Metode Amazing Race Outbound di Lembang

Amazing Race

Amazing Race adalah sebuah aktivitas di luar ruangan yang sangat memerlukan kerjasama dalam suatu kelompok. Semua tim outbound amazing race dikasih petunjuk untuk mencapai area tertentu. Di setiap area outbound amazing race yang peserta singgahi ada game yang harus mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat berikutnya. Hingga mereka akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini begitu digandrungi oleh beberapa instansi pemerintah maupun perusahaan outbound amazing race ini sangat asyik karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya jenis outbound biasa. Didalam outbound amazing race terdapat permainan yang asyik yang sifatnya kompetitif.

 

Tujuan Outbound Amazing Race

  • Meningkatkan kemampuan individu di dalam mengembangkan tim.
  • Meningkatkan serta berbagi pengetahuan di dalam hal motivasi personal dan memotivasi kelompok, menaikan rasa percaya diri, dan kreativitas.
  • Menggapai perkembangan individu dan kelompok yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian problem.
  • Mengembangkan kwalitas dan mutu jiwa leadership dengan kepiawaian individu didalam keterbukaan mengatasi masalah dan membangun kebiasaan kerja yang sesuai.
  • Membangun jiwa leadership pribadi dan jiwa leadership dalam team

Beragam Tipe Outbound Amazing Race

  1. Amazing Race pada 1 lokasi

Game outbound amazing race pada 1 tempat pasti akan menghemat modal. Tempat yang dipakai sedapat mungkin luas dan terdiri dari berbagai lokasi yang unik, salah satu contoh: Kebun binatang, tempat wisata.

Pertama-tama kontestan dipisah menjadi beberapa team. Mereka lalu dikasih petunjuk arah area berikut yang bakal kontestan datangi. Jika bertempat di kebun binatang, maka peserta bakal pergi ke beberapa tempat tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara detail dinyatakan peserta mesti mencari tahu nama latin binatang tersebut.

Di area yang peserta datangi, peserta bakal mendapatkan tantangan diantaranya:

  • Word Puzzle Dan Games team building
  • Selfie di tempat tinggal hewan maupun lokasi tertentu
  • Joget atau menari sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.

 

  1. Outbound Amazing Race Petualangan
  • Permainan amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
  • Game Spot (tempat dimana kontestan harus menuntaskan permainan) akan ditetapkan di dalam pedoman yang dikasihkan.
  • Break Spot ialah area dimana pemain wajib berhenti dengan jarak waktu tertentu.
  • Finish Point adalah tempat akhir yang wajib peserta tuju dan menetapkan pemenang permainan.
  1. Amazing Race Outbound di Pegunungan

Jika Kamu lebih senang perlombaan dengan jenis petualangan di alam lepas, maka amazing race pada perbukitan adalah opsi yang tepat. Biar para pemain bisa melaksanakan perlombaan dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (bila permainan dua hari satu malam di perbukitan maupun hutan

Contoh pengarahan dalam jungle survivor yaitu:

  • Navigasi, menggunakan kompas dan taktik agar tidak salah jalan
  • Membuat tenda
  • Memakai alat masak dari jungle survivor
  • Mencari sayuran dan buah yang bisa dan tidak boleh dimakan
  • Trik memperoleh air minum (jika persediaan air minum habis, dan lain sebagainya

 

Didalam teknik pelaksanaan, mereka mesti mempunyai team pemantau yang telah expert di dalam jungle survivor. Sehingga tidak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.

Contoh Permainan Outbound Amazing Race

Pilar ke 1: Misal Game dengan Target

Gamenya: Kain ukuran 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meteran. dalam Kaen itu  di gambar target target perusahaaan dalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai tanda tujuan bareng. di beri ruang kosong untuk di tembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball,  Di mana seluruh akan akan secara bergantian menembak dalam Kaen tsb.

Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana

Instruksi nya … Pilih tiga orang setiap team. membuat mumi dari tisu yang diberikan. Hanya terdapat enam gulung tisue toilet setiap kelompok. maka setiap orang Hanya dua gulung tisu & mesti bisa bikin mumi sebisa mungkin

Point yang dicapai

  1. Memakai bahan seadanya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan orang.
  2. Loyalitas & totalitas anggota yang dibuat mummy (jadi Nilainya, tiap instansi memerlukan orang seperti ini yang mau berkorban demi tujuan bareng)
  3. Strategi, di mana setiap team yang sanggup melihat kesempatan dan tanangan, kesempatan berhasil dengan memilih anggota yg kurus kecil. Maka Apabila team sanggup menganalisis tentu saja akan memilih anggota yang kecil. namun Jikalau kelompok tak dapat melihat peluang pastinya akan memakai orang asal asalan.
  4. Tidak boleh melihat segala sesuatu dari cover, bentuk maupun hasil. namun tiap perkembangan perusahaan wajib dilihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.

Pilar 3: Source oF Growth

Setiap group dibagikan terpal maupun kain ukuran 3 meter x 3 meter. disisinya di berikan utasan tali – tali dan pada talinya di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh anggota. lalu diberikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan menukar dan terpal atau kain tidak boleh terjatuh ke tanah. setiap anggota yang bertukar mesti mengambil satu kertas tersebut tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta kumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas yang didapatkan tiap orang.

Peserta yg Mengerjakan perpindahan secara tepat akan mendapat minim 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.

Kunci Permainan:

  1. Komando, agar tak tabrakan pada saat rotasi.
  2. Komunikasi, orang supaya tidak berada di posisi yang sama.
  3. Strategi, supaya tiap anggota dapat punya peluang rotasi dan menyelesaikan tugas.
  4. Wawasan situasi dengan melihat kawan dan tempat sehingga perpindahan dapat berjalan secara baik.
  5. Merendahkan keegoisan karena Bila tiap peserta akan pindah lebih dahulu, orang yang terakhir bisa kehabisan space.

Pilar 4: Evaluasi

Gambar gambar yg diperoleh ditempat tiga akan di kumpulkan menjadi 1 didalam kelompok. dibagikan papan sterofom dan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). tiap tim akan menyusun gambar yang didapatkan ditempat 3 dalam sebuah papan yang memberikan makna & esensi. seusai selesai akan dipresentasikan atau direview arti dari papan display itu.

Ini merupakan satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race yg Bila dilakukan secara benar & tepat bisa menciptakan sebuah kelompok yg kuat dan kompak, & untuk sebuah perusahaan faktor ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya biar memiliki loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.

Beragam Area Amazing Race Outbound Di Bandung

Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.

Bagi kalian yang ingin mengikuti kegiatan outbound silahkan menghubungi kita.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

#EXCELLENT_SERVICE

#EXCELLENT_COMUNICATION
#EXCELLENT_PROVIDER

#EXCELLENT_PLANNER