Amazing Race
Amazing Race ialah satu kegiatan di alam bebas yang sangat memerlukan kerjasama dalam suatu kelompok. Semua team outbound amazing race diberi petunjuk untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap lokasi outbound amazing race yang kontestan datangi terdapat permainan yang harus kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke area selanjutnya. Hingga kontestan pada akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race Outbound saat ini sangat diminati oleh berbagai perusahaan atau lembaga pemerintah outbound amazing race ini sangat seru karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya outbound biasa. Dalam amazing race terdapat game-game yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Goal Amazing Race
- Menambah kepiawaian pribadi didalam membentuk kelompok.
- Menaikan serta berbagi pengetahuan didalam hal memotivasi pribadi dan memotivasi kelompok, menambah rasa PD, dan kreativitas.
- Meraih perkembangan individu dan team yang dipusatkan pada goal perusahaan, salah satu di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membentuk kualitas & mutu jiwa leadership dengan kepiawaian individu di dalam keterbukaan menangani masalah dan membangun kebiasaan kerja yang tepat.
- Membentuk leadership pribadi dan leadership dalam team
Beberapa Tipe Outbound Amazing Race
- Amazing Race pada 1 lokasi
Aktivitas outbound amazing race di 1 lokasi tentunya dapat menghemat uang. Tempat yang dipilih sebisa mungkin lapang dan terdiri dari berbagai area yang asri, seperti misalnya: Kebun binatang, objek wisata.
Pertama-tama kontestan dipisah menjadi beberapa tim. Kemudian mereka diberi pedoman jalan tempat berikutnya yang bakal kontestan tuju. Bila berlokasi di taman margasatwa, maka mereka akan pergi ke beberapa tempat sarang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara detail dinyatakan peserta mesti mengetahui nama latin binatang itu.
Di lokasi yang mereka tuju, mereka akan mendapat game seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di kandang binatang maupun tempat tertentu
- Bernyanyi maupun menari sesuai dengan perintah, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Permainan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana peserta harus merampungkan perlombaan) bakal ditetapkan di dalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah lokasi dimana kontestan mesti istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat terakhir yang wajib pemain tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Amazing Race di Pegunungan
Apabila Kalian lebih menyukai kegiatan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race pada perbukitan ialah referensi yang tepat. Biar seluruh pemain bisa menjalankan perlombaan dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk tentang navigasi (menemukan arah yang tepat) dan jungle survivor (apabila permainan dua hari 1 malam di perbukitan ataupun hutan
Salah satu arahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi agar tidak tersesat
- Membikin tenda
- Memakai peralatan masak dari jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah yang dapat dan enggak bisa dikonsumsi
- Tips memperoleh air minum (jika stok air minum habis, dan lain-lain
Di dalam teknik pertandingan, mereka mesti punya tim pemantau yg sudah ahli dalam jungle survivor. Sehingga tidak akan ada yg kesasar. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Amazing Race
Pilar ke 1: Contoh Permainan dengan Target
Gamenya: Kaen berukuran 2,5 meter X 3 meter dibentangkan dalam jarak 10 meteran. dalam Kain ini dilukis target perusahaaan dalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bersama. diberi space kosong untuk ditembak. Alat tembak dari paint ball, Di mana seluruh tim akan secara bergantian melakukan tembakan dalam Kain itu.
Pilar 2: Efektif Memakai dana
Instruksi … Pilih 3 peserta tiap kelompok. bikin mumy dr tisu yang dibagikan. Hanya ada enam gulung tissu toilet tiap team. maka setiap orang Cuma dua gulung tisu & harus dapat membuat mumi seefektif mungkin
Poin yang digapai
- Mengotimalkan sumber daya seadanya dengan 2 gulung tisu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas peserta yg di buat mumy (jadi Poinnya, setiap instansi memerlukan orang semacam ini yg mau mengorbankan diri demi harapan bersama)
- Strategi, dimana tiap tim yang dapat melihat kesempatan dan tanangan, kesempatan berhasil dengan memilih orang yg kecil. Maka Jikalau kelompok bisa menganalisis tentu akan memilih anggota yg kecil. akan tetapi Jika kelompok enggak dapat melihat kesempatan tentu saja akan memilih peserta sembarangan.
- Dilarang menganalisis sesuatu dari cover, bentuk maupun hasil. tetapi tiap peningkatan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap kelompok dibagikan kain ataupun terpal ukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali-tali & pada tali dipasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. kain atau terpal dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh orang. lalu di bagikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yg lainnya dengan peraturan berpindah dan kain maupun terpal tak boleh terjatuh kebawah. tiap orang yang berpindah wajib ambil 1 kertas kecil ini tanpa membuka nya. setelah waktu habis orang berkumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas yang diperoleh setiap peserta.
Anggota yang Melakukan pertukaran dengan tepat akan mendapat min 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.
Inti Permainan:
- Komando, supaya tak bertabrakan saat rotasi.
- Komunikasi, peserta supaya enggak menempati tempat yg sama.
- Strategi, agar tiap orang bisa mempunyai peluang berpindah dan merampungkan tugasnya.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat tempat dan kawan sehingga perpindahan akan berjalan secara baik.
- Merendahkan ego karena Kalau tiap peserta ingin berpindah terlebih dahulu, peserta yang akhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yang di peroleh ditempat 3 akan di kumpulkan menjadi satu di dalam kelompok. di berikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. tiap tim dapat menyusun gambar yg didapatkan ditempat 3 didalam papan yang memberi esensi & makna. sehabis selesai akan direview maupun dipresentasikan arti dari display papan tersebut.
Inilah satu contoh pelaksanaan dari Outbound Amazing Race yg Jikalau di terapkan dengan tepat dan benar dapat menghasilkan sebuah group yg kuat dan kompak, & buat suatu lembaga hal ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya biar memiliki loyalitas pada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya.
Untuk kalian yang ingin melaksanakan wisata outbound dapat menghubungi kami.