Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race ialah suatu bentuk aktivitas di luar ruangan yang amat membutuhkan kekompakan dalam suatu kelompok. Seluruh tim amazing race diberi pedoman untuk mencapai area tertentu. Di setiap lokasi amazing race yang peserta tuju terdapat tantangan yang wajib kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai peserta akhirnya sampai di area terakhir. Amazing Race saat ini amat digemari oleh berbagai lembaga pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini amat seru karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya outbound lainnya. Didalam amazing race ada permainan yang seru yang bersifat kompetitif.
Sasaran Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kemampuan personal di dalam membangun tim.
- Menambah dan berbagi ilmu dalam hal motivasi personal dan memotivasi tim, meningkatkan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan individu dan kelompok yang dipusatkan pada goal perusahaan, salah satu didalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Mengembangkan mutu & kualitas leadership dengan kapasitas pribadi dalam keterbukaan mengatasi problem serta mengembangkan karakter kerja yang sesuai.
- Membentuk jiwa leadership individu dan kepemimpinan di dalam team
Beragam Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada satu lokasi
Kegiatan outbound amazing race pada satu tempat tentu akan mengirit modal. Lokasi yang dipilih sebisa mungkin lapang dan terdiri dari berbagai tempat yang asri, seperti misalnya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama anggota dikelompokan jadi beberapa tim. Lalu mereka dikasih panduan jalan area selanjutnya yang bakal peserta singgahi. Apabila berlokasi di kebun binatang, maka mereka bakal menuju ke beberapa tempat tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk sarang hewan tidak secara gamblang disampaikan peserta wajib mengetahui nama latin binatang itu.
Di lokasi yang kontestan tuju, peserta akan mendapat permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di sarang hewan ataupun lokasi tertentu
- Bernyanyi atau bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Perlombaan amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta wajib menyelesaikan aktivitas) akan ditetapkan didalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot ialah lokasi dimana peserta harus beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat terakhir yang wajib kontestan tuju dan menentukan juara permainan.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Jika Kamu lebih senang kegiatan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race outbound pada gunung adalah referensi yang cocok. Agar semua pemain mampu melakukan permainan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberi petunjuk masalah navigasi (mendapatkan arah yang pas) dan jungle survivor (kalau permainan dua hari satu malam di pegunungan maupun alas
Salah satu petunjuk dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan kompas dan taktik agar tidak salah arah
- Mendirikan tenda
- Mempergunakan peralatan dapur versi jungle survivor
- Menemukan sayur dan buah-buahan yang bisa dan tidak bisa dimakan
- Tips memperoleh air minum (apabila stok habis, dan lain sebagainya
Didalam teknik pelaksanaan, mereka mesti punya tim pemantau yg telah ahli di dalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yang tersesat. Team pemantau akan memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen berukuran 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meter. dalam Kaen itu di gambar target target perusahaaan didalam beberapa space, maupun lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. di beri ruang blank untuk ditembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Dimana seluruh akan akan secara bergantian melakukan tembakan dalam Kain tsb.
Pilar 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksi … Pilih tiga org tiap team. membikin mumi dr tissu yg diberikan. Cuma terdapat enam gulung tisu WC tiap team. maka tiap peserta Cuma 2 gulung tissu dan wajib bisa Buat mumy sebisa mungkin
Nilai yang di capai
- Memaksimalkan sumber daya seadanya dengan 2 gulung tisue dapat membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas anggota yang dibuat mumy (jadi Tujuannya, tiap instansi memerlukan orang seperti ini yg rela berkorban demi keinginan bareng)
- Strategy, di mana setiap kelompok yang mampu menganalisis peluang dan hambatan, kesempatan berhasil dengan menggunakan peserta yg kurus kecil. Sehingga Kalau tim sanggup menganalisis tentu akan memilih peserta yg kecil kurus. namun Bila team enggak sanggup menganalisis kesempatan tentunya akan memilih peserta asal asalan.
- Jangan menganalisis segala sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. tapi tiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap tim di berikan terpal ataupun kain berukuran 3 meter X 3 meter. disisinya di bagikan utasan tali – tali dan di tali ditaruh paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh anggota. lalu di berikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan menukar & kain ataupun terpal tak boleh jatuh ke tanah. tiap anggota yang berpindah mesti mengambil 1 kertas itu tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai orang berkumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yang di dapatkan setiap peserta.
Orang yg Melaksanakan perpindahan secara baik akan mendapat minim 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar tidak bertabrakan saat rotasi.
- Komunikasi, orang agar nggak menempati posisi yang sama.
- Strategy, agar setiap orang dapat mempunyai peluang rotasi dan merampungkan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan memperhatikan kawan dan tempat sehingga perpindahan akan berjalan baik.
- Menghilangkan keegoisan sebab Kalau tiap orang ingin pindah terlebih dulu, peserta yg akhir akan kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yg diperoleh dititik tiga akan dikumpulkan menjadi satu didalam group. diberikan papan sterofom dan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas). tiap tim dapat menyusun gambar yg diperoleh ditempat tiga di dalam sebuah papan yang memberikan makna & esensi. seusai selesai maka dipresentasikan atau direview pamaknaan dari papan display tsb.
Ini adalah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Bila di terapkan secara tepat & benar akan menghasilkan suatu tim yg kompak dan kuat, & untuk sebuah perusahaan hal ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya biar mempunyai loyalitas pada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Area Amazing Race Outbound Di Bandung
Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities.
Untuk Anda yang mau mengikuti wisata outbound bisa menghubungi kami.