Outbound Amazing Race
Amazing Race adalah satu kegiatan di alam terbuka yang amat butuh kekompakan didalam satu team. Semua team amazing race dikasih panduan untuk mencapai area tertentu. Di tiap-tiap area outbound amazing race yang kontestan singgahi terdapat game yang wajib kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga kontestan pada akhirnya finish di tempat terakhir. Amazing Race Outbound saat ini begitu digandrungi oleh beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah outbound amazing race ini benar-benar asyik karena area berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya outbound lainnya. Di dalam outbound amazing race terdapat permainan yang seru yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kepiawaian personal didalam membangun team.
- Meningkatkan dan sharing pengetahuan dalam hal memotivasi pribadi dan memotivasi team, menambah kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan personal dan kelompok yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, salah satu di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Membentuk kwalitas & mutu jiwa leadership dengan kemampuan pribadi dalam keterbukaan menangani masalah serta membangun budaya kerja yang sesuai.
- Membentuk leadership pribadi dan kepemimpinan dalam team
Beragam Tipe Amazing Race Outbound
- Amazing Race pada 1 area
Kegiatan outbound amazing race di satu lokasi tentu akan mengirit modal. Area yang dipakai sebisa mungkin luas dan terdiri dari berbagai lokasi yang alami, salah satu contoh: Kebun binatang, area wisata.
Pertama peserta dikelompokan menjadi beberapa kelompok. Mereka lalu dikasih petunjuk jalan tempat berikutnya yang bakal mereka tuju. Bila bertempat di taman margasatwa, maka kontestan akan menuju ke beragam area kandang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara gamblang dinyatakan kontestan mesti mengetahui nama latin hewan itu.
Di area yang kontestan datangi, peserta bakal memperoleh game diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di tempat tinggal hewan maupun area tertentu
- Berjoget atau menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas amazing race dimulai dari area tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (lokasi dimana pemain harus menuntaskan kegiatan) akan di tentukan dalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot merupakan tempat dimana pemain harus beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area finish yang wajib pemain tuju dan memutuskan pemenang permainan.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Kalau Kamu lebih senang perlombaan seperti adventure di alam bebas, maka outbound amazing race di perbukitan merupakan referensi yang sesuai. Biar para pemain dapat melakukan perlombaan dengan pas, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk masalah navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (jika kegiatan 2 hari satu malam di perbukitan atau hutan
Contoh arahan di dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan teknik biar enggak tersesat
- Mendirikan tenda
- Memakai alat-alat masak buatan jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah-buahan yang dapat dan enggak boleh dimakan
- Tips memperoleh air minum (kalau stok air minum habis, dan sebagainya
Didalam teknik pelaksanaan, mereka wajib punya team pemantau yg sudah berpengalaman didalam jungle survivor. Maka gak akan ada yang tersesat. Tim pemantau bisa memantau pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Misal Game dengan Target
Gamenya: Kaen ukurannya 3 meter X 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak sepuluh meteran. di dalam Kaen tersebut digambar target perusahaaan di dalam beberapa tempat, maupun lambang perusahaan sebagai simbol harapan bareng. Dikasih space blank untuk di tembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Dimana segala akan akan bergantian melakukan tembakan dalam Kain ini.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksinya … pilihlah tiga peserta tiap tim. bikin mumy dr tisue yang dibagikan. Cuma terdapat enam gulung tisue WC setiap tim. maka setiap orang Cuma 2 gulung tisu dan harus bisa membikin mumi sebisa mungkin
Value yang dicapai
- Menggunakan sumber daya seada nya dengan dua gulung tissu bisa membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas & totalitas anggota yang dibuat mumy (jadi Poinnya, tiap instansi memerlukan orang – orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategi, di mana setiap kelompok yang dapat melihat peluang dan rintangan, peluang berhasil dengan menggunakan orang yang kecil kurus. Sehingga Bila kelompok dapat melihat tentunya akan memilih anggota yg kecil. tetapi Kalau team gak mampu melihat kesempatan pasti akan memilih anggota sembarangan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. namun tiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap grup di bagikan kain maupun terpal berukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya di bagikan utasan tali-tali & di tali ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua anggota. Kemudian diberikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan peraturan menukar dan terpal atau kain tak boleh terjatuh ketanah. setiap anggota yang berpindah wajib mengambil satu kertas ini tanpa membukanya. setelah waktu habis peserta berkumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas yang diperoleh setiap anggota.
Peserta yg Melakukan pertukaran secara tepat akan mendapatkan minimal 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.
Inti Permainan:
- Komando, biar gak berbenturan saat pindah.
- Komunikasi, orang agar enggak menempati tempat yang sama.
- Strategi, supaya tiap orang bisa mempunyai peluang rotasi dan merampungkan tugas.
- Wawasan lingkungan dengan melihat tempat dan kawan jadi pertukaran bisa berjalan tepat.
- Menghilangkan ego sebab Jika setiap orang ingin pindah terlebih dahulu, peserta yg akhir bisa kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yang di peroleh dititik 3 akan dikumpulkan jadi satu dalam tim. diberikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). setiap group akan menyusun gambar yg didapatkan ditempat tiga dalam papan yang memberi makna dan esensi. seusai selesai maka dipresentasikan ataupun direview arti dari display papan tersebut.
Ini merupakan satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Apabila di terapkan secara tepat dan benar akan menciptakan sebuah tim yg kuat & kompak, & untuk sebuah instansi hal ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan nya agar mempunyai loyalitas kepada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Untuk kalian yang ingin melaksanakan kegiatan outbound bisa menghubungi kita.