Outbound Amazing Race
Amazing Race adalah suatu bentuk aktivitas di luar ruangan yang sangat memerlukan teamwork didalam satu group. Semua group outbound amazing race diberi petunjuk untuk menuju area tertentu. Di tiap-tiap area amazing race yang peserta singgahi ada tantangan yang wajib kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area selanjutnya. Sampai mereka pada akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race Outbound saat ini begitu digemari oleh banyak lembaga pemerintah maupun perusahaan outbound amazing race ini benar-benar seru karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton seperti jenis outbound biasa. Di dalam outbound amazing race ada gim-gim yang asyik yang sifatnya kompetitif.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Menaikan kepiawaian individu di dalam mengembangkan kelompok.
- Menambah dan sharing pengetahuan dalam hal memotivasi pribadi dan motivasi tim, menambah rasa PD, dan kinerja.
- Menggapai pertumbuhan individu dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Mengembangkan kwalitas dan mutu leadership dengan kemampuan personal dalam keterbukaan mengatasi masalah serta membangun budaya kerja yang pas.
- Membentuk leadership individu dan leadership dalam team
Beragam Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race pada 1 lokasi
Game outbound amazing race di 1 area pastinya dapat mengirit uang. Lokasi yang dipakai sedapat mungkin luas dan ada beberapa tempat yang unik, seperti misalnya: Kebun binatang, area wisata.
Pertama pemain dikelompokan jadi beberapa kelompok. Mereka lalu diberi panduan jalan tempat selanjutnya yang akan mereka datangi. Apabila berlokasi di taman margasatwa, maka mereka akan pergi ke beberapa tempat kandang hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara jelas dinyatakan kontestan harus mencari tahu nama latin hewan tersebut.
Di area yang mereka kunjungi, peserta akan mendapatkan tantangan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di kandang binatang ataupun tempat tertentu
- Joget atau bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Aktivitas outbound amazing race diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib merampungkan perlombaan) akan di tentukan didalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana peserta mesti beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi finish yang harus kontestan tuju dan menentukan juara perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Bila Kalian lebih menyukai tantangan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race outbound di gunung merupakan opsi yang tepat. Biar semua kontestan mampu melaksanakan game dengan pas, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk tentang navigasi (mendapatkan jalan yang pas) dan jungle survivor (apabila permainan dua hari 1 malam di gunung maupun hutan
Contoh petunjuk dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan taktik agar tidak tersesat
- Membuat tenda
- Memakai alat masak versi jungle survivor
- Mencari sayur dan buah yang dapat dan tidak bisa dimakan
- Trik memperoleh air minum (jika stok air minum habis, dan lain sebagainya
Didalam teknik pelaksanaan, mereka harus memiliki tim pemantau yg sudah ahli dalam jungle survivor. Maka tak akan ada yg kesasar. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misal Game dengan Target
Gamenya: Kain berukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meter. di dalam Kaen ini di gambar target perusahaaan didalam beberapa tempat, ataupun lambang perusahaan sebagai tanda harapan bersama. Dikasih tempat kosong untuk di tembak. Alat tembaknya berasal dari paint ball, Dimana semua akan akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen tsb.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksinya … pilih saja 3 org setiap tim. Buat mumi dr tissu yang dibagikan. Cuma terdapat enam gulung tisu WC setiap team. Jadi setiap org Hanya dua gulung tissu & harus bisa Buat mumi seefektif mungkin
Tujuan yg dicapai
- Memakai sumber daya seadanya dengan dua gulung tisu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg dibuat mumi (jadi Nilainya, setiap perusahaan membutuhkan orang – orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi keinginan bareng)
- Strategy, di mana tiap kelompok yang bisa melihat kesempatan dan hambatan, peluang berhasil dengan memakai peserta yang kecil kurus. Maka Apabila kelompok mampu melihat tentunya akan menggunakan orang yg kecil kurus. tapi Jika team gak bisa melihat kesempatan pasti akan memilih anggota sembarangan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. tapi tiap peningkatan perusahaan mesti di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap group diberikan kain maupun terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di berikan utasan tali tali & pada tali ditaruh kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar didalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh orang. Kemudian diberikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan peraturan bertukar dan terpal atau kain tak boleh jatuh kebawah. tiap orang yang berpindah mesti mengambil satu kertas kecil ini tanpa membuka nya. setelah waktu habis anggota berkumpul & fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yang di dapatkan setiap peserta.
Peserta yang Mengerjakan perpindahan secara baik akan memperoleh minim 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, agar nggak bertabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, anggota biar tidak berada di posisi yg sama.
- Strategy, biar setiap anggota bisa memiliki peluang rotasi dan menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan melihat kawan & tempat sehingga pertukaran dapat berjalan tepat.
- Menghilangkan keegoisan karena Apabila tiap orang ingin berpindah terlebih dulu, anggota yang akhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yang di peroleh dipos 3 akan dikumpulkan jadi 1 di dalam tim. dibagikan papan sterofom dan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). setiap grup dapat menyusun gambar yang di dapatkan di pos 3 di dalam papan yg memberikan makna & esensi. sehabis selesai kemudian direview maupun dipresentasikan pamaknaan dari display papan tsb.
Ini merupakan satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yang Jika di terapkan dengan tepat & benar dapat menjadikan suatu tim yg kompak & kuat, & buat sebuah lembaga kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawannya supaya mempunyai loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Untuk kamu yang hendak melaksanakan kegiatan outbound silahkan mengontak kita.