Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah satu permainan di luar ruangan yang sangat membutuhkan teamwork di dalam sebuah group. Semua group outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap-tiap area amazing race outbound yang peserta datangi ada permainan yang wajib mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga peserta akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race Outbound saat ini sangat diminati oleh banyak instansi pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini amat asyik karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya jenis outbound umumnya. Dalam amazing race outbound terdapat gim-gim yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Goal Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kemampuan pribadi dalam membentuk tim.
- Menambah dan berbagi ilmu didalam hal memotivasi pribadi dan motivasi tim, menambah rasa PD, dan produktivitas.
- Meraih pertumbuhan personal dan team yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan mutu & kualitas kepemimpinan dengan kemampuan personal di dalam keterbukaan menangani masalah serta membentuk budaya kerja yang pas.
- Membangun jiwa leadership personal dan jiwa leadership didalam team
Berbagai Type Amazing Race
- Amazing Race pada 1 lokasi
Kegiatan amazing race outbound di satu area tentu akan menghemat uang. Tempat yang dipakai sedapat mungkin lapang dan ada beragam area yang natural, salah satu contoh: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama-tama kontestan dikelompokan menjadi beberapa kelompok. Mereka lalu diberi panduan jalan tempat selanjutnya yang bakal peserta tuju. Kalau berlokasi di taman margasatwa, maka mereka bakal menuju ke beragam lokasi sarang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang tidak secara gamblang dinyatakan mereka wajib mengetahui nama latin binatang itu.
Di lokasi yang peserta tuju, kontestan akan memperoleh permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di sarang hewan ataupun lokasi tertentu
- Joget maupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Adventure
- Kegiatan amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana kontestan mesti menyelesaikan permainan) bakal di tentukan dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot ialah area dimana peserta wajib istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat akhir yang wajib peserta tuju dan memutuskan juara game.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Kalau Kalian lebih suka perlombaan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race outbound di gunung merupakan referensi yang tepat. Supaya semua pemain mampu melakukan permainan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (menemukan arah yang sesuai) dan jungle survivor (jika game dua hari satu malam di gunung atau alas
Salah satu petunjuk dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik agar tidak salah jalan
- Membikin tenda
- Menggunakan alat masak buatan jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah-buahan yang boleh dan enggak boleh dimakan
- Cara mendapatkan air minum (kalau stok air minum habis, dan lain-lain
Di dalam teknik pelaksanaan, mereka wajib punya tim pemantau yg sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yg tersesat. Tim pemantau bisa memantau pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Permainan Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan didalam jarak 10 meter. didalam Kaen tersebut di gambar target perusahaaan didalam beberapa space, ataupun lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. diberi ruang blank untuk di tembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Di mana segala peserta akan secara bergantian melakukan tembakan dalam Kain tersebut.
Pilar 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksi … pilihlah 3 peserta tiap team. bikin mumy dari tisu yg di bagikan. Cuma ada 6 gulung tisue toilet setiap tim. maka tiap orang Cuma dua gulung tisue dan wajib dapat membikin mummy seefektif mungkin
Value yg di capai
- Menggunakan sumber daya seadanya dengan 2 gulung tisu dapat membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg di buat mumi (jadi Valuenya, tiap perusahaan membutuhkan orang orang seperti ini yg rela mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategy, dimana tiap tim yang dapat melihat peluang & hambatan, kesempatan berhasil dengan menggunakan orang yg kecil kurus. Jadi Jikalau team sanggup melihat tentu akan memakai peserta yg kurus kecil. tapi Jikalau team enggak bisa melihat peluang tentu akan menggunakan anggota sembarangan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. tetapi tiap peningkatan perusahaan wajib di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap kelompok diberikan kain maupun terpal berukuran 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya dibagikan utasan tali – tali dan pada talinya ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh anggota. Kemudian dibagikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yg lainnya dengan peraturan bertukar dan terpal ataupun kain nggak boleh terjatuh ketanah. tiap anggota yg berpindah wajib mengambil 1 kertas kecil ini tanpa membuka nya. setelah waktu habis anggota kumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yg di peroleh tiap peserta.
Orang yang Mengerjakan perpindahan dengan tepat akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, biar tidak bertabrakan pada saat rotasi.
- Komunikasi, peserta supaya tak menempati titik yang sama.
- Strategi, agar tiap orang bisa mempunyai peluang berpindah & merampungkan tugas.
- Pengetahuan lingkungan dengan memperhatikan tempat dan kawan sehingga perpindahan dapat berjalan secara baik.
- Merendahkan ego sebab Apabila tiap peserta akan pindah terlebih duluan, orang yg akhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yg diperoleh dititik 3 dapat dikumpulkan menjadi satu didalam grup. dibagikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). setiap tim akan menyusun gambar yg di dapatkan dititik tiga didalam sebuah papan yang memberikan makna dan esensi. sesudah selesai kemudian dipresentasikan atau direview arti dari display papan ini.
Ini merupakan salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Jikalau diterapkan dengan tepat dan benar akan menghasilkan sebuah kelompok yang kompak & kuat, & buat sebuah perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan agar mempunyai loyalitas kepada perusahaan & menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Bagi Anda yang ingin melaksanakan aktivitas outbound bisa menelpon kami.