Amazing Race Outbound
Amazing Race adalah suatu bentuk aktivitas di luar ruangan yang benar-benar memerlukan kerjasama didalam sebuah kelompok. Setiap group amazing race outbound diberi panduan untuk menuju area tertentu. Di tiap tempat outbound amazing race yang kontestan singgahi terdapat permainan yang wajib peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi berikutnya. Sampai peserta akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digandrungi oleh beberapa lembaga pemerintah ataupun perusahaan amazing race ini amat seru karena tempat berganti-ganti dan tidak monoton layaknya outbound umumnya. Dalam outbound amazing race banyak game-game yang seru yang bersifat kompetisi.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kemampuan pribadi di dalam membangun tim.
- Menaikan dan sharing pengalaman dalam hal memotivasi pribadi dan memotivasi tim, menambah rasa percaya diri, dan kinerja.
- Menggapai perkembangan individu dan team yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya ialah perasaan saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Membangun kualitas dan mutu kepemimpinan dengan kemampuan individu di dalam keterbukaan menangani problem serta mengembangkan karakter kerja yang pas.
- Mengembangkan kepemimpinan pribadi dan jiwa leadership di dalam team
Berbagai Tipe Amazing Race
- Outbound Amazing Race di 1 tempat
Aktivitas amazing race outbound di 1 area pastinya dapat menghemat biaya. Lokasi yang dipilih sebisa mungkin luas dan ada beragam tempat yang asri, seperti misalnya: Kebun binatang, area wisata.
Di awal kontestan dipisah jadi beberapa tim. Kemudian mereka dikasih petunjuk arah lokasi berikutnya yang akan peserta tuju. Kalau berada di taman margasatwa, maka peserta akan menuju ke beragam area tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara detail disampaikan kontestan mesti mengetahui nama latin hewan itu.
Di area yang peserta singgahi, mereka bakal mendapatkan tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di tempat tinggal binatang ataupun tempat tertentu
- Berjoget ataupun menari sesuai dengan intruksi, dan lain sebagainya.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Kegiatan amazing race outbound dimulai dari tempat tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana peserta wajib menuntaskan kegiatan) akan di tentukan dalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah lokasi dimana kontestan wajib istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang wajib kontestan tuju dan menentukan pemenang game.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Apabila Anda lebih senang perlombaan seperti adventure di alam bebas, maka outbound amazing race di gunung ialah opsi yang pas. Agar semua kontestan mampu melakukan permainan dengan pas, maka mesti ada fasilitator yang memberi pengarahan masalah navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari 1 malam di pegunungan maupun hutan
Salah satu arahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik supaya tidak kesasar
- Membikin tenda
- Menggunakan alat-alat dapur versi jungle survivor
- Menemukan sayur dan buah yang bisa dan enggak bisa dikonsumsi
- Tips mendapat air minum (bila stok habis, dan sebagainya
Didalam teknik permainan, mereka mesti memiliki team pemantau yg telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Sehingga gak akan ada yg tersesat. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukurannya 3 meter x 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meteran. di dalam Kain ini dilukis target perusahaaan di dalam beberapa tempat, ataupun lambang perusahaan sebagai tanda harapan bersama. diberi space blank untuk di tembak. Alat tembak nya dari paint ball, Di mana segala peserta akan secara bergantian melakukan tembakan didalam Kaen itu.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksi nya … pilihlah 3 orang tiap kelompok. bikin mumi dari tisue yg di berikan. Cuma ada enam gulung tisu toilet tiap tim. Jadi per orang Hanya dua gulung tisue dan mesti dapat Buat mumy seefektif mungkin
Nilai yang di gapai
- Memakai bahan seada nya dengan 2 gulung tisu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas anggota yang dibuat mumi (jadi Pointnya, setiap lembaga memerlukan orang – orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategy, dimana setiap tim yang bisa menganalisis peluang dan tanangan, kesempatan berhasil dengan memakai anggota yang kecil kurus. Sehingga Kalau kelompok dapat melihat tentunya akan menggunakan peserta yang kurus kecil. namun Apabila kelompok enggak bisa melihat peluang tentunya akan memilih anggota asal asalan.
- Tidak boleh melihat segala sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. namun setiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap kelompok di bagikan kain ataupun terpal ukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali – tali & pada talinya di pasang paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh orang. Kemudian diberikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yg lainnya dengan peraturan berpindah & kain ataupun terpal gak boleh terjatuh ke tanah. setiap anggota yang berpindah wajib ambil satu kertas ini tanpa membukanya. sesudah waktu habis orang berkumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yang di dapatkan setiap anggota.
Anggota yang Mengerjakan pertukaran secara tepat akan mendapat minimal 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, supaya gak berbenturan saat pindah.
- Komunikasi, orang supaya tidak menempati tempat yang sama.
- Strategi, supaya tiap orang bisa punya peluang berpindah dan menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan tempat & kawan sehingga rotasi akan berjalan tepat.
- Merendahkan ego karena Jika tiap orang mau pindah terlebih dulu, orang yang terakhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yang di dapatkan dipos tiga dapat di kumpulkan jadi satu di dalam tim. di berikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). tiap kelompok dapat menyusun gambar yg didapatkan dipos tiga dalam sebuah papan yg memberi makna dan esensi. sehabis selesai maka dipresentasikan ataupun direview pamaknaan dari papan display tersebut.
Ini adalah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Apabila diterapkan dengan tepat dan benar dapat menjadikan suatu kelompok yang kuat dan kompak, & buat suatu lembaga faktor ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan nya biar punya loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Bagi kalian yang ingin melaksanakan kegiatan outbound silahkan mengontak kita.