Outbound Amazing Race
Amazing Race adalah suatu bentuk aktivitas di alam lepas yang sangat membutuhkan teamwork didalam suatu tim. Setiap group amazing race dikasih panduan untuk mencapai area tertentu. Di setiap area amazing race yang mereka datangi ada tantangan yang mesti kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai peserta pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini sangat diminati oleh berbagai lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race outbound ini benar-benar seru karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya outbound biasa. Didalam amazing race outbound banyak game-game yang mengasyikan yang sifatnya kompetisi.
Tujuan Amazing Race
- Menambah kemampuan individu di dalam membangun tim.
- Menaikan dan sharing pengetahuan di dalam hal memotivasi individu dan memotivasi kelompok, menaikan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Mencapai perkembangan individu dan team yang dipusatkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membentuk kwalitas & mutu kepemimpinan dengan kemampuan individu didalam keterbukaan mengatasi konflik serta membangun kebiasaan kerja yang pas.
- Membangun leadership pribadi dan leadership di dalam team
Berbagai Jenis Outbound Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada satu lokasi
Permainan amazing race outbound pada 1 lokasi pastinya bisa hemat modal. Lokasi yang dipakai sebisa mungkin lapang dan ada beragam area yang alami, seperti misalnya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama-tama anggota dipisah menjadi beberapa kelompok. Mereka lalu diberi pedoman arah tempat berikut yang akan mereka datangi. Apabila bertempat di taman margasatwa, maka kontestan bakal pergi ke beragam area tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang tidak secara jelas disampaikan peserta wajib mengetahui nama latin binatang itu.
Di area yang kontestan tuju, kontestan akan memperoleh tantangan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di tempat tinggal hewan maupun area tertentu
- Bernyanyi maupun bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Kegiatan amazing race diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana pemain mesti menuntaskan aktivitas) bakal di tentukan dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot adalah tempat dimana pemain mesti berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang harus pemain tuju dan memutuskan pemenang permainan.
- Amazing Race di Gunung
Kalau Kamu lebih menyukai tantangan dengan jenis adventure di alam bebas, maka outbound amazing race pada perbukitan merupakan referensi yang tepat. Biar seluruh peserta bisa menjalankan permainan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberikan pengarahan mengenai navigasi (mendapatkan jalan yang tepat) dan jungle survivor (jika game dua hari satu malam di pegunungan atau alas
Contoh pengarahan di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik supaya tidak kesasar
- Membuat tenda
- Memakai peralatan dapur versi jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah-buahan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi
- Trik mendapatkan air minum (bila stok air minum habis, dan sebagainya
Dalam teknik permainan, mereka mesti punya tim pemantau yg sudah ahli didalam jungle survivor. Sehingga nggak akan ada yg kesasar. Team pemantau akan memantau arah pergerakan grup tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Contoh Kegiatan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan dalam jarak sepuluh meter. didalam Kaen itu dilukis target target perusahaaan didalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. Dikasih space kosong untuk di tembak. Alat tembak nya dari paint ball, Di mana semua peserta akan bergantian menembak didalam Kaen tsb.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksinya … pilihlah tiga orang tiap kelompok. Buat mumi dari tisu yang di bagikan. Hanya ada 6 gulung tisue toilet tiap team. Jadi setiap org Cuma dua gulung tisu dan harus bisa bikin mumi sebisa mungkin
Tujuan yang digapai
- Menggunakan sumber daya seadanya dengan 2 gulung tisue dapat membungkus semua badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yg dijadikan mumi (jadi Tujuannya, setiap industri memerlukan orang orang semacam ini yg rela berkorban demi tujuan bersama)
- Strategi, dimana tiap tim yg bisa menganalisis peluang & hambatan, kesempatan berhasil dengan menggunakan orang yg kurus kecil. Maka Apabila team dapat melihat pastinya akan menggunakan orang yg kurus kecil. tetapi Jika tim tidak sanggup menganalisis peluang pastinya akan memakai anggota asal asalan.
- Tidak boleh menganalisis sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. tapi setiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap tim di bagikan terpal ataupun kain ukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali – tali dan pada tali dipasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan didalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua anggota. lalu diberikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan bertukar & kain maupun terpal gak boleh jatuh kebawah. setiap anggota yang bertukar harus ambil 1 kertas kecil ini tanpa membukanya. sehabis waktu selesai orang berkumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas yg diperoleh setiap orang.
Peserta yang Melaksanakan rotasi dengan tepat akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Kunci Game:
- Komando, agar nggak berbenturan pada saat rotasi.
- Komunikasi, orang biar gak berada di tempat yg sama.
- Strategy, biar setiap anggota bisa memiliki peluang berpindah dan merampungkan tugas.
- Pemahaman situasi dengan memperhatikan tempat & kawan sehingga perpindahan dapat berjalan secara baik.
- Merendahkan keegoisan karena Jika tiap peserta ingin pindah terlebih duluan, orang yang akhir akan kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di dapatkan dipos 3 dapat di kumpulkan jadi satu dalam grup. dibagikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) dan papan sterofom. setiap grup dapat menyusun gambar yang diperoleh dititik tiga didalam papan yang memberikan esensi & makna. sesudah selesai maka dipresentasikan ataupun direview arti dari papan tsb.
Ini merupakan satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Bila di terapkan dengan tepat & benar dapat menghasilkan sebuah kelompok yg kuat dan kompak, dan bagi suatu lembaga faktor ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya supaya memiliki loyalitas kepada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Untuk kamu yang ingin mengikuti aktivitas outbound silahkan mengontak kita.