Amazing Race
Outbound Amazing Race adalah sebuah kegiatan di luar ruangan yang amat membutuhkan kekompakan dalam suatu group. Tiap group outbound amazing race diberi pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap area amazing race yang mereka singgahi ada game yang wajib mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke area berikutnya. Sampai kontestan akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini begitu diminati oleh banyak perusahaan maupun instansi pemerintah amazing race ini benar-benar mengasyikan karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound biasa. Dalam amazing race outbound ada game-game yang seru yang bersifat kompetitif.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kepiawaian personal didalam membangun tim.
- Menaikan dan sharing pengetahuan dalam hal motivasi pribadi dan motivasi kelompok, meningkatkan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Mencapai perkembangan pribadi dan team yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk didalamnya ialah rasa saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Membentuk mutu dan kualitas leadership dengan kapasitas personal dalam keterbukaan menangani masalah serta membangun kebiasaan kerja yang sesuai.
- Membentuk jiwa leadership pribadi dan leadership dalam team
Beberapa Jenis Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race pada 1 lokasi
Permainan outbound amazing race pada 1 area pastinya akan hemat uang. Tempat yang dipakai sedapat mungkin luas dan terdapat berbagai tempat yang alami, salah satu contoh: Kebun binatang, lokasi wisata.
Pertama-tama pemain dipisah jadi beberapa kelompok. Kemudian mereka diberi petunjuk jalan lokasi selanjutnya yang akan mereka datangi. Kalau berada di taman margasatwa, maka kontestan bakal menuju ke beberapa lokasi sarang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara jelas disampaikan kontestan mesti mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di area yang peserta tuju, peserta akan memperoleh permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di sarang binatang ataupun area tertentu
- Bernyanyi maupun menari sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Perlombaan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana kontestan wajib merampungkan permainan) bakal di tentukan di dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot adalah lokasi dimana kontestan mesti beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi akhir yang mesti pemain tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Bila Kalian lebih senang kegiatan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race outbound pada perbukitan merupakan opsi yang cocok. Agar semua kontestan mampu menjalankan perlombaan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (mencari jalan yang tepat) dan jungle survivor (apabila kegiatan 2 hari 1 malam di gunung maupun alas
Contoh arahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan teknik agar tidak salah arah
- Mendirikan tenda
- Menggunakan alat-alat dapur buatan jungle survivor
- Menemukan sayur dan buah-buahan yang boleh dan enggak bisa dimakan
- Cara memperoleh air minum (kalau persediaan habis, dan lain-lain
Didalam teknik pelaksanaan, mereka mesti memiliki tim pemantau yg telah expert didalam jungle survivor. Jadi gak akan ada yang kesasar. Team pemantau bisa memantau pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kain berukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan didalam jarak sepuluh meteran. didalam Kaen tersebut digambar target perusahaaan di dalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. Di kasih ruang kosong untuk di tembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball, Di mana segala tim akan bergantian menembak di dalam Kain tersebut.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi … Pilih tiga orang tiap tim. membikin mumi dari tisue yang dibagikan. Cuma terdapat enam gulung tissu toilet tiap kelompok. maka tiap org Cuma dua gulung tissu dan wajib bisa Buat mumi seefektif mungkin
Value yg di gapai
- Mengotimalkan sumber daya seadanya dengan dua gulung tisue dapat membungkus semua badan orang.
- Loyalitas & totalitas anggota yang di jadikan mumy (jadi Pointnya, tiap industri memerlukan orang-orang seperti ini yang mau mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategy, di mana tiap tim yg bisa melihat peluang dan tanangan, kesempatan berhasil dengan memilih orang yg kecil kurus. Sehingga Apabila tim sanggup melihat pastinya akan memilih orang yg kurus kecil. tetapi Apabila team tidak sanggup menganalisis kesempatan pasti akan memakai peserta asal asalan.
- Tidak boleh menganalisis sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. tetapi tiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap grup diberikan terpal ataupun kain ukuran 3 meter X 3 meter. disisinya diberikan utasan tali – tali dan pada tali di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali tali tadi semua orang. lalu di berikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yg lain nya dengan aturan berpindah & terpal atau kain gak boleh terjatuh ke tanah. setiap peserta yang bertukar mesti mengambil 1 kertas tsb tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai anggota kumpul & fasilitator mengecek dan membuka kertas yang diperoleh tiap anggota.
Anggota yang Mengerjakan rotasi secara tepat akan memperoleh minim 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Inti Game:
- Komando, biar gak tabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, orang biar gak menempati titik yang sama.
- Strategy, biar setiap peserta dapat punya peluang berpindah dan merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan kawan dan tempat jadi pertukaran bisa berjalan secara baik.
- Menghilangkan keegoisan sebab Jikalau tiap orang akan pindah terlebih duluan, anggota yang terakhir bisa kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar yang di peroleh dititik 3 akan di kumpulkan menjadi satu dalam group. dibagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) & papan sterofom. setiap kelompok akan menyusun gambar yg di peroleh dititik tiga didalam sebuah papan yang memberikan makna dan esensi. setelah selesai akan direview atau dipresentasikan pamaknaan dari papan itu.
Ini ialah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Jika diterapkan dengan benar & tepat akan menciptakan suatu tim yang kompak dan kuat, & untuk suatu lembaga hal ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya supaya mempunyai loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Area Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Bagi kamu yang ingin melaksanakan kegiatan outbound silahkan menelpon kita.