Amazing Race
Amazing Race merupakan satu permainan di luar ruangan yang amat memerlukan kekompakan didalam suatu tim. Seluruh team amazing race outbound diberi pedoman untuk mencapai area tertentu. Di tiap-tiap area amazing race outbound yang mereka tuju ada permainan yang mesti mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai kontestan pada akhirnya sampai di area terakhir. Amazing Race Outbound saat ini amat digemari oleh berbagai perusahaan ataupun lembaga pemerintah outbound amazing race ini benar-benar asyik karena lokasi berganti-ganti dan tidak monoton seperti outbound biasa. Dalam amazing race terdapat gim-gim yang asyik yang bersifat kompetisi.
Sasaran Amazing Race
- Menambah kemampuan individu didalam membangun tim.
- Menambah serta berbagi ilmu didalam hal motivasi personal dan memotivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai pertumbuhan pribadi dan team yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, salah satu di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Membangun mutu dan kualitas leadership dengan kemampuan personal didalam keterbukaan menangani problem dan membangun budaya kerja yang pas.
- Mengembangkan kepemimpinan individu dan jiwa leadership di dalam team
Beberapa Type Amazing Race
- Outbound Amazing Race di 1 tempat
Kegiatan amazing race outbound di satu lokasi tentunya bisa hemat uang. Area yang digunakan sedapat mungkin lapang dan terdapat beragam area yang alami, salah satu contoh: Kebun binatang, tempat wisata.
Di awal peserta dibagi jadi beberapa kelompok. Mereka lalu dikasih petunjuk jalan area selanjutnya yang bakal mereka singgahi. Kalau bertempat di taman margasatwa, maka mereka akan pergi ke berbagai area tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang tidak secara detail dinyatakan kontestan wajib mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di lokasi yang mereka tuju, kontestan bakal mendapatkan game diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di tempat tinggal binatang atau tempat tertentu
- Berjoget maupun menari sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Adventure
- Perlombaan amazing race outbound diawali dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta harus menyelesaikan perlombaan) akan ditetapkan di dalam clue yang diberikan.
- Break Spot merupakan area dimana kontestan mesti beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area akhir yang wajib peserta tuju dan menentukan juara game.
- Amazing Race di Perbukitan
Bila Anda lebih senang perlombaan seperti petualangan di alam bebas, maka amazing race outbound di gunung adalah referensi yang cocok. Agar seluruh peserta dapat menjalankan game dengan pas, maka mesti ada fasilitator yang memberi arahan mengenai navigasi (mendapatkan jalan yang pas) dan jungle survivor (kalau permainan dua hari 1 malam di perbukitan atau alas
Salah satu petunjuk di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan strategi agar tidak tersesat
- Membuat tenda
- Menggunakan alat masak buatan jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah-buahan yang dapat dan enggak bisa dikonsumsi
- Trik memperoleh air minum (apabila stok air minum habis, dan sebagainya
Dalam teknik pelaksanaan, mereka wajib memiliki tim pemantau yg sudah ahli di dalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yang kesasar. Team pemantau akan memantau arah pergerakan group tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Misal Game dengan Output Focus
Gamenya: Kaen berukuran 2,5 meter x 3 meter dibentangkan didalam jarak 10 meteran. di dalam Kaen tersebut di gambar target target perusahaaan dalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai tanda keinginan bareng. di beri ruang kosong untuk di tembak. Alat tembak nya dari paint ball, Dimana setiap peserta akan secara bergantian menembak di dalam Kaen tersebut.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksi nya … pilihlah tiga peserta setiap team. membuat mummy dari tisue yang diberikan. Cuma terdapat enam gulung tisu WC setiap team. maka setiap peserta Hanya dua gulung tisu dan harus dapat bikin mummy sebisa mungkin
Nilai yg di gapai
- Mengotimalkan bahan seada nya dengan dua gulung tisu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas peserta yg di jadikan mumi (jadi Tujuannya, tiap lembaga memerlukan orang orang seperti ini yang mau berkorban demi keinginan bersama)
- Strategy, dimana tiap kelompok yg dapat melihat kesempatan & tanangan, kesempatan berhasil dengan memakai anggota yang kecil. Jadi Apabila team mampu menganalisis pasti akan memilih anggota yg kecil kurus. namun Jikalau kelompok tidak mampu melihat kesempatan tentu akan memilih anggota sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. namun setiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap group di bagikan terpal atau kain ukurannya 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali tali & di tali di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. terpal atau kain dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. Kemudian di berikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan peraturan bertukar dan kain ataupun terpal enggak boleh jatuh ketanah. setiap peserta yg berpindah harus mengambil satu kertas tersebut tanpa membuka nya. sehabis waktu habis peserta berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yang didapatkan tiap peserta.
Anggota yang Melakukan rotasi secara tepat akan mendapatkan minim 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, biar gak bertabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, orang biar nggak menempati titik yg sama.
- Strategy, biar tiap peserta bisa memiliki kesempatan rotasi dan menyelesaikan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat tempat & kawan jadi perpindahan akan berjalan baik.
- Merendahkan ego sebab Kalau setiap peserta mau pindah terlebih dahulu, anggota yg akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di peroleh ditempat 3 bisa dikumpulkan menjadi 1 dalam tim. di berikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. setiap group dapat menyusun gambar yg diperoleh dipos tiga didalam papan yg memberi esensi dan makna. seusai selesai kemudian direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari display papan ini.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Kalau dilaksanakan secara benar & tepat dapat menjadikan suatu kelompok yg kompak & kuat, dan untuk sebuah lembaga faktor ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawannya supaya memiliki loyalitas pada perusahaan & meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Lokasi Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Untuk kamu yang hendak mengikuti wisata outbound dapat menghubungi kita.