Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound ialah suatu bentuk aktivitas di alam bebas yang benar-benar membutuhkan kekompakan didalam suatu group. Tiap kelompok amazing race diberi panduan untuk menuju tempat tertentu. Di setiap lokasi amazing race outbound yang mereka tuju ada tantangan yang wajib peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat selanjutnya. Sampai kontestan pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race saat ini begitu diminati oleh beberapa lembaga pemerintah atau perusahaan outbound amazing race ini amat mengasyikan karena lokasi berpindah-pindah dan tidak monoton seperti jenis outbound biasa. Dalam amazing race outbound terdapat game-game yang asyik yang bersifat kompetisi.
Goal Outbound Amazing Race
- Menaikan kepiawaian personal didalam membentuk kelompok.
- Menambah dan sharing pengalaman dalam hal memotivasi pribadi dan motivasi tim, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Menggapai pertumbuhan personal dan team yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, salah satu didalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan mutu & kualitas kepemimpinan dengan kemampuan individu dalam keterbukaan mengatasi konflik dan mengembangkan kebiasaan kerja yang sesuai.
- Mengembangkan jiwa leadership individu dan jiwa leadership di dalam team
Beberapa Jenis Outbound Amazing Race
- Outbound Amazing Race di 1 area
Kegiatan outbound amazing race pada satu lokasi pastinya dapat hemat modal. Tempat yang dipakai semaksimalkan mungkin luas dan terdapat beberapa lokasi yang asri, seperti misalnya: Taman margasatwa, objek wisata.
Pertama-tama peserta dibagi menjadi beberapa team. Lalu mereka diberi pedoman arah area selanjutnya yang bakal mereka singgahi. Apabila berada di kebun binatang, maka peserta bakal mengarah ke berbagai area sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara jelas dinyatakan kontestan mesti mengetahui nama latin hewan itu.
Di tempat yang mereka kunjungi, mereka akan memperoleh tantangan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di sarang hewan ataupun lokasi tertentu
- Berjoget ataupun bergaya sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Adventure
- Aktivitas amazing race dimulai dari area tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana kontestan harus menuntaskan perlombaan) akan ditetapkan didalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot adalah lokasi dimana peserta mesti istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat akhir yang harus kontestan tuju dan menentukan pemenang permainan.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Bila Anda lebih senang kegiatan seperti adventure di alam bebas, maka outbound amazing race di perbukitan merupakan referensi yang tepat. Agar seluruh kontestan dapat menjalankan game dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (menemukan jalan yang tepat) dan jungle survivor (jika game 2 hari satu malam di gunung ataupun hutan
Salah satu arahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik biar enggak salah arah
- Membikin tenda
- Mempergunakan alat dapur buatan jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang dapat dan enggak dapat dimakan
- Tips mendapat air minum (jika persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Dalam teknik pelaksanaan, mereka mesti punya tim pemantau yang telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Sehingga enggak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar 1: Contoh Game dengan Target
Gamenya: Kain ukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan dalam jarak 10 meter. di dalam Kaen itu digambar target target perusahaaan di dalam beberapa tempat, ataupun lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. Dikasih tempat kosong untuk di tembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Di mana setiap peserta akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen tsb.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan anggaran
Instruksi … pilihlah tiga org setiap kelompok. Buat mumy dari tisue yg di berikan. Hanya ada enam gulung tissu WC setiap tim. maka tiap orang Cuma dua gulung tisue & harus bisa membikin mumi sebisa mungkin
Point yang digapai
- Menggunakan bahan seadanya dengan 2 gulung tisue bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas anggota yg dibuat mumi (jadi Pointnya, tiap perusahaan memerlukan orang orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategy, dimana setiap kelompok yang mampu menganalisis peluang dan hambatan, kesempatan berhasil dengan memilih orang yg kecil. Maka Jika tim bisa melihat tentunya akan menggunakan orang yang kecil kurus. tapi Apabila team enggak bisa menganalisis peluang tentu akan memilih anggota asal asalan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. namun tiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup diberikan terpal ataupun kain ukuran 3 meter X 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali tali & di talinya di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar didalamnya. kain maupun terpal di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua anggota. Kemudian di berikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan berpindah & kain atau terpal enggak boleh terjatuh kebawah. setiap peserta yg bertukar mesti mengambil 1 kertas kecil itu tanpa membukanya. setelah waktu selesai anggota berkumpul & fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yang di dapatkan setiap orang.
Peserta yg Mengerjakan perpindahan dengan tepat akan mendapatkan minimal 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, supaya tidak bertabrakan saat pindah.
- Komunikasi, peserta biar tidak menempati titik yang sama.
- Strategy, supaya setiap orang bisa memiliki peluang berpindah dan menyelesaikan tugas.
- Pengetahuan lingkungan dengan melihat kawan dan tempat jadi perpindahan akan berjalan tepat.
- Merendahkan ego sebab Bila setiap orang ingin pindah lebih dahulu, peserta yg terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di peroleh dipos 3 bisa di kumpulkan jadi satu didalam kelompok. di bagikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. tiap group dapat menyusun gambar yang di peroleh di pos 3 di dalam papan yang memberikan esensi & makna. setelah selesai akan dipresentasikan maupun direview pamaknaan dari papan display itu.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Apabila dilaksanakan dengan tepat & benar akan menciptakan suatu grup yg kompak & kuat, dan untuk sebuah instansi kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya agar punya loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole.
Bagi kalian yang mau mengikuti kegiatan outbound bisa menelpon kita.