asal asalan.
- Jangan menganalisis sesuatu dr bentuk, cover atau hasil. tapi setiap peningkatan perusahaan harus dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap grup dibagikan terpal ataupun kain ukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali-tali & pada tali ditaruh kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi semua orang. Kemudian di berikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yang lainnya dengan peraturan bertukar dan terpal ataupun kain tak boleh jatuh kebawah. setiap peserta yg berpindah wajib mengambil satu kertas kecil tersebut tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta berkumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas yang di peroleh setiap anggota.
Anggota yg Mengerjakan pertukaran dengan baik akan mendapatkan min 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, agar enggak berbenturan pada saat rotasi.
- Komunikasi, peserta supaya gak menempati titik yang sama.
- Strategi, biar tiap orang dapat punya kesempatan rotasi dan merampungkan tugasnya.
- Wawasan lingkungan dengan memperhatikan tempat dan kawan jadi rotasi bisa berjalan tepat.
- Mengesampingkan keegoisan karena Jikalau tiap peserta mau pindah terlebih dulu, orang yg terakhir akan kehabisan space.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yg di peroleh dipos tiga bisa di kumpulkan menjadi satu dalam grup. di berikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) dan papan sterofom. setiap kelompok dapat menyusun gambar yg diperoleh dititik 3 dalam sebuah papan yg memberi esensi & makna. seusai selesai akan direview atau dipresentasikan pamaknaan dari display papan tsb.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Jikalau diterapkan secara tepat dan benar akan menciptakan suatu grup yg kuat dan kompak, & bagi suatu instansi hal ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawannya supaya punya loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Bagi Anda yang ingin mengikuti aktivitas outbound dapat mengontak kami.