Outbound Amazing Race
Amazing Race ialah satu aktivitas di alam lepas yang sangat butuh kekompakan di dalam suatu group. Semua tim outbound amazing race diberi petunjuk untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap area amazing race yang peserta singgahi terdapat tantangan yang mesti peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai mereka akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race sekarang ini begitu digandrungi oleh beberapa lembaga pemerintah maupun perusahaan amazing race ini benar-benar mengasyikan karena area berganti-ganti dan enggak monoton layaknya jenis outbound lainnya. Di dalam amazing race banyak gim-gim yang seru yang sifatnya kompetitif.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kepiawaian individu di dalam mengembangkan tim.
- Menaikan dan sharing ilmu di dalam hal motivasi pribadi dan motivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Meraih perkembangan personal dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk didalamnya adalah rasa saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Membentuk mutu & kualitas jiwa leadership dengan kapasitas individu dalam keterbukaan mengatasi problem dan membentuk karakter kerja yang tepat.
- Membentuk kepemimpinan individu dan kepemimpinan dalam team
Beberapa Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound di 1 area
Kegiatan amazing race pada 1 lokasi tentunya bisa mengirit uang. Lokasi yang dipakai sebisa mungkin lapang dan terdiri dari beragam tempat yang natural, salah satunya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Di awal kontestan dibagi jadi beberapa team. Mereka lalu diberi panduan jalan area berikutnya yang bakal peserta singgahi. Apabila berada di taman margasatwa, maka peserta akan menuju ke beragam lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara jelas disampaikan mereka mesti mencari tahu nama latin binatang itu.
Di lokasi yang peserta tuju, mereka akan memperoleh tantangan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di tempat tinggal binatang maupun tempat tertentu
- Bernyanyi atau bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Aktivitas amazing race outbound diawali dari area tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti merampungkan permainan) bakal ditetapkan dalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana peserta wajib beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat terakhir yang harus peserta tuju dan menentukan pemenang permainan.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Kalau Kalian lebih menyukai perlombaan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race outbound di pegunungan adalah referensi yang sesuai. Biar semua kontestan mampu melakukan game dengan sesuai, maka harus ada fasilitator yang memberikan arahan masalah navigasi (menemukan arah yang sesuai) dan jungle survivor (kalau permainan dua hari 1 malam di gunung maupun hutan
Salah satu pengarahan didalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan taktik biar enggak salah jalan
- Mendirikan tenda
- Menggunakan peralatan dapur dari jungle survivor
- Mencari sayur dan buah-buahan yang dapat dan tidak bisa dimakan
- Trik mendapatkan air minum (apabila persediaan habis, dan sebagainya
Didalam teknis permainan, mereka wajib mempunyai team pemantau yg sudah expert didalam jungle survivor. Maka tidak akan ada yg tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Game dengan Target
Permainannya: Kaen ukuran 2,5 meter X 3 meter dibentangkan didalam jarak 10 meter. di dalam Kain tersebut di gambar target perusahaaan di dalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. diberi tempat blank untuk ditembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball, Di mana segala akan akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen itu.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai dana
Instruksi nya … pilihlah tiga peserta setiap team. bikin mumy dari tisu yang di berikan. Hanya terdapat enam gulung tisue toilet setiap kelompok. maka tiap org Hanya dua gulung tisu & wajib dapat Buat mummy sebisa mungkin
Nilai yg dicapai
- Memaksimalkan bahan seadanya dengan dua gulung tisu dapat membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas dan totalitas anggota yang di buat mumi (jadi Pointnya, setiap lembaga membutuhkan orang seperti ini yang rela berkorban demi tujuan bareng)
- Strategy, di mana setiap kelompok yang dapat melihat peluang dan rintangan, peluang berhasil dengan memakai peserta yang kecil. Sehingga Jikalau team bisa menganalisis tentunya akan menggunakan anggota yang kecil kurus. tetapi Jika team gak bisa menganalisis peluang pasti akan memakai peserta sembarangan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. namun setiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap grup diberikan terpal ataupun kain berukuran 3 meter x 3 meter. disisinya di bagikan utasan tali – tali & pada tali dipasang paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua orang. lalu di bagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yang lain dengan aturan menukar & kain maupun terpal tidak boleh terjatuh ketanah. setiap anggota yang bertukar mesti mengambil satu kertas tsb tanpa membuka nya. seusai waktu habis anggota berkumpul & fasilitator mengecek dan membuka kertas yang di dapatkan setiap anggota.
Anggota yg Melakukan perpindahan dengan baik akan mendapatkan minimal 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, biar nggak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, anggota biar nggak menempati posisi yang sama.
- Strategi, agar setiap orang dapat punya peluang berpindah dan merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan mengamati tempat dan kawan sehingga perpindahan dapat berjalan secara baik.
- Menghilangkan ego sebab Jika setiap anggota ingin berpindah lebih dulu, peserta yg terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yang di peroleh dititik tiga akan dikumpulkan menjadi satu di dalam tim. di bagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) dan papan sterofom. tiap kelompok dapat menyusun gambar yang di dapatkan dititik 3 didalam sebuah papan yang memberi makna dan esensi. sehabis selesai maka dipresentasikan atau direview arti dari papan display tsb.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Apabila di terapkan dengan benar & tepat dapat menciptakan suatu tim yang kompak dan kuat, & untuk suatu perusahaan faktor ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya agar mempunyai loyalitas kepada perusahaan & menambah kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Tempat Amazing Race Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Bagi Anda yang hendak mengikuti aktivitas outbound dapat mengontak kami.