Amazing Race
Amazing Race ialah suatu permainan di luar ruangan yang amat memerlukan teamwork di dalam satu tim. Seluruh tim outbound amazing race diberi petunjuk untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap tempat amazing race yang peserta singgahi terdapat game yang mesti mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi berikutnya. Sampai peserta akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini sangat diminati oleh beberapa perusahaan maupun instansi pemerintah amazing race outbound ini benar-benar mengasyikan karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton seperti jenis outbound biasa. Dalam amazing race terdapat permainan yang asyik yang sifatnya kompetitif.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kepiawaian pribadi didalam mengembangkan tim.
- Meningkatkan serta berbagi ilmu di dalam hal motivasi personal dan motivasi team, meningkatkan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Meraih pertumbuhan individu dan tim yang diarahkan pada sasaran perusahaan, termasuk didalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membangun kwalitas & mutu leadership dengan kemampuan individu didalam keterbukaan mengatasi konflik dan membangun kebiasaan kerja yang sesuai.
- Mengembangkan leadership personal dan leadership didalam team
Beragam Tipe Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound di satu lokasi
Kegiatan outbound amazing race di satu area tentu bisa menghemat uang. Tempat yang dipakai semaksimalkan mungkin lapang dan ada beragam area yang natural, salah satu contoh: Kebun binatang, area wisata.
Pertama peserta dibagi jadi beberapa kelompok. Lalu mereka dikasih panduan arah lokasi berikutnya yang bakal kontestan datangi. Bila bertempat di kebun binatang, maka mereka bakal mengarah ke beberapa area kandang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara gamblang dinyatakan peserta mesti mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di tempat yang mereka tuju, kontestan bakal mendapatkan permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di kandang binatang atau lokasi tertentu
- Joget maupun menari sesuai dengan perintah, dan lain sebagainya.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Perlombaan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (area dimana kontestan mesti menuntaskan aktivitas) bakal di tentukan didalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah tempat dimana pemain mesti beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang harus pemain tuju dan menentukan pemenang permainan.
- Amazing Race di Gunung
Bila Anda lebih menyukai tantangan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race di gunung adalah referensi yang cocok. Agar seluruh peserta bisa menjalankan perlombaan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (apabila kegiatan dua hari 1 malam di perbukitan maupun alas
Contoh petunjuk dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan teknik biar enggak salah jalan
- Membuat tenda
- Mempergunakan peralatan masak versi jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah-buahan yang dapat dan enggak dapat dimakan
- Cara mendapatkan air minum (jika stok habis, dan lain sebagainya
Dalam teknik pelaksanaan, mereka harus mempunyai tim pemantau yg telah expert didalam jungle survivor. Maka tak akan ada yg tersesat. Tim pemantau dapat memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Contoh Kegiatan dengan Output Focus
Permainannya: Kain ukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meter. di dalam Kain itu di gambar target perusahaaan di dalam beberapa tempat, atau logo perusahaan sebagai simbol harapan bersama. Di kasih tempat kosong untuk di tembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Di mana seluruh peserta akan bergantian melakukan tembakan didalam Kaen tsb.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi … pilih saja tiga peserta tiap kelompok. Buat mumi dr tissu yg di berikan. Hanya terdapat 6 gulung tissu WC tiap tim. maka tiap orang Cuma 2 gulung tisue & harus bisa Buat mumy seefektif mungkin
Tujuan yg dicapai
- Memakai bahan seadanya dengan 2 gulung tisue bisa membungkus semua badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg dibuat mummy (jadi Valuenya, tiap perusahaan memerlukan orang orang semacam ini yg mau berkorban demi tujuan bareng)
- Strategi, dimana setiap tim yang dapat melihat kesempatan & tanangan, peluang berhasil dengan memilih anggota yg kurus kecil. Sehingga Jika team dapat melihat pasti akan memakai anggota yg kecil kurus. tapi Kalau kelompok gak sanggup menganalisis kesempatan tentu akan memakai orang sembarangan.
- Dilarang menganalisis sesuatu dari cover, bentuk maupun hasil. akan tetapi tiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap kelompok diberikan kain ataupun terpal ukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali tali & di talinya dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. kain ataupun terpal di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh anggota. lalu diberikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan peraturan bertukar & terpal ataupun kain enggak boleh terjatuh kebawah. setiap orang yg bertukar mesti mengambil satu kertas kecil ini tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai anggota kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas yg diperoleh tiap peserta.
Orang yg Melaksanakan perpindahan secara tepat akan mendapatkan minim 10 kertas dengan gambar yang lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, biar enggak tabrakan pada saat rotasi.
- Komunikasi, anggota agar nggak menempati posisi yang sama.
- Strategy, supaya setiap orang dapat punya peluang rotasi & menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan mengamati kawan & tempat sehingga rotasi dapat berjalan baik.
- Merendahkan keegoisan sebab Jika setiap orang mau berpindah terlebih dulu, anggota yang terakhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yg di dapatkan di pos tiga bisa dikumpulkan jadi 1 didalam tim. di berikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. tiap kelompok akan menyusun gambar yang didapatkan di pos 3 dalam sebuah papan yang memberi esensi & makna. setelah selesai akan direview ataupun dipresentasikan maksud dari papan display itu.
Ini merupakan satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yang Bila dilaksanakan secara tepat dan benar akan menghasilkan suatu grup yg kompak & kuat, & buat suatu perusahaan kondisi ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya agar memiliki loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Tempat Amazing Race Di Bandung
Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole.
Bagi kalian yang hendak mengikuti aktivitas outbound dapat menghubungi kami.