Amazing Race Outbound
Amazing Race Outbound ialah suatu bentuk permainan di alam lepas yang amat butuh kekompakan di dalam sebuah tim. Tiap kelompok amazing race diberi panduan untuk menuju area tertentu. Di tiap-tiap area amazing race yang peserta singgahi terdapat permainan yang wajib kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga peserta akhirnya finish di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digemari oleh berbagai instansi pemerintah atau perusahaan amazing race outbound ini benar-benar asyik karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya outbound umumnya. Di dalam amazing race outbound banyak gim-gim yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Menambah kemampuan personal dalam mengembangkan tim.
- Meningkatkan serta sharing pengalaman dalam hal motivasi individu dan memotivasi tim, meningkatkan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Menggapai pertumbuhan pribadi dan team yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membentuk mutu & kualitas jiwa leadership dengan kapasitas individu dalam keterbukaan mengatasi masalah dan membangun kebiasaan kerja yang tepat.
- Mengembangkan kepemimpinan individu dan jiwa leadership didalam team
Beberapa Tipe Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada satu lokasi
Kegiatan outbound amazing race pada satu tempat pasti akan menghemat biaya. Area yang dipilih sedapat mungkin luas dan terdiri dari beragam tempat yang natural, seperti misalnya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama-tama pemain dibagi jadi beberapa tim. Mereka lalu diberi petunjuk jalan lokasi selanjutnya yang akan peserta datangi. Jika bertempat di taman margasatwa, maka mereka akan menuju ke beragam area sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara jelas disampaikan kontestan wajib mencari tahu nama latin hewan itu.
Di area yang kontestan kunjungi, mereka bakal mendapat permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di kandang hewan atau tempat tertentu
- Bernyanyi maupun bergaya sesuai dengan petunjuk, dan sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Permainan amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib menuntaskan permainan) akan di tentukan di dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot ialah lokasi dimana pemain wajib berhenti dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area finish yang harus peserta tuju dan memutuskan pemenang game.
- Amazing Race di Perbukitan
Apabila Anda lebih suka tantangan dengan jenis adventure di alam bebas, maka amazing race outbound di gunung ialah referensi yang tepat. Biar para kontestan dapat menjalankan game dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (mencari jalan yang sesuai) dan jungle survivor (apabila permainan dua hari satu malam di perbukitan maupun alas
Contoh pengarahan dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik supaya tidak salah arah
- Membikin tenda
- Memakai alat-alat dapur dari jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah-buahan yang dapat dan enggak bisa dikonsumsi
- Trik mendapatkan air minum (jika persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Didalam teknis pertandingan, mereka harus punya team pemantau yg sudah berpengalaman didalam jungle survivor. Jadi tidak akan ada yang tersesat. Tim pemantau akan memantau arah pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Kegiatan dengan Output Focus
Gamenya: Kain berukuran 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meteran. dalam Kain ini dilukis target perusahaaan didalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai tanda keinginan bareng. Di kasih ruang blank untuk ditembak. peralatan tembak nya dari paint ball, Dimana semua akan akan bergantian melakukan tembakan didalam Kaen tsb.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi … Pilih tiga peserta tiap tim. membuat mumi dr tisu yang diberikan. Hanya ada 6 gulung tisue toilet setiap team. maka per org Cuma 2 gulung tisu & mesti dapat membuat mumi sebisa mungkin
Point yg di gapai
- Mengotimalkan sumber daya seada nya dengan 2 gulung tisue dapat membungkus seluruh badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yang di buat mummy (jadi Nilainya, setiap lembaga membutuhkan orang-orang semacam ini yang rela berkorban demi harapan bersama)
- Strategy, dimana tiap kelompok yg dapat menganalisis peluang & tanangan, kesempatan berhasil dengan memakai peserta yang kurus kecil. Jadi Apabila team dapat melihat pasti akan memilih peserta yg kecil kurus. namun Apabila team nggak bisa melihat peluang pasti akan memakai anggota asal asalan.
- Tidak boleh melihat segala sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. tapi setiap peningkatan perusahaan harus dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap tim diberikan kain atau terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali tali dan di talinya ditaruh paperklip & kertas kecil kecil dengan gambar didalamnya. terpal maupun kain dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. Kemudian di berikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan aturan bertukar dan terpal ataupun kain nggak boleh terjatuh ke tanah. tiap orang yang berpindah mesti mengambil satu kertas ini tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yang di peroleh tiap anggota.
Anggota yang Mengerjakan rotasi dengan baik akan memperoleh min 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda.
Inti Game:
- Komando, biar nggak bertabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, anggota biar enggak berada di posisi yg sama.
- Strategy, agar setiap peserta bisa mempunyai peluang berpindah & merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan kawan & tempat jadi rotasi dapat berjalan baik.
- Menghilangkan ego karena Apabila setiap peserta mau berpindah lebih dulu, orang yg terakhir akan kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yg di peroleh dititik tiga bisa dikumpulkan jadi 1 didalam grup. dibagikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. tiap tim dapat menyusun gambar yang didapatkan dipos 3 dalam papan yg memberi esensi & makna. seusai selesai maka direview atau dipresentasikan pamaknaan dari display papan ini.
Ini merupakan satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yg Kalau diterapkan dengan benar & tepat akan menciptakan sebuah tim yg kuat dan kompak, & untuk suatu perusahaan kondisi ini penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya supaya memiliki loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Area Amazing Race Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Untuk kamu yang ingin melaksanakan wisata outbound silahkan mengontak kita.