Outbound Amazing Race
Amazing Race merupakan sebuah kegiatan di alam terbuka yang sangat memerlukan kerjasama di dalam sebuah tim. Tiap kelompok amazing race diberi panduan untuk menuju tempat tertentu. Di setiap tempat outbound amazing race yang peserta singgahi ada permainan yang mesti mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat berikutnya. Hingga peserta pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race saat ini begitu diminati oleh banyak instansi pemerintah maupun perusahaan amazing race ini benar-benar mengasyikan karena area berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya outbound umumnya. Di dalam outbound amazing race banyak permainan yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Menaikan kapasitas individu di dalam membangun team.
- Menambah dan sharing pengalaman didalam hal motivasi personal dan motivasi tim, menaikan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Menggapai perkembangan personal dan team yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Mengembangkan kualitas dan mutu jiwa leadership dengan kapasitas pribadi dalam keterbukaan menangani masalah serta membangun budaya kerja yang tepat.
- Membangun leadership individu dan jiwa leadership didalam team
Beragam Tipe Amazing Race Outbound
- Amazing Race Outbound pada 1 area
Aktivitas amazing race outbound di 1 area pasti dapat hemat biaya. Area yang digunakan semaksimalkan mungkin lapang dan ada berbagai area yang unik, seperti misalnya: Taman margasatwa, objek wisata.
Di awal pemain dibagi menjadi beberapa tim. Kemudian mereka diberi petunjuk arah tempat berikut yang bakal peserta datangi. Apabila berlokasi di kebun binatang, maka kontestan akan menuju ke beberapa lokasi kandang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara detail disampaikan kontestan wajib mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang peserta kunjungi, kontestan akan mendapatkan permainan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di sarang binatang maupun area tertentu
- Joget atau menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race diawali dari lokasi tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta mesti menuntaskan perlombaan) bakal di tentukan didalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot ialah tempat dimana pemain mesti istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area terakhir yang wajib peserta tuju dan memutuskan juara perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Jika Kamu lebih menyukai tantangan seperti petualangan di alam lepas, maka outbound amazing race pada pegunungan ialah opsi yang cocok. Agar para peserta mampu melakukan permainan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (mencari jalan yang pas) dan jungle survivor (bila kegiatan 2 hari 1 malam di perbukitan atau alas
Contoh arahan di dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan teknik biar tidak salah arah
- Membuat tenda
- Menggunakan alat masak buatan jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah yang dapat dan tidak bisa dimakan
- Tips mendapat air minum (apabila stok habis, dan lain sebagainya
Dalam teknis pertandingan, mereka wajib memiliki tim pemantau yang telah expert dalam jungle survivor. Maka tak akan ada yang tersesat. Tim pemantau bisa memantau pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misalnya Kegiatan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan dalam jarak sepuluh meter. di dalam Kain tersebut digambar target perusahaaan dalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai tanda harapan bareng. di beri space blank untuk ditembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Dimana semua peserta akan secara bergantian melakukan tembakan dalam Kaen tersebut.
Pilar 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksi … pilihlah tiga org setiap kelompok. Buat mummy dr tissu yang di berikan. Cuma ada enam gulung tisue toilet setiap kelompok. maka setiap peserta Cuma dua gulung tisu & mesti bisa membikin mumi sebisa mungkin
Value yg di capai
- Mengotimalkan bahan seadanya dengan dua gulung tisue dapat membungkus semua badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas peserta yang dijadikan mumy (jadi Pointnya, tiap perusahaan membutuhkan orang orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategi, di mana tiap tim yang sanggup melihat kesempatan & rintangan, peluang berhasil dengan memakai anggota yg kurus kecil. Jadi Bila tim mampu menganalisis tentu akan memilih orang yang kecil kurus. tetapi Bila kelompok enggak mampu melihat kesempatan pastinya akan memilih peserta sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis sesuatu dari bentuk, cover atau hasil. tapi tiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap group diberikan kain maupun terpal ukurannya 3 meter x 3 meter. disisinya di berikan utasan tali tali & pada talinya ditaruh kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar didalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua peserta. lalu di bagikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan bertukar & kain ataupun terpal gak boleh terjatuh ke tanah. setiap anggota yang berpindah harus ambil 1 kertas tersebut tanpa membukanya. seusai waktu habis anggota berkumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yg diperoleh setiap orang.
Orang yang Mengerjakan perpindahan dengan tepat akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar enggak berbenturan ketika rotasi.
- Komunikasi, peserta supaya gak berada di posisi yg sama.
- Strategi, biar setiap peserta dapat mempunyai kesempatan berpindah & menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan tempat & kawan sehingga rotasi bisa berjalan tepat.
- Mengesampingkan ego karena Bila setiap peserta mau pindah lebih duluan, anggota yg terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yg di peroleh di pos tiga dapat di kumpulkan jadi 1 di dalam kelompok. dibagikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) & papan sterofom. tiap kelompok dapat menyusun gambar yg di peroleh dititik tiga didalam sebuah papan yang memberikan esensi dan makna. sesudah selesai maka direview maupun dipresentasikan maksud dari display papan tersebut.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Kalau diterapkan dengan tepat dan benar bisa menjadikan sebuah tim yg kuat dan kompak, & bagi suatu instansi faktor ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan supaya memiliki loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Bagi kalian yang hendak mengikuti aktivitas outbound silahkan mengontak kami.