Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race merupakan satu aktivitas di alam bebas yang amat butuh teamwork dalam sebuah tim. Setiap team amazing race outbound dikasih pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap-tiap tempat outbound amazing race yang peserta singgahi ada permainan yang wajib kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke area berikutnya. Hingga mereka pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digemari oleh banyak lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race ini sangat seru karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound lainnya. Didalam amazing race outbound banyak permainan yang seru yang bersifat kompetisi.
Goal Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kemampuan pribadi di dalam mengembangkan team.
- Menaikan dan berbagi ilmu didalam hal motivasi personal dan memotivasi team, menambah kepercayaan diri, dan kinerja.
- Meraih pertumbuhan individu dan kelompok yang diarahkan pada goal perusahaan, salah satu di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan kwalitas dan mutu kepemimpinan dengan kepiawaian pribadi di dalam keterbukaan mengatasi konflik dan membentuk budaya kerja yang tepat.
- Membangun kepemimpinan pribadi dan kepemimpinan didalam team
Beberapa Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada 1 tempat
Aktivitas amazing race outbound di 1 tempat tentunya akan hemat uang. Tempat yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan terdapat beragam lokasi yang asri, salah satunya: Kebun binatang, area wisata.
Di awal anggota dikelompokan jadi beberapa kelompok. Lalu mereka diberi pedoman jalan area berikutnya yang akan mereka singgahi. Jika bertempat di kebun binatang, maka kontestan bakal menuju ke beberapa lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang tidak secara detail disampaikan kontestan mesti mencari tahu nama latin hewan itu.
Di tempat yang mereka kunjungi, mereka akan mendapat permainan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di sarang hewan ataupun area tertentu
- Berjoget maupun menari sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti menyelesaikan perlombaan) akan ditetapkan di dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana kontestan harus beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah area terakhir yang wajib kontestan tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Bila Kamu lebih senang tantangan seperti adventure di alam lepas, maka outbound amazing race pada pegunungan adalah opsi yang sesuai. Agar para kontestan mampu menjalankan permainan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (menemukan arah yang pas) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari satu malam di perbukitan ataupun alas
Contoh arahan didalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan strategi agar tidak tersesat
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat-alat dapur buatan jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah-buahan yang dapat dan enggak boleh dimakan
- Cara mendapat air minum (apabila persediaan habis, dan lain sebagainya
Didalam teknis pertandingan, mereka harus mempunyai team pemantau yang telah ahli di dalam jungle survivor. Sehingga gak akan ada yang kesasar. Tim pemantau akan memantau arah pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar 1: Misal Kegiatan dengan Target
Gamenya: Kaen ukurannya 2,5 meter X 3 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meter. dalam Kaen ini digambar target perusahaaan dalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. diberi space blank untuk di tembak. peralatan tembak dari paint ball, Di mana semua tim akan secara bergantian menembak dalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi nya … Pilih tiga orang tiap kelompok. membuat mumi dari tisu yg diberikan. Hanya ada enam gulung tisu toilet tiap kelompok. Jadi setiap peserta Cuma dua gulung tisue dan wajib bisa Buat mummy seefektif mungkin
Point yg di gapai
- Memaksimalkan bahan seada nya dengan 2 gulung tissu dapat membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas anggota yg dijadikan mumy (jadi Valuenya, setiap instansi membutuhkan orang orang semacam ini yang mau berkorban demi tujuan bareng)
- Strategi, di mana tiap kelompok yg sanggup menganalisis kesempatan & hambatan, peluang berhasil dengan memilih orang yang kecil. Sehingga Bila kelompok sanggup menganalisis tentu akan memakai peserta yg kecil. tapi Jikalau kelompok enggak mampu melihat peluang pasti akan memilih anggota asal asalan.
- Jangan menganalisis sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. tetapi tiap peningkatan perusahaan harus dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap group di bagikan terpal maupun kain ukuran 3 meter X 3 meter. disisinya di bagikan utasan tali tali & di talinya dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. kain ataupun terpal di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua peserta. Kemudian diberikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lain dengan aturan bertukar dan terpal atau kain gak boleh jatuh ketanah. tiap peserta yang bertukar harus ambil 1 kertas kecil ini tanpa membuka nya. setelah waktu selesai orang kumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yg diperoleh tiap anggota.
Peserta yg Melakukan pertukaran dengan tepat akan memperoleh min 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Kunci Game:
- Komando, agar enggak berbenturan ketika pindah.
- Komunikasi, anggota biar enggak menempati titik yang sama.
- Strategi, agar setiap anggota bisa mempunyai kesempatan berpindah & merampungkan tugas.
- Pemahaman situasi dengan mengamati tempat dan kawan sehingga perpindahan dapat berjalan secara baik.
- Merendahkan ego sebab Jika tiap orang akan pindah lebih dahulu, peserta yang akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yg diperoleh dititik 3 bisa di kumpulkan jadi 1 di dalam group. dibagikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). setiap tim bisa menyusun gambar yang diperoleh ditempat 3 di dalam papan yg memberikan makna & esensi. sehabis selesai akan dipresentasikan atau direview arti dari papan display ini.
Ini adalah salah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yang Kalau dilakukan dengan benar dan tepat dapat menciptakan sebuah kelompok yg kuat & kompak, & bagi sebuah lembaga hal ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya supaya punya loyalitas pada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Tempat Amazing Race Outbound Di Bandung
Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole.
Untuk Anda yang ingin melaksanakan kegiatan outbound bisa mengontak kami.