Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound adalah suatu bentuk permainan di alam terbuka yang amat memerlukan kekompakan dalam suatu team. Setiap kelompok outbound amazing race dikasih panduan untuk mencapai area tertentu. Di tiap lokasi amazing race yang mereka datangi ada permainan yang mesti mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai mereka akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race sekarang ini begitu digemari oleh berbagai instansi pemerintah maupun perusahaan outbound amazing race ini sangat mengasyikan karena lokasi berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound umumnya. Dalam amazing race terdapat permainan yang asyik yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kepiawaian pribadi dalam membentuk team.
- Meningkatkan dan berbagi ilmu didalam hal memotivasi personal dan memotivasi team, menaikan rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Menggapai pertumbuhan pribadi dan team yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Mengembangkan mutu & kwalitas kepemimpinan dengan kemampuan pribadi didalam keterbukaan menangani masalah serta membentuk kebiasaan kerja yang pas.
- Membangun kepemimpinan personal dan kepemimpinan didalam team
Berbagai Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race di satu tempat
Game amazing race outbound di 1 area pasti dapat hemat modal. Area yang dipakai semaksimalkan mungkin luas dan terdapat berbagai tempat yang alami, salah satu contoh: Kebun binatang, objek wisata.
Di awal pemain dikelompokan menjadi beberapa team. Kemudian mereka diberi pedoman arah lokasi selanjutnya yang bakal peserta tuju. Jika berada di taman margasatwa, maka peserta bakal menuju ke beberapa area sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara jelas disampaikan kontestan harus mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di lokasi yang kontestan tuju, mereka bakal mendapatkan tantangan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di kandang hewan atau tempat tertentu
- Joget atau menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Adventure
- Perlombaan outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana pemain wajib merampungkan permainan) akan ditetapkan dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana pemain harus istirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan lokasi terakhir yang harus pemain tuju dan memutuskan pemenang game.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Apabila Kalian lebih menyukai perlombaan dengan jenis petualangan di alam lepas, maka outbound amazing race di perbukitan ialah opsi yang sesuai. Supaya seluruh peserta mampu melaksanakan game dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberi pengarahan mengenai navigasi (menemukan arah yang tepat) dan jungle survivor (jika kegiatan 2 hari satu malam di pegunungan maupun hutan
Contoh arahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan teknik biar tidak tersesat
- Membuat tenda
- Memakai alat dapur buatan jungle survivor
- Mencari sayur dan buah-buahan yang dapat dan tidak dapat dimakan
- Trik mendapat air minum (jika stok habis, dan lain-lain
Didalam teknik pertandingan, mereka mesti mempunyai team pemantau yang sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Maka tidak akan ada yang kesasar. Tim pemantau bisa memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misal Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kain berukuran 3 meter x 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meteran. di dalam Kain tersebut digambar target perusahaaan didalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. diberi tempat kosong untuk ditembak. Alat tembaknya dari paint ball, Dimana seluruh tim akan secara bergantian melakukan tembakan dalam Kaen tersebut.
Pilar 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksinya … Pilih 3 peserta tiap team. membuat mumy dari tisue yg di berikan. Hanya ada 6 gulung tisue WC tiap kelompok. maka tiap peserta Hanya dua gulung tissu dan wajib dapat bikin mumi seefektif mungkin
Poin yang digapai
- Menggunakan bahan seada nya dengan dua gulung tisue bisa membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas & totalitas peserta yg dibuat mumy (jadi Tujuannya, tiap instansi membutuhkan orang – orang semacam ini yang rela berkorban demi harapan bareng)
- Strategi, di mana setiap tim yang bisa menganalisis kesempatan dan tanangan, peluang berhasil dengan memakai peserta yang kurus kecil. Jadi Kalau team dapat menganalisis pasti akan memilih peserta yg kurus kecil. akan tetapi Kalau team tak mampu menganalisis peluang pastinya akan memilih anggota sembarangan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. tetapi setiap peningkatan perusahaan mesti dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap grup di bagikan kain ataupun terpal ukuran 3 meter X 3 meter. disisinya di bagikan utasan tali – tali & pada talinya ditaruh kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar di dalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh orang. lalu di bagikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan berpindah & kain maupun terpal enggak boleh jatuh ke tanah. tiap peserta yang bertukar wajib mengambil 1 kertas kecil tersebut tanpa membukanya. sehabis waktu habis anggota berkumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas yg diperoleh tiap orang.
Orang yang Mengerjakan perpindahan secara tepat akan mendapat minim 10 kertas kecil dengan gambar yang lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, agar nggak tabrakan ketika pindah.
- Komunikasi, anggota supaya enggak menempati tempat yang sama.
- Strategi, agar tiap orang dapat punya peluang rotasi dan menyelesaikan tugas.
- Pemahaman situasi dengan melihat tempat & kawan sehingga perpindahan dapat berjalan tepat.
- Merendahkan ego karena Apabila setiap peserta mau berpindah lebih dahulu, orang yg terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yg didapatkan dipos tiga bisa di kumpulkan jadi satu dalam tim. dibagikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) & papan sterofom. setiap kelompok akan menyusun gambar yg didapatkan dititik 3 di dalam sebuah papan yg memberi esensi & makna. setelah selesai maka dipresentasikan atau direview maksud dari papan tersebut.
Ini adalah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yang Apabila diterapkan secara benar & tepat akan menciptakan suatu kelompok yg kompak dan kuat, dan bagi sebuah perusahaan faktor ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan biar mempunyai loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Bagi Anda yang ingin mengikuti wisata outbound bisa mengontak kita.